6.29.2019

Review Tengah Tahun

Tak terasa sudah 6 bulan berlalu dari euforia pergantian tahun masehi. Selama 26 pekan atau sekitar 181 hari, pasti banyak kisah yang terjadi pada rentang waktu tersebut. Dapatkah kita mengambil pelajaran dari pengalaman hidup yang telah dilalui?

Untuk menjawab ini, tentu kita perlu merenungkan beberapa hal. Nah, berhubung saya baru bikin lay out untuk halaman review tengah tahun (mid year review page) di bullet journal, saya share sedikit ya..

Seperti yang terlihat di foto halaman review di atas, berikut ini beberapa ide pertanyaan yang bisa ditanyakan ke diri sendiri untuk bahan perenungan:

Apa yang dirasakan sejauh ini?

Tuliskan dengan jujur tentang apa perasaan yang dirasakan setelah menyadari ini sudah pertengahan tahun. Kaget kah, atau sedih, atau senang?

Apa yang membanggakan?

Tuliskan hal yang membanggakan yang bisa dicapai (immateril) /diperoleh (materiil) dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Apresiasi pencapaian kita. Sekecil apapun sangat berharga.

Apakah punya relasi baru?

Tuliskan kenalan dan hubungan yang baru terjalin sejak awal tahun ini. Ini bentuk penghargaan kita atas pertemanan yang terjadi.

Apa yang berbeda dari dirimu setengah tahun lalu?

Tuliskan perubahan yang dialami selama 6 bulan terakhir. Bisa dari cara memandang hidup, dari pengalaman yang dialami, dari kebiasaan baru yang terbentuk, dari kepribadian, dsb. Perubahan bisa saja dominan ke arah negatif ataupun positif. Jujur saja dalam menulisnya, ini sebagai dasar dalam agenda memperbaiki diri.

Apa keterampilan baru yang dikembangkan dalam kurun waktu 6 bulan terakhir?

Tuliskan keterampilan baru yang berhasil dilatih dalam kurun waktu setengah tahun ini. Jika bisa dikuasai dalam waktu singkat dan kitapun suka dan menikmati saat melakukannya, bisa jadi itu adalah passion yang bisa dikembangkan. Jawaban dari pertanyaan ini bisa menjadi dasar memilih keterampilan lain yang berkaitan dengan keterampilan yang sudah dikuasai.

Kebiasaan apa yang ingin diubah segera dalam waktu dekat?

Kebiasaan/habit dapat mempengaruhi kesuksesan hidup seseorang. Perhatikan kebiasaan yang dapat kita lakukan secara otomatis tanpa perlu berpikir karena sudah terbiasa sejak lama. Apakah ada kebiasaan yang menjauhkan kita dari tujuan hidup? Tuliskan di sini.

Hal penting apa yang menurutmu dapat dilakukan untuk mengubahnya?

Pikirkan langkah yang bisa dilakukan untuk mulai mengubah kebiasaan buruk yang kita miliki. Mulai dari hal paling kecil, mudah dilakukan, dan dapat dilakukan segera. Jangan lupa, ini dikerjakan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya berhenti di catatan ini saja.


Begitulah. Semoga bermanfaat. Selamat introspeksi! :)

0 comments:

Post a Comment

Pesan dimoderasi

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Follow by Email