8.03.2016

10 Film Anak Favorit Tahun 90-an

Buat saya, film adalah salah satu media yang bisa mengingatkan pada momen-momen tertentu, orang-orang tertentu, atau kesan-kesan tertentu. Salah satu momen yang menurut saya pantas untuk dikenang adalah kenangan indah masa kecil, seperti film apa saja yang pernah ditonton waktu kecil dan meninggalkan kesan di dalam kotak ingatan.

Mumpung ingat, hari ini saya mau iseng bikin daftar film favorit tahun 90-an versi saya. *Hihi. Ketahuan ya umurnya.. Siapa tahu ada yang seumuran, ~eeh  *nyari teman


Catatan: Karena versi saya, mohon dipahami kalau selera setiap orang berbeda yaa...




1. Home Alone (1990)

Anak-anak yang besar di tahun 90-an pasti tahu deh dengan film ini. Film keluarga bergenre komedi ini menceritakan tentang seorang anak dari keluarga besar yang merasa terasingkan, yang kemudian membuat permintaan agar keluarganya menghilang, lalu ia harus bertanggung jawab untuk mempertahankan rumahnya dari serangan sepasang perampok, sendirian. Seru dan lucu! Favorit deh. Apalagi dulu nontonnya bersama Bapak, Mama' dan Kakak, di bioskop. Ingatlah beta jadinya..

Btw, film Home Alone ini sukses menaikkan nama Malaulay Culkin yang berperan sebagai Kevin McCallister, pemeran utama film ini. Saking populernya, Home Alone punya sekuel lho. Satu sekuel setelah Home Alone adalah Home Alone 2: Lost in New York (1992). Pemerannya tetap Macaulay Culkin. Ceritanya masih tetap lucu (tapi kasar, harus dengan bimbingan orang tua). Nah, seri setelah-setelahnya, Kevin McCallister sudah tidak diperankan oleh Macaulay lagi, dan ceritanya maksa banget. Saya tidak suka, dan karena itu tidak pernah nonton sampai selesai..

2. Curly Sue (1991)

Curly Sue ini adalah drama komedi tentang seorang anak terlantar yang diangkat anak --atau lebih tepatnya, partner in crime-- oleh seorang pria miskin yang berpura-pura ditabrak untuk mendapatkan uang.

Dari semua adegan, saya paling ingat ketika Curly Sue menyanyi lagu kebangsaan Amerika dengan lantang di tengah malam buta. Hihi. Walaupun suaranya bagus, tapi kan gokil. Ah ya, ada lagi yang berkesan. Wajahnya menggemaskan. Rambutnya yang ikal membuat saya berharap nanti punya anak perempuan yang berambut ikal sepertinya. *pelintir rambut

3. The Adventures of Huck Finn (1993)

The Adventure of Huck Finn adalah salah satu dari sekian banyak versi film adaptasi novel klasik karya Mark Twain. Sesuai judulnya, ini adalah film petualangan seru. Ceritanya bertambah seru ketika Huckleberry Finn melarikan diri dari ayahnya yang sering melakukan kekerasan kepadanya. Sayangnya, kematian palsu Huck itu menyebabkan seorang budak kulit hitam bernama Jim dituduh membunuh Huck. Akhirnya mereka melarikan diri berdua. Dalam pelarian, mereka mengalami banyak petualangan bersama.

Salah satu yang membuat saya suka film Huckleberry Finn yang ini adalah Elijah Wood kecil yang memerankan Huckleberry Finn. Adegan yang berkesan adalah ketika Huck menyamar menjadi anak perempuan untuk mencuri bahan makanan. Cantik, hihi.

4. Baby's Day Out (1994)

Baby's Day Out adalah salah satu film yang paling menggemaskan sepanjang masa. Kenapa? Karena bayi kembar yang berperan sebagai bayi Bink di film ini sangat imut dan pandai berekspresi. Petualangan bayi Bink yang diculik juga seru dan lucu. Wajar kan kalau jadi film favorit..

5. Monkey Trouble (1994)

Ini adalah film petualangan komedi yang melibatkan binatang (monyet). Jadi ceritanya, Eva --gadis kecil yang merasa diabaikan karena kehadiran adik bayinya-- bertemu dengan seekor monyet yang kemudian menjadi teman barunya. Eva sangat senang bermain bersama Dodger, si monyet, sampai kemudian ia tahu bahwa Dodger memiliki bakat tersembunyi: mencuri!

Eh iya, gara-gara film ini saya jadi tahu celana legging lho. Hehe.. *nggak nyambung, tapi beneran..

6. Richie Rich (1994)

Richie Rich adalah cerita komedi keluarga yang diadaptasi dari Harvey Comics. Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak tunggal dari keluarga paling kaya di dunia. Pokoknya, wow, deh. Bisa ketawa ngesak melihatnya. Hihi. Nah, masalah muncul ketika Van Dough melancarkan usaha pembunuhan keluarga Rich untuk mengambil harta kekayaan paling berharga yang dimiliki oleh keluarga Rich. Bagaimana nasib Richie? Silakan tonton atau baca komiknya sendiri ya..

Ah jadi ingat. Dulu waktu dirawat di rumah sakit tahun 1995, saya dibelikan komik Richie Rich untuk hiburan di rumah sakit. Sayangnya bukunya raib entah kemana.

7. It Takes Two (1995)

It Takes Two adalah film komedi tentang 2 gadis kecil yang identik satu sama lain, tapi tanpa ikatan darah dan punya latar belakang berbeda 180 derajat: Allysa Callaway si anak orang kaya dan Amanda Lemmon si anak panti. Mirip dongeng The Princess and The Pauper, lah. Film ini semakin hidup dan lucu dengan akting ekspresif dari si kembar Olsen (Mary-Kate dan Ashley). ^^

8. A Little Princess (1995)

Nah, kalau film A Little Princess ini ceritanya maniis sekali. Film ini merupakan adaptasi dari novel klasik karya Frances Hodgson Burnett yang menceritakan tentang Sarah Crewe yang harus berpisah dengan ayahnya yang bertugas di medan perang sementara ibunya sudah tiada. Ia bersekolah di sekolah asrama putri yang dikepalai Miss Minchin yang keras.

Dulu saya juga pernah sih menonton adaptasi novel ini yang versi tahun 1939, judulnya The Little Princess dan diperankan oleh Shirley Temple. Tapi mungkin karena versi 1939 ini lebih ke genre drama musikal, saya lebih suka yang versi 1995.

9. Gold Diggers: The Secret of Bear Mountain (1995)

Nah, ini adalah film drama petualangan seru yang dialami oleh 2 gadis remaja: Beth Easton si gadis kota dan Jody Salerno si gadis tomboy. Dengan latar belakang yang berbeda, mereka mulai berteman dan melakukan petualangan ke Bear Mountain untuk mencari emas yang konon ditanam di sana.

10. Madeline (1998)

Terakhir tapi tak kalah favorit buat saya: Madeline! Film dengan latar belakang Perancis tahun 1950-an ini adalah adaptasi dari novel anak karya Ludwig Bemelmans. Madeline menceritakan tentang seorang anak yatim piatu --bernama Madeline-- yang bersekolah di asrama putri yang dijalankan oleh seorang suster bernama Miss Clavel. Ia adalah anak yang ceria tapi agak sulit diatur dibandingkan teman-teman asramanya yang lain. Ada-ada saja kelakuannya.

~~~

Kalau diperhatikan, film-film di jaman 90-an ini punya kesamaan unik satu sama lain: petualangan dan penjahatnya. Petualangan film jaman dulu punya nuansa seru-yang-berbeda dengan film petualangan jaman sekarang. Mungkin karena di jaman itu belum ada gadget serba canggih seperti sekarang, kali ya. Eh, ada sih, gadgetnya Richie Rich. xD. Kalau penjahatnya, entah mengapa di film jaman itu, kalau ada sekawanan penjahat, pasti hanya satu saja yang benar-benar jahat (otaknya penjahat) sementara anak buahnya luar biasa konyol, dan itu menghibur. Beda dengan film jaman sekarang yang lebih realistis. Mungkin karena memang dunia sekarang lebih keras, yah..

Oke. Itulah 10 film anak favorit versi saya. Teman-teman sudah pernah nonton film-film tersebut? Kalau sudah, film yang mana yang paling disuka? Kalau belum, silakan ditonton bersama keluarga, ya. Tapi jangan lupa selalu dampingi anak-anak ketika menonton untuk memfilter hal-hal yang kurang atau tidak sesuai dengan etika dan nilai keluarga. Karena tidak semua film yang diperankan anak-anak sesuai untuk anak-anak kita. ;)

[Baca juga: Waspada Dirty Jokes pada Film Animasi]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 comments:

  1. home alone film-nya masih sering diputar di TV, jadi memang film ini tenar banget ya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Bahkan anak-anak sekarang juga tahu sama Home Alone, saking tenarnya.. :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!