4.25.2016

Peliharaan Baru

Belakangan ini, nyamuk di rumah banyaak sekali. Selain banyak, mereka bandel. Biarpun tangan digoyang-goyang, kalau tidak ditepis dengan tangan mereka tidak akan kabur. Mana bekas gigitannya gatal. Benar-benar nyamuk nakal..

nyamuk nakal
nyamuk nakal..


Banyaknya nyamuk di rumah kami bisa jadi karena halaman yang penuh tanaman, ditambah baru-baru ini Kanda sedang getol memelihara tanaman air yang notabene memerlukan kolam berisi air. Air yang tergenang dalam kolam air inilah yang sepertinya menjadi faktor yang menyebabkan populasi nyamuk bertambah secara signifikan. *duh bahasanyaa.. :p

Berhubung kolam airnya dibutuhkan, maka perlu dilakukan siasat untuk mengurangi jumlah nyamuk nakal yang meraja lela menghisap darah. Atas instruksi Kanda, akhirnya seekor ikan cantik pemangsa jentik nyamuk dibeli dan dimasukkan ke dalam kolam. Mungkin banyak yang sudah tahu dengan jenis ikan ini..

Betta splendens
Cang caang~ perkenalkan, namaku Cibiyu
Yup. Ini adalah ikan cantik bernama ilmiah Betta splendens. Nama kerennya siamese fighting fish atau ikan petarung siam. Kalau di Pontianak dan sekitarnya, ikan ini lebih dikenal dengan nama ikan sabong/sabung, cupang, atau selomang/slomang. Jenis ikan ini suka memakan jentik nyamuk dan kutu air.

Sejak Cibi masuk kolam, nyamuk di rumah kelihatannya belum berkurang. :p  Ya iyalah, kan Cibi tidak membasmi nyamuk dewasa, melainkan anaknya nyamuk a.k.a jentik-jentik. Jadi kayaknya harus lebih bersabar dan berusaha lebih supaya tidak digigit nyamuk: pakai minyak serai, pasang obat nyamuk listrik, dan pakai kelambu waktu tidur. Yang pasti saat ini saya jatuh hati pada jenis ikan ini. Baru sadar kalau ikan slomang itu cantik.. ^^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment:

  1. Pakai raket nyamuk (rechargeable) juga mungkin, sekalian buat olahraga? :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!