2.09.2015

Bihun Saus Pedas [Resep]

Hari ini saya mau bagi-bagi resep sederhana. Ini adalah resep bihun saus pedas, kesukaan Kanda.

Mie Bihun Jamur Saus Pedas
Mie Bihun Jamur Saus Pedas
(sumber gambar: JParadise di www.cemaru.com)
Terinspirasi dari spaghetti bolognese dimodif banyak, sesuai bahan yang tersedia di dapur dan mudah ditemukan di pasar tradisional, hehe. Kalau mau, protein hewani dari daging cincang bisa diganti udang segar, ayam, dsb. Yang pasti di resep ini, pasta spaghetti saya ganti dengan bihun yang murah meriah. Oke deh, ini resepnya..

Bahan:
Bihun 1 bungkus kecil
Bawang merah 3 siung, iris tipis
Bawang putih 1 siung, cincang halus
Telur ayam 2 butir
Tomat 3 buah, potong dadu
Saus sambal 3 sendok makan
Saus tiram 1 sendok teh
Udang yang sudah dibersihkan,
Jahe (jika menggunakan udang), cincang halus
Jamur dan sawi (atau sayur lain sesuai selera dan anggaran), secukupnya
Daun seledri (jika suka), cincang halus
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:
-  Masukkan bihun dalam panci berisi air yang telah diberi sedikit minyak goreng dan garam. Rebus kurang lebih 5 menit dengan api sedang, tiriskan.
- Panaskan satu sendok makan minyak goreng, tumis setengah cincangan bawang putih sampai harum lalu masukkan telur ayam. Tambahkan garam dan merica sesuai selera, buat orak-arik. Angkat.
- Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan sayur dan beri sedikit air, masak sampai agak layu.
- Tambahkan saus sambal dan saus tiram, beri air secukupnya, dan kecilkan api agar saus tidak hangus. Masukkan potongan tomat, tekan-tekan sampai tomat agar hancur (tapi tidak perlu terlalu hancur).
- Jika menggunakan udang, masukkan udang setelah saus agar teksturnya pas. Soalnya udang akan keras jika terlalu lama dimasak.
- Cicip rasanya dan sesuaikan dengan selera. Saya biasanya tidak memberi tambahan garam, soalnya saus siap pakai yang saya gunakan sudah asin. Tapi kalau terlanjur keasinan juga tidak terlalu masalah sih, bisa ditambah sedikit air.
- Matikan api jika saus sudah pas rasa dan teksturnya.
- Siapkan bihun dan telur orak-arik di piring, siram dengan saus berisi udang dan sayur, beri seledri cincang di atasnya, sajikan. Nikmati selagi hangat. Hmmm, nyam!

(Untuk 2 porsi)

Tips:
- Merebus bihun dengan minyak membuat bihun lebih kenyal. Ini yang saya yakini, hehe.
- Agar lebih sehat, ada baiknya bikin saus sendiri saja daripada yang sachetan. Resep yang saya gunakan karena di rumah kontrakan peralatan dapur sangat terbatas, jadi ya gitu deh.
- Saus tomat bisa digunakan untuk menggantikan citarasa tomat, tapi sebaiknya gunakan tomat utuh yang segar. Selain lebih sehat, rasa lebih segar dan memberi tekstur, jadinya juga lebih banyak! :D
- Saus punya tekstur kental dan mudah hangus. Untuk itu, gunakan api kecil saat saus masuk wajan lalu segera tambahkan sedikit air. Tidak perlu khawatir menambah air yang cukup karena nantinya akan kental kembali setelah dimasak. Bisa juga disiasati dengan menambah air dicampur sedikit maizena (corn starch).

Begitulah resep mie bihun saus pedas dari saya. Di foto, saya pakai sayur sawi dan jamur. Buat penggemar mie, rasanya lumayan kok. Layak dicoba karena sudah teruji di daput Yanet (seolah-olah). Saya anjurkan makan ini pakai sumpit. Kenapa? karena makan apapun yang bisa disumpit dengan sumpit itu seru! hehe. Ngelantur ke sumpit deh jadinya... :p  Sudah dulu ah. Selamat mencoba ya, kawan!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

16 comments:

  1. Resepnya boleh dicoba, nih.
    Ada bihun di rumah.

    ReplyDelete
  2. kapan-kapan bisa saya cobain nih resepnya. Thx :)

    ReplyDelete
  3. resepnya boleh juga ni mbak, dari penampakannya udah kebayang nikmatnya bihun saus pedas.....belum lagi kalau minumnya teh anget, sedap....

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Resep pemula mbaak... Belum bisa saingan sama resep mama DOA, tapi ini rasanya lumayan kok, hihihi

      Delete
  5. wah mumpung semua bahan ada kayaknya harus coba nich, daripada penasaran banget. Makasih mak sharingnya :)

    ReplyDelete
  6. asli sedapnya, pedasnya nendang... :D jadi pengen lagi... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedaplah da, kan dibuat dengan penuh cintah, eaaak... :D

      Delete
  7. enak banget dong menunya dengan resep saus pedas

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!