5.17.2016

Healthylac, Susu Formula untuk Kucing dan Anjing

Sejak hari ketiga bersama kami, Berry si bayi kucing minum susu formula khusus untuk kucing dan anjing. Merk-nya, Healthylac.

*non-sponsored review, please read my disclosure policy for more information



Memelihara binatang adalah hal yang tidak gampang. Apalagi yang masih bayi seperti Berry. Tubuhnya sangat sensitif sehingga memerlukan perhatian ekstra agar tidak bermasalah, belum makannya, kehangatannya, kebersihannya, dsb. Makanya kalau ditakdirkan menemukan atau menyelamatkan bayi kucing piatu, kita amat sangat disarankan untuk segera mencarikan induk angkat untuknya sebelum bau manusia kita nempel di tubuhnya. Diharapkan, induk kucing angkat bisa menghangatkan, menyusui, dan melindungi bayi kucing yang masih rentan tersebut. Kasih ibu tiada banding lah. Tapi kalau sudah terlanjur seperti kami, semoga ulasan produk susu formula khusus untuk bayi kucing dan anjing ini bisa bermanfaat..

Sebelum mengkonsumsi healthylac, Berry sempat minum susu formula soya untuk bayi usia 0-6 bulan. Menurut referensi yang saya baca, sufor soya -yang terbuat dari kacang kedelai- memiliki kandungan lactosa yang lebih rendah dari susu sapi sehingga lebih bisa diterima oleh perut kucing yang memang tidak tahan lactosa. Dan memang berdasarkan pengalaman beberapa teman yang biasa memelihara kucing, susu soya bisa menjadi pilihan. Tapi kalau lebih memilih susu formula khusus untuk bayi kucing juga boleh. Sangat dianjurkan, malah. Cuma biasanya harga susu untuk bayi kucing lebih mahal.

Secara harga, healthylac menurut saya cukup terjangkau. Sebungkus isi 30 gram seharga sekitar 10 ribuan (per Mei 2016), bisa untuk beberapa hari. Eh tapi  mungkin itu karena saya sengaja membuatnya encer sih. Kalau lebih kental bisa lebih cepat lagi habisnya.

Kalau untuk rasa, saya tidak tahu soalnya Berry yang minum dan Berry tidak bisa bicara apakah rasanya enak atau tidak. :D *dilempat dot  Hehe. Maksud saya, kalau dari wangi sih, wanginya manis. Berry kelihatannya asyik-asyik saja mengisap susu formula ini.

Eh tapi setelah konsumsi healthylac agak lama, nyaris sepekan, kami memutuskan untuk mengganti susu untuk Berry dengan susu khusus untuk bayi kucing sih. Ini mengingat Berry memang masih bayi, sementara di keterangan susu healthylac tidak menyebutkan untuk newborn kitten (bungkusnya berbahasa inggris), hanya kittens and puppies. Pun Berry baru sakit diare dan sekarang sembelit, jadi sepertinya memang untuk anak kucing atau anjing yang lebih besar, deh. Rencananya, insyaallah kalau Berry panjang umur, konsumsi healthylac ini akan dilanjutkan setelah lebih besar, mungkin nanti kalau usianya sudah beberapa pekan. Untuk sekarang, konsumsi healthylac dihentikan dulu. Doakan Berry sehat ya teman-teman, supaya bisa minum healthylac lagi. ^^

Akhir kata, semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya, terutama buat teman-teman yang mungkin mengalami hal serupa kami: memelihara bayi kucing yang masih kecil mungil. Sampai nanti!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!