2.06.2015

DIY Sirup Obat Batuk Mujarab

Bangun tidur di pagi ini, tenggorokan saya terasa gataaal sekali. Saya jadi berdehem terus. Rasanya ada lendir yang menggelitik leher. Ketika mendehem, lendir di leher bisa dikeluarkan sedikit-sedikit. Bening. Menandakan gejala awal batuk. Jika dibiarkan saya akan benar-benar batuk. Agar tidak benar-benar batuk, saya harus melakukan sesuatu. Uhuk!

DIY Sirup Obat Batuk Mujarab
Sirup obat batuk buatan sendiri


Teringat dulu pernah menulis tentang kecap dan jeruk sebagai obat batuk alami. Selama ini hanya tahu saja. Saya jarang menerapkannya. Saya hanya mau minum ramuan kecap+jeruk kalau terpaksa dan dipaksa saja. Selebihnya tidak mau. Saya tidak suka kecap.. :o

Dulu ada komentar seorang teman yang menganjurkan untuk mengganti kecap dengan madu jika tidak suka kecap. Kanda juga pernah membuatkan saya minuman sehat dan menyegarkan berbahan madu dan jeruk (bisa dibaca di sini). Kebetulan masih ada madu dan jeruk nipis di dapur. Saya segera ke dapur.

Bahan DIY Sirup Obat Batuk Mujarab
Bahan-bahannya :)

Saya tuangkan sesendok makan madu dalam gelas, lalu saya tambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke dalamnya, kemudian aduk. Aromanya manis dan wangi jeruk. Awalnya saya mau menambahkan air hangat ke dalamnya agar tidak terlalu asam, khawatir asam lambung. Selama ini pun kalau minum madu+jeruk selalu ditambah dengan air. Tapi berhubung tadi belum sholat shubuh sedangkan memanaskan air perlu waktu lagi, bismillah, langsung saja saya minum campuran madu plus perasan jeruk yang saya buat tanpa diencerkan dengan air terlebih dulu. Rasanya? Hmm, asem manis, yummy! ^^

Setelah itu, alhamdulillah, gatal di tenggorokan saya hilang. Segar. Sampai malam ini, rasa gatal di tenggorokan tidak muncul lagi. Walau begitu sebelum tidur saya mau minum lagi deh, buat jaga-jaga. Maklum sekarang kan lagi musim batuk. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan.. Sip. :)

Semoga resep mengusir gatal tenggorokan dan batuk yang mudah, enak, dan manjur ini bermanfaat buat teman-teman juga yaa... Buat yang sedang batuk atau gejala batuk, silakan dicoba! Semoga batuknya segera reda. :)  Buat yang sehat, jaga kesehatan terus yaa. Mau coba juga boleh kok, kan madu dan jeruk nipis baik untuk kesehatan. ^^ Sehat selalu, temans! Salaam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

  1. jadi inget waktu hamil terkena batuk tapi takut minum obat, cukup perasan jeruk+kecap aja...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, klo saya nggak kuat klo jeruk+kecap, mbak.. Tapi klo jeruk+madu, doyan, hhehe

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!