4.22.2014

Cakalang Fufu dari Ambon Manise

Malam ini, selepas latihan saya dan teman-teman GSP makan malam bersama. Kemarin kami sudah janjian untuk bawa bekal nasi sendiri-sendiri buat makan ikan cakalang fufu yang dibawakan Bang Jems sebagai oleh-oleh dari kampung halamannya. :D iyey!

minjam gambar dari wikipedia.com, hehe
Sekilas info
Cakalang fufu adalah kuliner khas timur Indonesia berupa ikan cakalang asap yang kering, sedikit empuk dan berwarna kemerahan. Daging ikan cakalang *yang merupakan komoditas perikanan Indonesia timur dibersihkan sisik dan jeroannya lalu dibelah dua dan dijepit dengan bambu. Bentuk bambu penjepitnya unik lo. ^^ Setelah dijepit ikan cakalang diasapi sampai matang merata. Bumbu yang digunakan hanya garam dan soda.

Menurut wikipedia, kalau proses pengasapan dilakukan dengan baik maka cakalang fufu dapat tahan selama 1 bulan pada suhu ruang. Untuk ikan cakalang yang dibawa Bang Jems, katanya fresh from Ambon; dibeli tadi pagi dan dimakan malam ini. Meskipun terkenal sebagai kuliner khas Sulawesi Utara tapi sebenarnya cakalang asap atau cakalang fufu merupakan bentuk olahan hasil laut yang umum ditemukan di daerah timur Indonesia, seperti Ambon, kampung halamannya Bang Jems..
#I Love Indonesia!

Alhamdulillah saya akhirnya bisa merasakan kuliner daerah Indonesia timur yang selama ini hanya saya ketahui dari acara jalan-jalan di televisi. Gratis pula, hehe...  Rasanya, enak, dengan cocolan sambal dabu-dabu buatan Bang Jems dan kecap. Hmm.. Kami semua makan dengan lahap, hap hap hap. Habis deh.. :D

Alhamdulillah. Terima kasih Bang Jems. Semoga rejekinya lancar selalu.. Btw karena tidak bawa kamera sementara hape jadul, saya tidak memotret makan malam tadi. Jadi minjam foto sajaaaa..

Sayangnya tidak bisa mengambil sedikit untuk dibawa pulang untuk Kanda. Tidak apalah, belum rejeki. In sya Allah nanti ada rejekinya, kalau perlu berkunjung ke tempat asalnya di timur Indonesia. Aamiin :D