6.24.2019

DIY Stylus Pen

Beberapa hari lalu saya mendownload apk desain di smartphone saya. Untuk menggunakannya, bisa sih pakai sentuhan jari di layar, tapi akan jauh lebih mudah jika memakai Stylus Pen. Itu lho, aksesori berbentuk mirip pulpen yang bisa menggantikan sentuhan jari kita di layar sentuh gadget. Nah, tadi pagi saya coba cari tutorialnya di youtube. Saya nonton beberapa video lalu coba langsung eksekusi sesuai alat dan bahan yang ada di rumah. Mumpung sedang semangat dan sempat.

Ada yang sempat dan semangat mau coba bikin stylus pen sendiri seperti ini? Silakan lanjut bacanya..


Bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat stylus pen ternyata murah dan mudah ditemukan di rumah, yaitu:

Badan pulpen yang tidak dipakai, kawat halus (bisa diambil dari kabel rusak), kapas, gunting.

Caranya juga mudah sekali:
- Potong kawat halus sepanjang pulpen yang akan digunakan.
- Pasang kawat halus pada pulpen seperti pada gambar berikut.

Selipkan ujung kawat di ujung kepala pulpen dan ujung satunya lagi di ulir sambungan. 
Idenya adalah menjadikan kawat sebagai konduktor listrik statis tubuh. 
Pastikan posisi kawat mantap dan memungkinkan kulit menyentuhnya saat dipegang.

- Masukkan kapas ke ujung pulpen sambil dipadatkan (lebihnya bisa dipotong dengan gunting).
- Basahi kapas sebelum digunakan. Setelah ini stylus pen bisa langsung dipakai.

Berhubung ini DIY murah meriah,  pasti tidak sama dengan produk ori nya. Harus maklum dengan segala keterbatasannya. Isu yang menurut saya cukup berarti adalah dari segi sensitivitas dan kebersihan.

Misalnya DIY stylus pen yang saya buat ini, perlu agak sering diberi air karena kapasnya cepat kering. Kalau kering akan sulit/tidak bisa digunakan. Untuk menyiasatinya, saya menyiapkan wadah kecil berisi beberapa tetes air supaya mudah membasahi kapasnya. Bisa juga dengan membasahi kapas lebih lama supaya lebih banyak air yang tersimpan. Karena berkaitan dengan air (walaupun hanya sedikiiit), layar jadi mudah butek dan terlihat kotor. Dilap saja. Tips lain adalah membasahi jemari dengan sedikit air dan pastikan kulit menyentuh kawat saat digunakan agar sensitivitas sentuhan lebih baik.

Begitulah tutorial membuat pulpen stylus sendiri dan sedikit tips dan trik berdasarkan pengalaman saya. Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba!