3.31.2017

3 Tempat Wisata di Hanoi yang Menarik Untuk Dikunjungi

Salah satu kota di Asia Tenggara yang menurut saya menarik untuk dikunjungi adalah Hanoi. Hayo.. Masih ingat kan, Hanoi ibukota negara apa?

Yup, Vietnam.

Vietnam adalah sebuah negara yang terletak di wilayah timur Asia Tenggara. Negeri ini dapat dikatakan cukup tersohor di dunia internasional karena sejarah perjuangan kemerdekaannya yang heroik. Kisah tentang sejarah perang Vietnam ini sangat fenomenal karena berhasil memukul mundur serangan negara adidaya Amerika Serikat. Banyak film yang menggunakan latar perang tersebut sehingga membuat banyak orang --termasuk saya-- penasaran dengan peninggalan sejarah yang ada di sana.

Selain daya tarik sejarah, pesona alam bernuansa pedesaan khas negara tropis juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing maupun lokal yang berlibur ke Hanoi. Sebagian besar destinasi di Hanoi mengangkat keindahan alamnya seperti danau, kastil, dan lain-lain.

Untuk mencapai Kota Hanoi, orang Kalimantan Barat seperti saya harus ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta terlebih dulu, untuk kemudian menggunakan layanan jasa penerbangan yang melayani penerbangan Jakarta-Vietnam. Salah satu maskapai ternama yang melayani rute tersebut adalah maskapai Vietnam Airlines.Vietnam Airlines merupakan salah satu maskapai milik Vietnam yang melayani perjalanan domestik maupun internasional.

Menurut informasi yang saya dapat, maskapai Vietnam Airlines ini menyediakan rute terbang langsung dari Jakarta ke Hanoi. Untuk pemesanan tiketnya, sekarang kita tidak perlu repot dan bingung karena agen travel Traveloka sudah membuka layanan pemesanan tiket untuk maskapai Vietnam Airlines. Bisa langsung cek dan pesan di Vietnam Airlines Traveloka. Praktis juga ya.

Memang sih sampai saat ini saya belum sampai dan menjejakkan kaki di Kota Hanoi, tapi sekadar untuk referensi masa depan --siapa tahu nanti berkesempatan berkunjung ke sana, aamiin--, berikut ini beberapa tempat wisata yang menurut saya menarik untuk dikunjungi:

1. Hanoi's Army Museum / Vietnam Military History Museum


Iya, saya penasaran dengan sejarah peninggalan perang Vietnam, makanya pengen berkunjung ke museumnya. Hanoi's Army Museum ini merupakan kompleks bangunan museum yang kabarnya memiliki monumen bersejarah bagi masyarakat Vietnam. Monumen yang didirikan pada tahun 1905 oleh pemerintah setempat itu memiliki luas 130 meter dengan ketinggian sampai 31 meter. Wow

Selain monumen sejarah, museum ini juga mengabadikan potret-potret perjuangan masyarakat Vietnam merebut kemerdekaan serta berbagai peralatan dan perlengkapan militer bersejarah seperti pesawat tempur, senjata mesin, tank, helikopter, dan lain-lain. Jadi semacam pameran alutsista gitu ya.

2. Danau Hoan Kiem


Nama danau ini dalam bahasa Indonesia berarti Danau “Kembalinya Pedang”, yang merujuk pada legenda pedang  pusaka Thuan Thien milik Kaisar Le Loi (salah satu tokoh paling berpengaruh dalam pembebasan Vietnam dari penjajahan China). Konon pedang Thuan Thien adalah pedang yang diberikan oleh seekor kura-kura emas (Kim Gui) kepada Le Loi. Pedang ini dipercaya sangat sakti dan dapat memberikan kekuatan kepada sang pemilik (Kaisar Le Loi) menjadi setara dengan kekuatan beberapa lelaki kuat. Semacam pedang excalibur-nya Raja Arthur gitu lah. Menurut legenda, setelah Vietnam merdeka, pedang sakti tersebut kembali kepada Kim Gui di danau ini.

Danau Hoan Kiem terletak di tengah Kota Hanoi. Selain sebagai destinasi wisata, area di sekitar danau ini seringkali dijadikan sebagai tempat pusat olahraga dan tempat pembelajaran mengenai hal yang berkaitan dengan alam bagi masyarakat sekitarnya.

3. Danau Ho Tay


Hanoi sering dijuluki sebagai kota seribu danau. Hal ini terlihat dari banyaknya danau yang ada di kota ini. Salah satu danau yang terkenal adalah danau Ho Tay. Danau Ho Tay merupakan danau terbesar yang ada di kota Hanoi. Danau ini memiliki luas area tidak kurang dari 400 hektar. Lokasinya tidak jauh dari Istana Kepala Negara Vietnam. Di danau ini, pemandangan matahari terbenam (sunset) di sore hari adalah pesona yang paling dicari oleh para turis. Jadi kalau mau ke sana, sebaiknya pilih waktu petang supaya sensasinya optimal. ^^

Duh, seru-seru ya tempat-tempat wisata di atas. Jadi pengen liburan dan jalan-jalan ke Vietnam deh. Eh tapi nabung dulu ding. Hehehe. .

Sekian dulu ya teman. Semoga tulisan kali ini bermanfaat. Sampai nanti. Bye!

PS:
- Ini adalah sponsored post, merujuk pada Momento Dulce's Disclosure Policy.
- Semua foto di atas adalah bukan milik saya dan di-credit kepada pemilik aslinya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!