12.16.2022

Saat Merasa Tak Pantas

Ketika kamu merasa tidak pantas berada di suatu posisi, tegakkan kepalamu dan tetaplah tersenyum. Allah mengizinkanmu berada di posisi itu mungkin memang bukan karena kepantasanmu, tapi lebih karena Dia memberikan kesempatan kepadamu. Kesempatan untuk belajar. Kesempatan untuk merasa paling bodoh di antara semua orang. Kesempatan untuk bersabar ketika ada yang memutar matanya karena meragukan kepantasanmu. Kesempatan untuk menjadi lebih baik.

Kamu mungkin merasa tak pantas, atau belum pantas, atau tidak akan pernah merasa pantas. Tapi ingatkan dirimu sayang, kamu pantas untuk belajar, pantas untuk menjadi lebih baik, pantas untuk mencoba memberikan yang terbaik.

Biarkan orang memutar matanya sepuasnya, meragukan dirimu semaunya. Itu menyakitkan, tapi itu bukan urusanmu. Karena itu, jangan terlalu dipikirkan. Apa yang perlu kamu sibuk pikirkan adalah bagaimana cara menjadi versi terbaik dirimu setiap harinya. Banyak hal yang harus dikerjakan. Bukan untuk mengejar kepantasanmu di mata manusia, tapi kepantasanmu di mata Dia yang memberikanmu kesempatan.

~ Self talk selama perjalanan, 15 Desember 2022, yang tertuang sehari setelahnya.