4.11.2016

Inspirasi Kado Untuk Ibu Baru

Walaupun saya sudah pernah hamil dan melahirkan, saya masih sering bingung memilihkan hadiah untuk teman yang baru melahirkan. Berhubung ada sahabat baik yang baru melahirkan dan saya ingin menjenguk, saya merasa perlu membawakan sesuatu untuknya. Sesuatu yang diperlukan. Karena itu, sebelum berburu hadiah, saya berburu bacaan yang inspiratif. Berikut ini rangkumannya. Yah, siapa tahu ada teman-teman pembaca yang memerlukannya, kan..

Yang pasti jangan kasih ini ya.. :p

FYI, berikut ini saya membagi ke dalam 3 kelompok harga supaya lebih mudah dibaca dengan cepat.

Kategori Bujet Terbatas

Tidak ada salahnya menghadiahkan barang-barang yang berharga murah sesuai kantong kita yang mungkin sedang seret atau banyak pengeluaran lain. Kenapa? Karena ibu baru biasanya sangat memerlukan barang-barang ini. Istilahnya, murah tapi berharga:

- Paket perlengkapan mandi bayi

Paket perlengkapan mandi bayi biasanya berisi sabun mandi, shampoo, bedak, minyak telon, handuk kecil, waslap, dan sebagainya. Tidak perlu khawatir tidak terpakai karena sebanyak apapun paket yang diterima biasanya tetap akan sangat berguna mengingat ini memang kebutuhan sehari-hari bayi.

- Paket pakaian bayi usia 0-6 bulan

Bayi memerlukan banyak pakaian ganti, jadi ibu baru biasanya tidak pernah menolak diberi pakaian bayi baik baru maupun bekas pakai karena ini dapat membantu mereka meminimalkan pengeluaran untuk pakaian bayi.

- Jaket bayi usia 0-6 bulan

Kurang lebih dengan pakaian sehari-hari bayi, jaket bayi juga sangat bermanfaat waktu bayi dibawa jalan-jalan.

- Popok

Pengeluaran untuk popok bisa sangat besar. Membelikan sepaket popok bisa sangat bermanfaat. Tidak ada salahnya menghadiahkan popok kain yang bisa dipakai berulang kali supaya lebih ramah lingkungan.

- Perlengkapan ASI

Berbagai perlengkapan ASI dapat dijadikan hadiah bagi ibu baru untuk mendukung mereka menyukseskan kegiatan memberi ASI yang baik bagi bayi mereka. Contoh perlengkapan ASI yang murah meriah, misalnya feeder cup, bantal menyusui, apron menyusui, botol ASIp, dan lain-lain. Barang-barang kecil ini bisa sangat membesarkan hati ibu-ibu yang berjuang keras ng-ASI.

- Perlengkapan tidur

Berbagai perlengkapan tidur yang murah meriah seperti ayunan bayi dari kain, kelambu, dan perlak dapat menjadi alternatif yang bermanfaat.

- Wadah penyimpanan segala rupa

Memiliki bayi biasanya membuat kerapihan rumah menjadi terbengkalai. Memberikan hadiah berupa wadah penyimpanan segala rupa yang cantik dapat sangat membantu ibu baru mengorganisir barang-barang bayi. Apalagi ini bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan kotak yang tidak terpakai. Irit tapi bermanfaat.

- Mainan Bayi

Pilih mainan bayi yang sesuai dengan usia. Jangan membeli mainan dengan banyak barang kecil untuk menghindari tersedak.

Kategori Bujet Sedang

Barang-barang di kategori ini biasanya bisa dipakai agak lama. Antara lain:

- Perlengkapan tidur

Di kategori menengah, perlengkapan tidur yang bisa dipilih antara lain kasur bayi, set bantal kepala dan guling, sprei kasur bayi, dan selimut.

- Perlengkapan ASI

Beberapa perlengkapan ASI di kategori menengah yang sangat berguna adalah alat pumping, sterilizer, dan cooler bag.

- Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi seperti paket handuk berkualitas baik yang dihias bisa menghibur mata dan berguna.

- Tas perlengkapan bayi

Tidak ada salahnya membelikan tas bayi meskipun mungkin ibu baru sudah memilikinya, karena bagaimanapun ibu baru memerlukan tas yang bersih untuk membawa keperluan bayinya. Agar lebih bermanfaat, pilih tas yang banyak kantong dan agak besar. Warna yang netral cenderung lebih disukai daripada yang bercorak kartun yang mudah out of date.

- Gendongan bayi

Sama seperti tas perlengkapan bayi dan jaket, gendongan bayi juga diperlukan oleh ibu baru ketika membawa bayi keluar rumah. Sekarang sudah banyak model gendongan bayi yang bisa dipilih, seperti selendang/ sling, baby wrap, dan carrier.

- Paket buku perawatan bayi dan parenting

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Memberikan buku berisi berbagai informasi berguna seputar bayi dan anak bisa sangat bermanfaat untuk orang tua baru dan seluruh anggota keluarga yang ikut merawat bayi.

- Mainan bayi 

Mainan bayi bertenaga baterai yang bisa bergerak atau mengeluarkan suara dapat membantu menstimulasi perkembangan bayi secara positif. Bahkan sekadar mainan yang diam tapi dapat digapai bayi sangat baik.

Kategori Bujet Tinggi

Untuk orang dekat, kita biasanya tidak segan mengeluarkan dana lebih untuk mereka, selama bujetnya ada, hehe. Beberapa hal yang bisa dipilih dari kategori ini adalah:

- Stroller / kereta dorong bayi
- Baby bath bouncer
- Baby bouncer / rocking chair
- Voucher spa/salon untuk ibu ataupun bayi
- Box bayi
- Set kasur portabel
- Bak renang untuk bayi


Baiklah. Saya rasa itu dulu. Tiba-tiba saya capek, hehe. Semoga bisa menginspirasi dan berguna ya teman. Akhir kata, sampai ketemu di tulisan selanjutnya ya. Bye!

Referensi:
www.mommiesdaily.com
m.detik.com
m.vemale.com
www.ummi-online.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

8 comments:

  1. Kalau saya lahiran request y mba kado yang kategori bujet tinggi hahaha *lemparbaskom :p

    ReplyDelete
  2. Perlengkapan asi banyak ibu muda yang butuh ya, mba. :D Kalo jaket biasanya cepet gede debaynya, jadi dipake cuma bentar.

    ReplyDelete
  3. kalo saya kebiasaaaaan banget. duluuu pas masih single kalo ada teman yang melahirkan selalu saya kasih handuk. sampe teman saya yang tahu kebiasaan ini komplain, "kok mesti handuk siiiih?" iya soalnya biasanya kepake. entah sekarang entah besok. handuknya pun kadang bukan handuk bayi. yang standar aja. jadi bisa dipakai bayi, orang tua atau siapapun.

    ReplyDelete
  4. Saya paling kasih baju tapi yg agak besar dr usianya jd pasti kepake. Bagusnya lagi tanya orangnya mau kado apa hehehe

    ReplyDelete
  5. kalo saya biasanya kasih kado perlengkapan mandi, popok, dan pakaian sih :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!