7.03.2019

Monthly Recap Bullet Journal Bulan Juli 2019

Saya senang membuat rekap bulanan. Halaman ini mempermudah saya mengingat apa saja hal penting yang terjadi pada bulan tersebut dan bisa jadi acuan untuk evaluasi sebelum memulai bulan berikutnya. Dulu isinya S3 alias Sangat Sangat Sederhana. Seiring waktu, tampilannya jadi lebih baik dan bisa diperlihatkan kepada dunia, hehe. Seperti bulan ini. Semakin puas karena bisa sekalian latihan menulis font serif (jenis tipografi yang terdiri dari garis dengan tanda guratan kecil yang mudah dibaca). 

Bisa kelihatan tak?


Bagi yang mau baca penjelasan mengenai poin-poinnya, silakan lanjut baca ya..

This Month in Few Word (Kesan Singkat tentang Bulan ini)

Untuk ini kolomnya tidak besar tapi memanjang karena (rencananya) hanya berisi 1 atau 2 kalimat saja. Berhubung poin ini baru saya coba pertama kali di bulan ini, saya belum bisa kasih gambaran. Nanti deh ya.

Proud Achievements (Pencapaian yang Membanggakan)

Apa saja pencapaian yang membanggakan di bulan ini? Bisa di bidang karir, finansial, hubungan dengan orang lain/relasi, pengalaman berharga, personal-growth, dsb. Apapun yang membanggakan dan membesarkan hati, ditulis di sini. Menuliskan pencapaian bisa membantu membangun kepercayaan diri atau menghibur hati saat sedang down. Niatkan menulisnya bukan untuk menyombong melainkan untuk bersyukur.

Challenge (Tantangan)

Kolom ini untuk menuliskan challenge atau tantangan apa saja yang saya lakukan di bulan ini. Berhasil atau tidak-nya ditandai dengan tanda ceklis.

Inspiring Moments (Momen Inspiratif)

Kolom ini dibuat untuk mengabadikan momen inspiratif yang membuat kita tergerak untuk melakukan sesuatu yang positif, memperbaiki diri, dsb. Ada juga yang menyebutnya sebagai AHA! moment. Diharapkan dengan membacanya lain waktu, saya jadi termotivasi. Ini juga kolom baru sih, buat saya. Baru bulan ini nyobanya.

Quotes of The Month

Seperti judulnya, ini berisi kutipan yang berhasil membombardir diri dengan semangat baru, pemahaman baru, atau hasil dari perenungan yang sesuai dengan yang dirasakan bulan ini.

Lesson Learned (Pelajaran Penting yang Didapat)

Berisi pelajaran hidup yang penting untuk diingat di masa datang. Bisa terkait hubungan sosial, cara menanggapi sesuatu, dsb.

Special Events

Ini berisi acara atau hari spesial yang terjadi dalam sebulan ini.


Naah, halaman di sebelahnya berisi hal-hal yang berguna untuk merekam/tracking tentang apa saja yang dilakukan di bulan tersebut. Di bulan ini saya menitik beratkan pada poin-poin berikut:

  • Read (Buku yang Selesai Dibaca, beserta rating)
  • Watched (Film atau Serial tv Yang Ditonton, beserta ratingnya masing-masing)
  • Visited (Tempat atau Lokasi yang Dikunjungi selama sebulan)
  • Connected (Orang-orang yang Berhubungan dengan saya bulan ini, bisa teman lama atau kenalan baru)
  • Habits (Kebiasaan Baru yang Berhasil Dikembangkan atau Dimulai)


Begitulah monthly recap saya di bujo bulan Juli 2019 ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi yaa. Bye!