8.30.2016

Sulitnya Berkonsentrasi

Mumpung ingat, hari ini saya mau berbagi sedikit cerita tentang usaha saya mencoba menjadi lebih fokus. Atau lebih tepatnya, bicara tentang sedikit kendala yang saya hadapi dan kemungkinan solusinya. Yah, siapa tahu ada yang sama-sama berjuang untuk fokus juga kan.. *nyari teman




Fokus dan konsentrasi bagi sebagian orang mungkin mudah dilakukan, tapi sayangnya ada juga orang-orang di dunia ini yang mengalami kesulitan melakukannya. Seperti saya. Kemampuan fokus saya dulu normal-normal saja, walaupun tidak bisa dibilang prima. Seiring waktu dan pengalaman yang dilalui, sepertinya kemampuan fokus saya menurun cukup parah sejak mengalami depresi beberapa tahun lalu. Depresi memang terbukti dapat menurunkan konsentrasi..

Sadar bahwa saya harus bangkit, saya mencoba banyak hal baru beberapa tahun belakangan ini. Sebut saja, blogging, panahan, renang, menggambar, bikin kerajinan, menjahit, dan banyak aktifitas lain. Saya bersyukur, kegiatan-kegiatan tersebut didukung penuh oleh suami dan keluarga. Sayangnya, karena tidak bisa fokus, kegiatan-kegiatan menarik tersebut tidak lagi rutin saya lakukan. Saya sangat senang melakukannya, hanya saja rasa lelah cepat melanda, teralihkan, kemudian lupa. Akhirnya, yah melempem lagi. (^.^") Makanya setelah berbagi tulisan tentang fokus dan konsentrasi beberapa waktu lalu, saya bertekad untuk mulai melatih pikiran supaya bisa fokus dan konsentrasi. Terus, terus, dan terus. Walaupun sedikit-sedikit capek.

Hayati lelah, bang..
(Credit: Momo @flickr.com)
[Silakan baca tentang Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi]

Setelah diintrospeksi lagi, sepertinya saya tahu masalahnya: konsentrasi itu makan banyak energi. Makanya melelahkan, cing... *ngomong sama kucing

Dari masalah itu, saya mencatat beberapa hal penting terkait makanan yang mungkin bisa jadi solusi yang bisa mendukung saya berlatih konsentrasi dan fokus lagi. Hup!

Jangan Lewatkan Sarapan

Terdengar sepele tapi ternyata sarapan penting sekali. *kemana aja, net :p
Makan di pagi hari berarti mempersiapkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktifitas seharian.

Makanan dan Minuman Manis

Berkonsentrasi dan beraktivitas fisik berat (seperti olahraga) sama-sama memerlukan energi yang banyak. Makanan dan minuman manis menyediakan energi ekstra dibanding yang tawar. Tapi ingat, konsumsinya jangan terlalu banyak ya, karena apapun yang "terlalu" tidak baik bagi kesehatan. Agar lebih sehat, usahakan rasa manis berasal dari madu atau gula batu atau buah-buahan.

Camilan Buah Segar

Buah segar menyediakan serat dan vitamin yang baik bagi tubuh. Olah buah menjadi jus atau salad sebagai camilan sehat. Sesuaikan pilihan buah dengan selera. Kurma dan mangga harum manis pilihan bagus.

Cukupkan Gizi

Makan dalam jumlah cukup secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan konsentrasi pikiran. Berhentilah bekerja pada jam makan dan sempatkan istirahat setelah makan. Jika terasa lapar di tengah pekerjaan, jangan ragu untuk makan atau ngemil, karena itu adalah sinyal dari tubuh yang kekurangan energi.


Apa lagi ya? Hmm, sepertinya itu dulu. Berhubung poin-poin ini hanya berdasarkan pengalaman selama beberapa hari belakangan dan secuil ilmu lama dari sana-sini, mungkin masih banyak yang harus ditambahkan atau ada yang perlu dikoreksi. Silakan tinggalkan tanggapannya ya, teman-teman. *masih mencari teman seperjuangan nih, heuheu.

Akhir kata, sudah dulu ya. Nanti saya berbagi lagi kalau ada yang baru. Sampai nanti!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment:

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!