2.03.2016

Hujan di Bulan Februari (+Random Tips)

Hujan selalu membawa kenangan, bikin melow. Mungkin itu sebabnya bulan Februari disebut bulan kasih sayang ya, soalnya romantis sih. Seperti juga hujan yang semakin sering di awal bulan ini di provinsi kami. Meskipun seringnya diiringi dengan gerah yang luar biasa sebelum hujan turun, air langit tetap turun dengan gegap gempita. Mulai dari tempat kerja Kanda di hulu Sungai Kapuas sana, sampai tempat tinggal saya di hilir Sungai Kapuas sini, hujan turun dari langit yang sama... *eaaak

(sumber gambar: telegraph.co.uk)


Musim hujan yang diiringi panas gerah dan cuaca yang berubah-ubah rentan membuat badan tidak nyaman. Kalau kurang fit malah bisa kena selesma, flu, batuk, pilek, demam, atau minimal sariawan. Seperti saya hari ini, pilek. Dari kemarin bersin terus dan badan terasa kurang nyaman. Hari ini tambah hidung meler dan sedikit batuk. Suara saya sudah bindeng alias sengau atau serak-serak basah. Sedav.. Dengar kabar dari Kanda ternyata ia juga kurang lebih seperti saya, tidak enak badan. Tapi kalau saya karena pilek, kalau Kanda karena radang amandelnya kumat. Sepupu saya yang sering main ke rumah juga sama, batuk-batuk. Mama hari ini demam.

Setelah dilihat lagi sepertinya saat cuaca seperti ini kita harus lebih menjaga kesehatan. Cara-cara sederhana yang bisa dilakukan antara lain:

- Makan yang cukup, bergizi dan teratur.

- Minum air putih harian yang cukup (minimal 8 gelas atau 2 liter per hari).

- Jangan begadang, istirahat yang cukup.

- Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Walaupun dingin, tetap mandi minimal 2 kali sehari.

- Selalu sediakan jas hujan atau payung kalau kehujanan.

- Pakai jaket kalau keluar malam atau udara dingin.

- Minum air hangat yang dicampur jahe dan gula batu, atau madu dan jeruk nipis. Madu dan jeruk nipis tanpa air hangat bisa sebagai sirop obat batuk yang mujarab.

- Olahraga dalam ruangan (indoor), terutama kalau di luar sedang hujan.

- Minum multivitamin bila perlu.

- Biasakan minum dari gelas sendiri agar tidak mudah tertular anggota keluarga yang sedang sakit flu.

- Tutup mulut ketika bersin atau batuk. Jangan bersin/batuk sembarangan agar tidak menulari orang lain.

- Kalau demam, minum paracetamol (tapi tidak dianjurkan bagi ibu hamil, yaa, karena paracetamol termasuk obat yang dapat mengganggu perkembangan janin).

- Jika terlanjur sakit dan tidak mempan minum paracetamol, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Sebenarnya ini catatan untuk saya pribadi supaya ingat, kan saya lagi kurang enak badan, hiks. Tapi semoga saja catatan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membaca. Sehat terus yaa, teman-teman. Dan buat teman-teman yang sakit, semoga cepat pulih.. ;) Sampai nanti..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment:

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!