12.31.2015

Kilas Balik Tahun 2015

Malam pergantian tahun Masehi ini, kota Khatulistiwa diguyur hujan yang cukup lebat, lengkap dengan kilat, petir, dan sedikit angin. Sebentar sih, tapi lumayan tuh, bikin basah kuyup. Untungnya saya sudah diajak jalan-jalan oleh Kanda tadi sore, jadi tidak perlu kehujanan.



Aah, tak terasa hampir genap setahun merutinkan diri bikin postingan introspeksi blogging seperti ini. Sebenarnya apa saja yang sudah saya lakukan dalam ngeblog selama setahun ini? *jadi mikir

Supaya lebih mudah, mungkin sebaiknya lihat grafik jumlah postingan per bulan.

Grafik frekuensi postingan di www.delyanet.com tahun 2015

Dari grafik terlihat pola blogging saya masih naik turun. Diawali dengan cukup baik di bulan Januari dengan 20 postingan, meningkat 5 postingan dari bulan sebelumnya di bulan Februari, menurun tajam di bulan Maret dengan 13 postingan, naik lagi di bulan April dengan 21 postingan, perlahan-lahan naik di bulan Mei (24 postingan) dan Juni (27 postingan), lalu menurun 3 bulan berturut-turut (yaitu bulan Juli dengan 18 postingan, bulan Agustus dengan 16 postingan, dan bulan September dengan 6 postingan). Di 3 bulan terakhir, tetap naik turun. Bulan Oktober ada 12 postingan, bulan November turun jadi 9 postingan, dan bulan Desember naik tajam jadi 23 postingan. Fluktuatif seiring mood.

Bulan dengan jumlah postingan paling banyak adalah bulan Juni, sedangkan paling sedikit di bulan September. Kalau dikilas balik sih, kelihatan tuh, di 6 bulan pertama saya cenderung rajin menulis di blog. Mencapai puncak di bulan Juni (bulan ketika tesis saya rampung) dan menurun di bulan berikutnya. Lembah grafik di bulan September. Cukup lama tidak menulis karena perasaan agak ringan setelah menulis beban pikiran yang selama ini ditahan.

Postingan yang saya maksud adalah postingan tentang Beberapa Hal yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Kepada Wanita yang Keguguran. Postingan ini ditulis pada tanggal 30 Agustus, dua tahun satu hari kepulangan anak kami ke haribaan Illahi. Tulisan tersebut saya dedikasikan untuk para ibu yang pernah mengalami keguguran. Sebentuk curahan hati yang berasal dari pengalaman sendiri, sebagai suara perwakilan bagi mereka yang mengalami hal serupa, dan sebagai pengingat bagi yang lain yang belum pernah mengalami agar selalu berempati. Makanya untuk tahun ini, tulisan tersebut adalah postingan yang paling berkesan buat saya.

Faktanya, berkesan untuk saya, belum tentu berkesan untuk orang lain. Hehe. Ini terlihat dari postingan populer tahun ini. Tulisan bertema keguguran tidak masuk hitungan. Mungkin karena terlalu menyakitkan, kurang menarik bagi yang tidak mengalami, jadi sedikit yang suka membaca cerita semacam ini. Kita kan memang cenderung lebih suka baca yang lucu-lucu ya? Hayo ngaku, hhihi. Soalnya saya juga suka. Cuma karena saya orangnya tidak lucu, jadi susah kalau dipaksakan. Toh lebih baik jadi diri sendiri kan? Walau agak kaku tapi saya juga suka bergurau kok, cuma suka pilih-pilih kalau bergurau. Khawatir saja, kalau yang diguraui malah tersinggung.. *efek keseringan ngaca, hahaha, baper beb XD

Mengintip dari statistik, tulisan yang diposting tahun 2015 yang masuk jajaran Popular Post All Time di blog Momento Dulce ini adalah:
- Waspada Penipuan Bermodus Kontes Foto Online
- Jalan-Jalan ke Istiqlal dan Monas (1)
- Jalan-Jalan ke Kota Tua Jakarta
- Tentang Ghibah dan Fitnah

Empat dari 10, lumayan, alhamdulillah. Sepertinya topik jalan-jalan lebih banyak disukai. Yah, semoga ke depan lebih banyak menulis postingan yang banyak dicari (yang saya asumsikan lebih bermanfaat), aamiin. Kayaknya harus lebih rajin belajar optimasi blog deh.. *tapi suka malaaas belajar seo-seo an.. huhu

Oh ya, di tahun 2015 ini alhamdulillah saya akhirnya berkesempatan belajar mendulang uang dari menulis blog. Doakan rejeki saya tambah lancar di masa yang akan datang, ya teman-teman yang baik... ^^

Apa lagi ya? Sepertinya sampai di sini dulu Kilas Balik tahun 2015 yang sanggup saya tulis. Untungnya tiap bulan saya mengkonsistenkan diri menulis kilas balik bulanan. Berikut link nya:
Kilas Balik Bulan Januari
Kilas Balik Bulan Februari
Kilas Balik Bulan Maret
Kilas Balik Bulan April
Kilas Balik Bulan Mei
Kilas Balik Bulan Juni
Kilas Balik Bulan Juli
Kilas Balik Bulan Agustus
Kilas Balik Bulan September
Kilas Balik Bulan Oktober
Kilas Balik Bulan November
Kilas Balik Bulan Desember

Akhir kata, sampai ketemu di tahun masehi yang baru, teman-teman! Semoga kita semua bisa bersinar di tahun 2016 dan semakin baik sampai kehidupan selanjutnya. Jangan sampai ada penyesalan. Semangat tahun baru! Dadaah..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!