12.15.2020

Sabro

Sebagai INFJ, salah satu hal yang paling mengusik saya adalah masalah ketidakadilan. Bukankah menyebalkan ketika suatu pihak yang tidak ikut andil atau berperan sedikit sekali namun diberikan kredit yang besar? Sementara itu, yang berandil besar, berperan penting, tidak dianggap atau perannya dikecilkan. 

Entahlah, mungkin ini juga bagian dari pengalaman masa lalu yang membentuk saya saat ini. Ya, bukankah semuanya begitu?! Tapi terus terang saja, hal-hal seperti ini membuat saya muak. Jika saja tidak mengenal Islam dan tidak mempercayai Allah, mungkin rasanya ingin protes setiap saat, menuntut keadilan dunia yang rasanya tidak akan mungkin terpenuhi karena standar keadilan tiap orang berbeda. Ujung-ujungnya, yah, harus sabar. Sebuah kata yang mudah tapi sulit, setidaknya untuk saya dalam masalah ini.

Bagi saya, yang lebih menyakitkan adalah ketika saya merasa orang yang saya sayangi diperlakukan tidak adil. Rasanya kepikiran terus, sakit hati. Tapi lagi-lagi, ketika orang yang bersangkutan justru lebih sabar, saya bisa apa? Ya cuma bisa ikut-ikutan sabar walaupun hati ini mandeg luar biasa.. haha

Follow by Email