5.22.2018

Make Over Syal Jadul Menjadi Outer 5 in 1 | Tips Ramadhan 1439 H

Melunasi janji saya kemarin, hari ini saya mau berbagi sedikit tentang cara saya memanfaatkan kain yang sudah lama tidak dipakai, menjadi sesuatu yang baru dan segar. Perlu diketahui sebelumnya yaa, desain diy ini saya dapatkan di pinterest dan bukan hasil buah pikir orisinil saya. Saya hanya mencontoh dalam rangka mengerjakan proyek mini selama bulan Ramadhan ini. *ndak boleh ngaku-ngaku :D

Make Over Syal Jadul Menjadi Outer 5 in 1 syal multifungsi

Sebenarnya desain yang saya tiru ini aslinya untuk pembuatan rajutan fashion multifungsi. Tapi berhubung konsep dasar desainnya dapat diterapkan pada kain biasa dan sepertinya cukup mudah, saya bertekad untuk meniru. Pas saya punya beberapa helai kain syal lama dan pashmina yang berbentuk persegi panjang juga, jadi saya putuskan untuk mencoba desain ini.

Make Over Syal Jadul Menjadi Outer 5 in 1

Berikut ini alat dan bahan yang saya gunakan:

Make Over Syal Jadul Menjadi Outer 5 in 1
Bahan: kain, kancing, benang. 
Alat: gunting, jarum jahit, jepitan/jarum pentul, meteran (yang disebutkan 2 terakhir lupa difoto, hehe)

Oh ya. Semua bahan yang saya pakai tersedia di rumah, alhamdulillah. Awalnya mau beli kancing yang besar, tapi ternyata ada stok kancing di kotak perkakas jahit (cuma lupa peruntukannya apa, hehe)

Lanjut. Sesuai petunjuknya, saya menjahit 5 kancing pada 2 sisi (total 10 kancing). Jarak tiap kancing adalah 10 cm, kecuali di kancing paling ujung hanya berjarak 5 cm dari ujung kain.

Make Over Syal Jadul Menjadi Outer 5 in 1

Dasarnya amatir dalam jahit-menjahit (walaupun suka), saya menjahit kancing di sisi yang salah! Harusnya kan di sisi A dan D (lihat gambar kedua), tapi saya malah menjahit di sisi A dan C. Padahal sudah dipasang semua. Heuheu. Sungguh. Akhirnya didedel dan dipasang ulang.

Make Over Syal Jadul Menjadi Outer 5 in 1

Penderitaan belum berakhir. Pasang kancing berarti harus pasang apaaa?? Yak! Pasang lobang kancing. Heuheu. Asli, saya lupa sama dengan masalah ini. Mikirnya mau praktiis aja, pasang kancing udah beres. Hehe.

Saya sama sekali belum pernah menjahit lubang kancing, baik dengan jahit tangan maupun dengan mesin jahit. Tidak terbanyang sama sekali. Tapi jaman sekarang kan bisa ngintip youtube ya. Setelah nonton beberapa tutorial, alhamdulillah terbayang dan langsung praktek. Ternyata tak semudah bayangan, terutama karena bahan kain yang dipakai tipis dan lembut. Tips nih, pemula baiknya latihan jahit pakai kain katun saja dulu. Setelah lebih mahir baru ke jenis kain yang lebih "jatuh". Jangan kayak saya. Kenapa? Karena bikin stres. Wkwk.. Serius. Susah dikendalikan soalnya..

Saya mulai sekitar pukul 8 pagi. Perkiraan selesai paling lama sebelum waktu dzuhur (sebelum insiden salah jahit kancing dan sadar harus bikin lubang kancing), tapi begjtulah,, molor sampai jam setengah 2 siang. Hayati lelah. Memang sih ndak full ngerjain karena sempat nonton tutorial dulu dsb, tapi tetap saja lamaaa dan melelahkan. Untunglah hasilnya cukup memuaskan hati. Saya langsung pamer ke Danda dan Mama. Taraaa...

Make Over Syal Jadul Menjadi Outer 5 in 1

Lumayan lah buat pemula *menghibur hati 😅 Yang jelas senaaang rasanya bisa menghasilkan sesuatu. Alhamdulillah..

Teman-teman gimana? Ada yang sudah pernah coba DIY make-over barang lama menjadi sesuatu yang baru? Kalau sudah pernah, bikin apa? Share di kolom komen yaa..


1 comment:

  1. Menarik idenya Mak. Foto belakangnya seperti apa ya? Punggungnya tertutup tidak?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!

Follow by Email