6.18.2019

Belajar dari Recycled Orchestra of Cateura

Hari ini saya mendengarkan podcast yang bagus oleh Big Life Kids Podcast tentang Orquesta de instrumentos Reciclados de Cateura (kalau di-Inggris-kan menjadi Recycled Orchestra of Cateura). Sesuai namanya, ini adalah kelompok orkestra unik dari Cateura, sebuah daerah miskin dan slump area di Paraguay, yang memanfaatkan barang bekas sebagai alat musik. Serius! Terdengar mustahil. Saking penasarannya, saya sampai browsing di internet. MasyaAllah, ternyata benar. Kreatif sekali! ^^

Credit: 
kedua foto di atas adalah screen shot dari www.recycledorchestracateura.com

Ada beberapa nilai moral yang dapat saya tangkap dari podcast cerita perjuangan Recycled Orchestra of Cateura ini. 

Jangan menyerah dengan keterbatasan. 

Cateura adalah daerah pembuangan sampah yang miskin dan kumuh. Sebagian besar masyarakat di sana bekerja sebagai pemulung, bahkan sejak usia belia. Harga biola bisa lebih mahal daripada harga sebuah rumah. Namun keterbatasan ini mendorong kreativitas luar biasa. Pengrajin Cola -Nicholas Gomez-- berhasil membuat berbagai alat musik terbuat dari sampah yang ditemukannya di lahan pembuangan. Ia tidak menyerah dan terus melakukan berbagai usaha trial and error untuk menghasilkan alat musik bersuara baik.

Percaya dirilah!

Salah satu kalimat yang sangat inspiratif bagi saya adalah "play without fear!". Kalimat ini diucapkan oleh pelatih Favio Chavez kepada anak-anak didiknya ketika mereka terlihat malu, ragu, atau tidak percaya diri saat memainkan alat musik ataupun saat berlatih lagu baru. Alat musik mereka memang seadanya dan terbuat dari sampah, tapi itu bukan alasan untuk tidak bersungguh-sungguh dan tidak percaya diri. Yang terpenting adalah man behind the gun. Justru jika seorang pemusik ragu-ragu, suara alat musik dapat menjadi jelek, tak peduli berapapun mahalnya alat musik tersebut. 

Manusia saling melengkapi.

Seperti alat musik di orkestra, semua orang memiliki keunikan masing-masing. Ada yang mampu belajar dengan cepat daripada yang lain, ada yang mampu fokus dengan baik, sementara yang lainnya perlu berjuang. Inilah dinamika dalam kelompok, harus saling bahu-membahu dan bekerja sama.

Jangan banyak alasan.

Apapun keinginan yang ingin dicapai, kita harus terus memperjuangkannya sedikit demi sedikit tanpa banyak membuat alasan. Pantaskan diri dengan berlatih tekun dan berusaha menjadi lebih baik setiap hari. Pada akhirnya, kesempatan baik akan datang dengan sendirinya. 

Beranilah bermimpi!

Seringkali kita takut dan dipenuhi kekhawatiran karena dituntut melakukan hal baru dan keluar zona aman. Percayalah bahwa ini perasaan yang wajar dan tidak seharusnya menghentikan langkah kita. Ambil kesempatan yang ada untuk bersinar.


Begitulah. Salut untuk mereka. Pelajaran yang sangat baik untuk kita.


Sumber:
- Big Life Kids Podcast channel, eps 2.
- https://www.recycledorchestracateura.com/ 
- http://www.landfillharmonicmovie.com/62-2/
- https://en.m.wikipedia.org/wiki/Recycled_Orchestra_of_Cateura 

0 comments:

Post a Comment

Pesan dimoderasi

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Follow by Email