1.13.2016

Yang Perlu Disiapkan Saat Keluar Kota Dengan Sepeda Motor

Keluarga kecil yang belum memiliki cukup budget untuk membeli mobil yang bisa leluasa digunakan keluar kota, seringkali memanfaatkan sepeda motor yang dimiliki sebagai penggantinya. Seperti keluarga kami. Saya sendiri sudah cukup sering keluar kota dengan motor (sebagai penumpang) sejak kuliah dulu. Menurut saya, jalan-jalan keluar kota dengan menggunakan motor cukup menyenangkan karena kita bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan (karena tidak tidur) dan lebih cepat keluar dari kemacetan dibandingkan dengan mobil. Apalagi kalau dilakukan bersama-sama dan dengan santai atau tidak terburu-buru, perjalanan jadi lebih nyaman. Walaupun begitu, bermotor keluar kota punya resiko yang besar dan melelahkan, jadi baik yang menggonceng maupun yang digonceng harus mempersiapkan diri.

Berikut ini apa saja yang perlu dipersiapkan saat keluar kota dengan sepeda motor, menurut pengalaman saya selama ini..



Yang pertama, cek kondisi motor.

- Lakukan pengecekan kondisi mesin, termasuk fungsi rem, starter, dan klakson.
- Periksa fungsi lampu depan (baik lampu jauh maupun dekat), lampu belakang, dan lampu tanda belok (sein).
- Kaca spion jangan dilepas karena penting untuk membantu melihat keadaan jalan di belakang motor, terutama saat berbelok. Setel dan kencangkan kaca spion sesuai mata pengendara motor.
- Periksa ban, beri angin yang cukup dan ganti ban yang sudah gundul.
- Ganti oli dan periksa rantai.
- Isi bensin secukupnya. Pastikan jarak pembakaran bensin dapat mencapai SPBU.
- Bawa cadangan busi dan peralatan bengkel yang ringkas, letakkan di bawah jok motor.

Kedua, persiapkan badan. 

Mengingat bermotor keluar kota sangat menguras tenaga, orang yang digonceng dan (apalagi) yang menggonceng, wajib mempersiapkan kondisi fisiknya dengan baik.
- Setidaknya semalam sebelumnya harus istirahat (tidur) dengan cukup. Kurang tidur dapat menyebabkan kantuk di jalan. Mengantuk di jalan dapat sangat berbahaya. Sepengetahuan saya, mengantuk memiliki efek yang mirip dengan mabuk. Segera menepi dan beristirahat jika mulai merasa ngantuk di jalan, jangan ditahan karena bisa berakibat fatal bagi kita maupun pengguna jalan lainnya.
- Makan yang cukup tapi tidak berlebihan, agar stamina dan konsentrasi terjaga.
- Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Hindari menggunakan rok dan pakaian yang terlalu panjang (bagi wanita) agar kain tidak masuk ke rantai atau ban motor yang sedang berputar. Kain yang menyangkut dapat menyebabkan jatuh dan ini berbahaya.
- Pakai peralatan keselamatan dengan baik. Pasang tali helm SNI sampai klik dan kencangkan baut kaca penutup helm agar nyaman digunakan.
- Gunakan jaket walaupun cuaca cerah, untuk menghindari terpaan angin yang kuat dan terlalu lama saat berkendara ke luar kota.
- Gunakan masker dan kacamata, terutama jika jalan sedang banyak debu karena diperbaiki atau sedang musim kering.
- Jangan lupa bawa jas hujan, terutama di musim penghujan. Simpan di bawah jok.
- Gunakan tas punggung untuk membawa barang keperluan.
- Pakai sepatu yang nyaman. Hindari selop yang mudah lepas dan alas kaki bertumit tinggi (high heels) yang melelahkan dan dapat menyebabkan kram otot akibat pemakaian lama.
- Jika menggunakan sarung tangan, pilih yang kutung (ujung jari tidak tertutup) agar indera perasa tetap peka.

Ketiga, Persiapan lainnya. 

Ini termasuk:
- Obat darurat selama perjalanan.
- Surat penting seperti SIM dan STNK.
- Uang.
- Info penting seputar perjalanan ke tempat tujuan, seperti jarak, rute, SPBU, masjid, supermarket, tempat makan, rest area, dsb.

Terakhir tapi tidak kalah penting adalah berdoa mohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar perjalanan lancar dan selamat. Berdoa juga membuat hati menjadi lebih tenang dan pasrah selama di jalan.

Itulah beberapa tips dari saya untuk teman-teman pembaca yang mungkin mau coba keluar kota dengan menggunakan sepeda motor. Semoga bermanfaat yaa. Btw, kira-kira dari yang saya sebutkan di atas, ada yang perlu ditambahkan atau dikoreksi? Dipersilakan tulis di kolom komentar.. Terima kasih ^_^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

10 comments:

  1. terimakasih tips-tipsnya Mbak :)
    sangat berguna bagi kami yang sering berpergian menggunakan sepeda motor ini :)

    ReplyDelete
  2. Duh, aku ga kuat deh mba kalau jauh2 pakai motor.

    ReplyDelete
  3. aku pernah keluar kota pakai motor dan kapok mba capeknya minta ampun, gak biasa kali ya...mending naik angkutan umum hehehe...

    ReplyDelete
  4. Tipsnya pas banget buat ane yang suka ngetrip :D

    ReplyDelete
  5. Kalo mudik lebaran sering liat orang mudik pake sepeda, bahkan bawa anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bawa anak sih sangat nggak dianjurkan ya, mba Kania. Kasian anaknya, bisa masuk angin. Tapi balik lagi ke orang tuanya sih mba. Keadaan memaksa mungkin.. wallahu'alam.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!