5.17.2016

Best In Show, Dot untuk Bayi Kucing dan Anjing

Okey, kali ini saya mau cerita sedikit tentang dot bayi kucing yang saya gunakan untuk memberi Berry susu kucing. Merk yang Kanda beli adalah Best In Show. Belinya di toko hewan peliharaan (pet store) bersamaan dengan beli susu kucing yang dikonsumsi Berry.

*non-sponsored review, please read my disclosure policy for more information

Best in Show feeding bottle, paket dot untuk bayi kucing/anjing

Sebelum menggunakan dot ini, saya merasa sangat kewalahan memberi Berry minum susu. Dipakaikan sendok, bayi kucing seumuran Berry belum tahu cara menjilat, jadi percuma. Mau pakai suntikan kecil, susah nyarinya. Kalau pakai sedotan atau pipet tetes, bisa sih, cuma berpotensi mencolok-colok mulut atau wajah Berry yang imut. Kasian kan, sakit. Itulah sebabnya Kanda merelakan dirinya berburu dot khusus untuk bayi kucing. Dapatlah dot Best in Show ini.

Sekadar info. Satu paket dot Best in show terdiri dari 1 botol, 1 sikat pembersih, dan 5 kepala dot (1 buah berkepala lancip, 1 buah kepala bulat, dan 3 buah kepala sedang). Dari penampilan awal, dot ini dikemas dengan bungkus plastik dan kertas. Petunjuk penggunaannya full menggunakan bahasa Inggris. *tarik nafas :)

Oh ya. Sebaiknya petunjuk penggunaan dibaca terlebih dulu sebelum digunakan. Yang pasti ujung kepala dot harus dipotong sendiri terlebih dahulu. Caranya bisa dengan menusuk ujung dengan peniti (tapi kurang berhasil sih ini), memotong sedikit ujung (tapi beresiko gagal karena memotong ujungnya terlalu banyak atau terlalu sedikit), atau membuat tanda "X" di ujung dot dengan pisau. Saya mendapati cara ketiga tersebut lebih mudah dan menghasilkan lubang lebih baik daripada 2 cara sebelumnya.

Untuk bayi kucing yang belum bisa menghisap atau kekurangan tenaga untuk menghisap dot, akan sangat terbantu dengan dot berkepala lancip yang ujungnya dipotong sedikit. Tapi harus hati-hati memasukkannya ke dalam mulut kucing. Jangan menekan botol dotnya terlalu kuat karena air yang keluar akan terlalu deras dan salah-salah malah masuk ke hidung. Ini berbahaya karena air yang masuk ke hidung dan saluran pernafasan kucing bisa menyebabkan pneumonia.

Nah, setelah Berry bisa menyedot air sendiri dari botol dot, saya mengganti kepala dot lancip dengan salah satu dari 3 buah kepala dot berukuran sedang. Hasilnya sangat memuaskan. Berry bisa menghisap susu sesuai kebutuhan dan keinginannya tanpa membuat saya khawatir ada air yang masuk ke hidung Berry. Terlebih kepala dot terbuat dari silikon, jadi tidak akan menyakiti mulut ataupun wajah Berry.

Oh ya, tentang botolnya. Menurut saya ukurannya pas, sesuai ukuran genggaman tangan saya. Kapasitas botol dot adalah kurang lebih 60 ml. Sebenarnya ada skala pengukur volume pada botol, tapi sayangnya setelah beberapa kali cuci, skalanya memudar perlahan sampai tidak bisa dibaca sepenuhnya. :(

Nah, untuk harga, menurut saya agak lumayan juga sih: 55 ribu/set (harga per Mei 2016). Tapi mengingat kenyamanan dalam memberi minum susu kepada hewan yang masih kecil -eh, bayi- seperti Berry, kami merasa sangat berbantu. Paket dot seperti ini terasa sekali menjadi salah satu peralatan penting dalam usaha merawat dan menyelamatkan bayi kucing atau anjing yang terlantar.

Begitulah. Buat teman-teman yang mungkin sedang kebingungan mencari dot apa yang sebaiknya digunakan untuk memberi susu kepada bayi kucing piatu, semoga tulisan ini bisa membantu...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!