8.21.2018

Hikmah Hari Raya

Takbir hari raya Idul Adha berkumandang bersahutan malam ini. Alhamdulillah, masih dikasih umur untuk merasakan malam ini bersama orang-orang kesayangan.

Btw, beberapa hari belakangan ini baru kepikiran. Hari raya Islam (Idul Fitri dan Idul Adha) itu keren. Di hari raya Idul Fitri, semua muslim yang mampu diwajibkan membayar zakat fitrah. Bentuknya jaman sekarang boleh berupa uang tapi lebih afdhal berupa bahan makanan pokok daerah setempat. Di hari raya Idul Adha, muslim yang mampu disunnahkan untuk berkurban berupa hewan ternak yang memenuhi kriteria. Benang merah dari keduanya adalah berbagi.

Dengan berbagi di lebaran puasa, masyarakat yang kurang mampu bisa tetap bersuka cita merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa karena mendapat jatah bahan makanan pokok (jadi uang yang ada bisa dimanfaatkan untuk membuat lauk/sayur). Sementara di lebaran haji, mereka tetap bisa melengkapi kebutuhan gizi dari bahan makanan yang sulit dijangkau sehari-hari, yaitu daging. Berbagi di hari bahagia menyebarkan suka cita sebagaimana seharusnya hari raya. Di satu sisi, si pemberi dilatih jiwa berbagi dan menyayangi sesama, terutama kepada yang membutuhkan. Di sisi lain, si penerima tetap terjaga kehormatannya. Indah yaa..

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!

Follow by Email