12.26.2012

Tips Membuat Telur Setengah Matang

Teman-teman ada yang suka telur ayam kampung rebus setengah matang??
Pagi ini, menu sarapan kami adalah telur ayam kampung setengah matang. Yummy!

Yup! Telur setengah matang adalah salah satu makanan yang saya suka. Selain sehat dan suka rasanya, cara makan telur ini mengingatkan akan masa kecil.

Dulu Mama dan Bapak rutin setidaknya dua kali dalam sebulan memberi saya dan Kakak telur ayam kampung setengah matang untuk sarapan. Tidak terlalu sering, soalnya harga telur ayam kampung lumayan mahal (sampai sekarang! Hehe).

Nah, beberapa bulan belakangan setelah pindah kontrakan ke kontrakan sekarang (yang ada dapurnya), saya dan Kanda lebih sering makan di rumah. Meskipun hanya berlauk telur. Lumayan jauh lebih hemat daripada beli di luar sehingga uang lebihnya bisa digunakan untuk hal lain, seperti membeli telur ayam kampung! ;D

Awalnya ketika saya mencoba membuat telur setengah matang sendiri, selalu saja gagal. Kadang terlalu mentah, kadang terlalu matang. Tidak pernah pas. Mungkin karena sudah lama tidak membuat telur setengah matang sendiri. Jadi ilmunya luntur. #ngeles

Sebenarnya jika teman-teman googling mengenai cara membuat telur setengah matang maka akan banyak sekali saran yang akan muncul. Ada yang menggunakan cuka, tusuk gigi, heater listrik, air dingin, dan sebagainya. Waktu perebusan juga beragam, ada yang satu setengah menit, ada yang tiga menit. Ada yang membuat dengan merebus telur dalam air mendidih, ada juga yang dengan merendam telur ke dalam air yang baru saja mendidih ke dalam wadah (tidak direbus). Jadi, mana yang benar?

Sebenarnya tidak ada yang benar, tidak ada yang salah. Pada prinsipnya adalah bagaimana membuat putih telurnya matang (berwarna putih, bukan bening) sedangkan kuning telur tetap mentah. Mungkin ada yang bisa berhasil untuk teman-teman, jadi silakan coba sendiri.

Cumaaa, di sini saya akan berbagi tips merebus telur setengah matang dengan cara saya sendiri. Cukup mudah, tanpa menggunakan cuka, menghabiskan tusuk gigi, atau menyediakan air dingin (kami belum punya kulkas soalnya!) :D

Baca juga resep sederhana ala kostan lainnya: Bihun Saus Pedas

#Ini kenapa lebih panjang prolognya ya? Hehe

Oke, langsung saja ke A-B-C..

Alat:
Kompor, panci, spatula/sendok pengaduk.

Bahan:
Telur ayam kampung
Air secukupnya (setidaknya menenggelamkan sepertiga bagian telur saat di panci)

Cara Membuat:
- Didihkan air di dalam panci. Agar lebih cepat mendidih, gunakan api besar.
- Setelah mendidih, kecilkan api dan masukkan telur ke dalam panci.
- Setelah telur masuk, besarkan api kembali.
- Aduk air dengan gerakan memutar menggunakan spatula agar semua bagian permukaan telur terkena bagian panas dari bawah panci. Lakukan selama kurang lebih satu menit.
- Matikan api, angkat dan siap disajikan.
- Penyajian: pecahkan telur setengah matang ke dalam wadah kecil, tambahkan garam dan merica bubuk sesuai selera. :d yummy!

PENTING untuk dibaca!
* Langkah mengecilkan api hanya opsional saja, mengingat udara di sekitar panci sangat panas jika terkena tangan. Jadiiii hal ini hanya untuk menghindari gerak reflek kita melempar telur ke dalam panci dan membuatnya retak dan putih telur merembes ke air.
* Saat mengaduk, pastikan seluruh permukaan telur terkena air dan bergerak (tidak diam) agar putih telur matang secara merata.
* Tips ringan: saat mengaduk, kita tidak perlu repot melihat-lihat jam. Perkirakan saja dengan menghitung di dalam hati sampai hitungan 60. Ini trik terutama jika di dapur tidak ada jam seperti di kontrakan kami. :D

Nah, kira-kira hasilnya seperti ini.. :)
(dok pribadi)

Begitu lah cara saya membuat telur setengah matang ala anak kosan tanpa peralatan, bahan, atau cara yang sulit. Menurut saya sih cara ini relatif mudah dan cepat, hasilnya pun sesuai keinginan. Yang pasti selama ini cara ini selalu berhasil untuk saya, semoga berhasil juga bagi teman-teman yang mempraktekkan yaa. Selamat mencoba dan semoga beruntung! ;)