7.18.2019

Kunci (Keys) Pada Bullet Journal, Penting kah?

Teman-teman masih perlu pencerahan tentang kunci pada bullet journal? Yuk merapat.. ^^




Jadi, keys adalah kunci dalam bullet journal. Fungsinya memudahkan kita dalam memahami tugas yang dituliskan, apakah sudah beres, masih harus dikerjakan, baru selesai setengah, ditunda, atau dibatalkan.

Keys inilah yang membedakan bujo dengan sekadar to-do list atau jenis daftar2 lainnya, karena dengan melihatnya sekilas, kita bisa langsung tahu mana yang lebih penting (prioritas) dan mana yang sekadar catatan tambahan. Keren ya konsepnya.

Perlu diketahui: Keys tiap orang berbeda. Jadi tidak perlu bertengkar hanya karena perbedaan kunci, inilah yang saya sukai dari komunitas bujoist. Tetap akur karena sadar kebutuhan tiap orang berbeda, otak tiap orang unik.

Ryder Carroll (penggagas bujo) misalnya, dia pakai tanda silang ❎ untuk pekerjaan yg sudah beres, sementara ada juga orang yang lebih ngeh pakai tanda ceklis ✅ atau tanda penuh ◼ untuk pekerjaan yang sudah beres, malah tanda silang untuk hal yang dibatalkan (seperti saya, hhihi). Ada juga yang lebih suka menyoret poin yang sudah dikerjakan, seperti ini. Intinya, cocok untuk orang lain belum tentu untuk kita. Cari terus sampai dapat yang dirasa nyaman.

Sekadar berbagi. Kunci bujo saya juga berubah. Yang pernah nonton video lama saya di youtube (klik di sini kalau mau lihat) mungkin tahu apa saja yang berubah. Yang terbaru bisa dilihat di atas 😊. Banyak trial-error yang saya lakukan selama beberapa tahun nge-bujo dengan rajin setiap hari. Begitulah hidup. Kita kadang perlu mencoba hal-hal baru untuk mengetahui apakah itu cocok dengan kita atau tidak. Kalau cocok, lanjutkan. Kalau tidak, move on.

Jadi, jangan patah semangat, baik dalam hidup maupun nge-bujo, yaa. Tetap bahagia supaya bisa berbagi kebahagiaan. Dan ingat, setiap orang punya "kunci"nya masing-masing, jadi jangan stres ataupun nyolot kalau kunci kita beda dengan orang lain. Yuk sebarkan kebaikan 💕

0 comments:

Post a Comment

Pesan dimoderasi

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Follow by Email