2.18.2016

Tips Mengatasi Smartphone yang Lemot

Belakangan ini smartphone saya agak lemot, padahal ini gadget andalan.

*sponsored post, refers to disclosure




Smartphone saya sudah lengkap dengan email, editor gambar, aplikasi pesan, aplikasi blogging, dan tentunya sosial media. Internetnya juga baik, bisa untuk tethering (penambatan) ke laptop kalau pas pengen internetan dengan tampilan desktop. Cuma belakangan, proses menyalakan agak lama dari biasanya. Ngetik juga kadang-kadang terhenti tapi tiba-tiba cepat lagi, ndut-endutan. Kamera agak lama fokus. Menyimpan gambar yang sudah diedit juga lama, malah kadang-kadang gagal. Ihiks..

Biarpun sebal, saya terlanjur cinta dengan ponsel cerdas yang saya gunakan sekarang. Bukan cuma karena sifat saya yang setia sih, ~eaa~ tapi beralih ke ponsel baru berarti harus kembali repot mengurus akun-akun dan sejumlah data penting ke dalamnya. Jadi ya sudah lah, cari tahu info. Ternyata ada kok cara mudah untuk mengatasi smartphone lemot. Jadi yang smartphone-nya lagi suka lemot, yuk merapat sini! ^^

Pindahkan Foto dan Lagu

Kinerja smartphone yang melambat ternyata bisa disebabkan oleh banyaknya foto dan lagu yang tersimpan di dalam memori internal. Karena itu, jangan malas untuk memindahkan isi smartphone ke memory card, laptop atau media penyimpanan lainnya, ya. Rajin-rajin bebersih, sisakan yang penting saja. Cara ini terbukti sangat ampuh, lho, untuk membuat kapasitas memori di smartphone kembali lega seperti sedia kala.

Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang terus aktif walaupun tidak digunakan dapat membuat smartphone jadi lemot. Hal ini bisa terjadi karena kapasitas RAM dan memori internal sudah tersita oleh aplikasi tersebut. Jadi, jangan lupa untuk segera mematikan aplikasi yang tidak terpakai supaya kapasitas RAM smartphone tidak terlampau penuh.

Manfaatkan Aplikasi Pembersih Cache

Tanpa kita sadari, ternyata setiap akses browsing dan aktivitas lainnya di smartphone dapat menimbulkan cache yang membebani kerja smartphone. Jika cache terus menumpuk dan tidak dibersihkan, lama kelamaan smartphone akan menjadi lemot. Untuk mencegah hal ini, segera unduh dan gunakan aplikasi pembersih cache sehingga kita kembali leluasa menggunakan ponsel yang bebas lemot.

Keunggulan aplikasi pembersih cache adalah mampu mendeteksi dan membersihkan cache secara otomatis. Selain menggunakan aplikasi pembersih cache, kita juga bisa membersihkan cache secara manual melalui menu pengaturan.

Lakukan Reset Factory

Reset factory sebaiknya baru dilakukan jika kita benar-benar sudah menyerah dengan lambatnya kinerja ponsel setelah mencoba melakukan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Perlu diingat, sebelum melakukan reset factory, jangan lupa untuk melakukan back up data karena reset factory akan mengembalikan kondisi smartphone seperti saat baru pertama kali dibeli. Jangan sampai nangis bombay karena kehilangan foto atau file penting akibat lupa back up data. Itu seperti kehilangan ingatan, menyakitkan..

Ganti Smartphone

Ini adalah opsi terakhir kalau sudah tidak lagi betah karena kelakukan smartphone yang kelewatan lelet bin lemot. Agar puas, pilihlah jenis smartphone baru yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Kalau blogger seperti saya, smartphone dengan koneksi internet cepat plus RAM besar perlu dipertimbangkan. Untuk pelajar, pertimbangkan smartphone yang mampu mendukung kartu memori berkapasitas besar agar bisa menyimpan materi pelajaran dan mendukung kegiatan belajar mandiri. Untuk pecinta permainan, selain RAM yang besar, luasan layar LCD juga layak dipertimbangkan.

Sekarang ini, opsi mengganti smartphone lama dengan yang baru jadi semakin mudah dengan adanya MatahariMall, lho. MatahariMall menyediakan berbagai tipe dan brand smartphone dengan harga terbaik untuk para pelanggannya. Pilihan smartphone di MatahariMall banyak dan harga smartphone murah. Tinggal tentukan jenis ataupun merk yang diinginkan, kita bisa segera mendapatkannya di MatahariMall.

Sekian tips mengatasi smartphone yang lemot kali ini. Silakan tambah kalau ada yang lain, yaa! Semoga tips kali ini bermanfaat. Salaam!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 comments:

  1. Paling enak back up file foto dan video sekalian bersih-bersih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma agak melelahkan sih, Ir.. Untuk ini perlu menyisihkan waktu dan konsentrasi. Kalo nggak, file yang di back up di laptop jadi dobel (^^") *pengalaman

      Delete
  2. Aku belum pernah nyoba aplikasi bersihkan cache. Sepertinya bisa digunakan deh. Kbtulan hapeku lagi lemot. Makasih tipsnyaa

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!