12.16.2015

Tips Menghemat Kuota Internet (Smartphone)

Okeeey... Menulis judul postingan kali ini membuat saya senyum-senyum sendiri. Yang kenal saya pasti tahu kalau saya boros sekali menggunakan kuota internet. Dua GB bisa saya habiskan dalam kurun waktu belasan hari, dua pekan paling lama. Pernah juga tidak sampai sepekan sudah habis, padahal 2 GB yang lancar bisa seharga 50 ribuan. Kalau pola konsumsi seperti itu tidak diubah, bisa-bisa saya menghabiskan 200 ribuan sebulan hanya untuk internetan. Aaarrghhh..

Ada yang seperti saya?
miauu.. (baca: adaa) ^^

Sejak menggunakan smartphone, saya memang kebablasan internetan. Maklum orangnya kepo, kalau penasaran dengan sesuatu sering langsung browsing, dan ujungnya, keasyikan. Kebetulan smartphone dan kartu yang saya pakai pun mendukung kegiatan berselancar dengan baik. Ini seperti mendapat sarana memenuhi keingintahuan di genggaman.

Dulu di awal malah lebih parah. Saya suka buka video di youtube. Semua aplikasi yang menarik dan terkenal langsung di-download dari google store. Pinterest jadi mainan. Apalagi sejak punya akun instagram, uwiiih.. Asyik sih, tapi juga bikin nggak kuat. Boros!

Saya sering tidak enak dengan Kanda tiap kali internet saya ludes dalam hitungan hari. Kalau sudah begitu, biasanya saya sengaja tidak mengisi ataupun membeli kartu baru sampai hari jatah beli kuota tiba. Ceritanya menghukum diri sendiri. Hehe. Tapi biasanya Kanda tahu, karena tiba-tiba batrai hp saya lebih awet.

Sering Kanda bertanya kepada saya, dipakai untuk apa saja sampai bisa secepat itu. Setelah pola konsumsi ditelaah berkali-kali, saya jadi tahu kalau video dan gambar bisa sangat menguras kuota. Lebih jauh, saya jadi tahu ternyata beberapa aplikasi seluler bisa sangat boros kuota.

Berbekal pengalaman (dan masih dipelajari), berikut tips menghemat kuota internet dari saya:

- Hindari menonton video online
Menonton video online sangat menyenangkan, tapi sebaiknya hanya dilakukan saat berada di area hotspot, karena video online memakan banyak kuota a.k.a boros.

- Manfaatkan fasilitas bluetooth
Jaman sekarang, momen-momen berharga bersama orang lain memang dapat dengan mudah dibagi via aplikasi bbm, whatsapp, telegram, dll. Ini ideal untuk menghubungkan orang yang berjauhan. Tapi jika orang yang ingin dibagi/membagi berada dekat (secara fisik) dan memiliki gadget berfasilitas bluetooth, tidak ada salahnya berbagi foto dan video dilakukan via bluetooth saja. Selain menghemat kuota yang terpakai untuk mengunduh (men-download) muupun mengunggah (meng-upload), foto yang ditransfer dengan bluetooth memiliki kualitas yang lebih baik daripada via aplikasi yang disebutkan sebelumnya, dan kita dapat berbincang dengan teman kita.

- Kurangi melihat gambar secara online
Buat pembelajar visual seperti saya, melihat gambar bisa sangat menyenangkan. Apalagi kalau suka, bisa dilihat berkali-kali. Masalahnya, file gambar (yang berformat jpeg apalagi gif) bisa memakai banyak kuota, walaupun tidak sebanyak video. Untuk itu, biasakan melihat foto satu-satu agar tidak langsung menghisap banyak kuota. Tampilan kolom di pencarian gambar google, instagram, pinterest, dsb, perlu dibatasi.

- Batasi penggunaan data internet
Tiap tipe smartphone berbeda, tapi coba periksa di pengaturan setelan. Batas penggunaan data internet terserah kita. Kalau saya, saat ini saya menggunakan kuota sebesar 2gb tapi menetapkan 100kb untuk peringatan penggunaan (diatur ulang setiap hari) dan 1gb untuk batas data. Dengan begini saya dapat peringatan jika sudah mencapai 100kb dan tidak dapat internetan lagi setelah 1gb. Walaupun saya masih punya 1gb lagi dan bisa diatur ulang kapanpun, peringatan dan pembatasan seperti ini bisa menjadi pengingat yang baik.

- Evaluasi penggunaan data secara berkala
Pada pengaturan setelan hp, biasanya ada keterangan aplikasi mana saja yang memakan kuota dan berapa banyak data yang dipakai pada masing-masing aplikasi tersebut. Dari situ kita bisa tahu aplikasi mana yang sebaiknya dikurangi atau dinonaktifkan.

- Matikan internet saat menggunakan aplikasi tertentu
Ini mengacu pada hasil evaluasi penggunaan data. Kadang kita tidak sadar ada aplikasi yang melahap kuota data. Contoh di hp saya: ailis dan sebagian besar permainan. Saya pun baru sadar ini setelah pernah beberapa kali peringatan data saya menyala saat saya tidak menggunakan media sosial atau browser, melainkan game atau ailis. Sejak itu saya selalu memadamkan internet terlebih dahulu sebelum menyalakan permainan ataupun ailis. Internet baru diaktifkan jika saya mau mengunduh font atau stamp baru (ailis) atau mengambil bonus harian (game), dsb. Itupun hanya sebentar, setelah keinginan terpenuhi internet dipadamkan. Biar hemat, beb.

- Copot pemasangan (uninstal) aplikasi tertentu
Ada jenis aplikasi, umumnya permainan (games), yang sama sekali tidak dapat berfungsi atau dimainkan saat offline. Contoh di hp saya, permainan yang tertaut dengan line semacam pokopang, let's get rich, bubble, dsb. Serius. Jika benar-benar ingin menghemat kuota, games seperti ini (yang tidak dapat dimainkan jika offline) sangat perlu dipertimbangkan untuk dicopot. Jika berat hati mencopotnya, kembali ke poin sebelumnya, hanya mainkan di hotspot.

- Lakukan pengaturan pada aplikasi
Tanpa disadari, kadang ada beberapa aplikasi yang diam-diam mencuri kuota data internet kita. Di hp saya, contohnya, aplikasi whatsapp otomatis mengunduh foto yang saya terima dan langsung memasukkannya ke folder penyimpanan. Padahal bisa diatur. Hehe.

- Ganti aplikasi ke versi yang lebih ringan, jika ada
Di hp saya, contohnya facebook. Aplikasi facebook memiliki tampilan yang sangat bagus dan memberikan kemudahan saat digunakan (mudah meng-upload foto, men-tag teman di foto, me-mention teman, dsb). Sayangnya, tentu saja, memakan banyak data internet. Untung sekarang ada aplikasi facebook lite. Meskipun tampilannya lebih sederhana dan penggunaannya tidak semudah facebook, tapi facebook lite bisa jadi alternatif ber-facebook-ria dengan lebih murah.

Sampai sekarang saya masih belajar menghemat kuota internet sih, dan apa yang saya jabarkan di atas mungkin kurang lengkap, ada yang keliru (cmiiw), atau tidak cocok untuk orang lain. Tapi saya pikir tidak ada salahnya kalau saya berbagi pengalaman menghemat kuota internetan dengan teman-teman pembaca. Siapa tahu ada yang mengalami hal yang sama seperti saya dan terbantu. Intinya, mudah-mudahan tulisan kali ini banyak manfaatnya, aamiin. Sudah dulu yaa, teman. Salaam!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

43 comments:

  1. Aku juga sering diomelin suami mak tp mang akhir2 ni boros bgt pemakaian kuota inet

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka nggak sadar gitu kan, mak... sama deh kita ^^ *toss

      Delete
  2. Bener banget mbak beberapa yang mbak sebutkan di atas yang biasa terlupakan bagi sebagian orang :D

    ReplyDelete
  3. Salam kenal dari bunda buat Yanet. Kalau bunda memang gak punya hape android (karena beberapa x hilang) jadi anak-anak dah bosan beliin bunda, hiks... Jarang juga nonton video or youtube or games. Cukup fb, twiter, postingan aja. Jadi 50ribu bunda pake sebulan pas. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, bunda Yati.. Waah, senangnya bisa pas sebulan, buuun. Alhamdulillah. Kalau Yanet sering kalap kalau main internet (modem), apalagi sekarang pakai android. Parah pokoknya.. xD Makanya nulis ini, sebenarnya buat ngingatin diri sendiri, bun.. hehe

      Delete
  4. Yanet, kebetulan bunda hanya perlu quota untuk internetan (facebook, twitter, postingan, blogwalking dan bales komentar2. Alhamdulillah 50ribu cukup untuk sebulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya Yanet juga kalau cuma yang penting-penting seperti yang Bunda sebutkan, juga mungkin bisa 50rb sebulan, cuma ya itu bun, masih suka kepo sama sesuatu, apalagi kalau gambar atau video. Main game juga kadang-kadang. Kesedot deh kuotanya. Kalau udah abis baru deh nyesel. Besok gitu lagi... :v

      Delete
  5. Duh saya juga

    kalo ngomongin kuota mendadak pelit bin medit. Kalo di tempatku sdh sampe 60 utk 2 gb. Kudu hemat bgt dah

    ReplyDelete
  6. Waaah iya maaak, saya merasa belakangan boros banget. Beli yang 10 gb ga nyampe dua bulan udah habis. Bangkrut -__- makasih ya maaak tips nya boleh dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba, semoga berhasil, maak... ^^ makasih kunjungannya

      Delete
  7. kalo aku kalo mau bikin postingan dan cari bahan,
    aku cari referensi dulu terus disimpan
    baru deh ditulis di word modemnya di matiin dulu hehee
    setelah selesai baru deh di post

    ReplyDelete
  8. Makasi mbak tipsnya. Kepake banget nih biar ga boros hehehe

    ReplyDelete
  9. Ih toss dulu mak kita sama bisa bablas kuota skjap gara2 nonton youtube tp skrg udah bljr brhmat lmyan bs thn 3 minggu . Tipsnya ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 minggu? aaaa, kereen.. saya juga masih belajar nih mak.. :D

      Delete
  10. wah, ini penting bgt.. saya biasanya 2GB sebulan cukup, skrg bisa nambah 1GB lg.. suka bgt streaming video sama baca webtoon..

    ReplyDelete
  11. Makasih tipsnya. Internetku unlimited tp kalo kuota udah habis ya lemot jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modem suami saya juga pakai yang unlimited, mak. Setelah kuota habis jadi lelet. Tapi suami sih hemat, kalau pas lelet juga sabar. Kalau saya nggak betah, makanya lebih suka yang limited tapi kalau bisa nggak terlalu mahal..

      Delete
  12. Saya juga agak boros nih.Tipnya sangat bermanfaat.Apalagi sy harus ngasih makan hp dan modem. Terima kasih.
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau bermanfaat. Sama-sama, makasih atas kunjungannya, Pakde..

      Salam hangat dari Pontianak yang lagi sering hujan ^^

      Delete
  13. aku gak pernah kontrol mba, tapi sebisa mungkin aku kalau ada wifi konek wifi hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kalau ada wifi sebisa mungkin pake wifi juga mbak han, cuma wifi tak selalu ada.. itu masalahnyaa... hahaha *ketawa getir

      Delete
  14. Masalah boros dalam penggunaan internet layaknya susah dihindari di era yang serba digital ini. Saya mungkin juga termasuk yang boros internet. Haha

    ReplyDelete
  15. Toss dulu, mba'. Suka gak enak sama suami, tapi ujung2nya dia belikan setelah lihat aku gak berkutik di depan laptop. Kayaknya internet sudah seperti sembako.

    ReplyDelete
  16. Kalau youtubean sih jarang malah nggak pernah tapi mau gimana ya internet harus tetap on karena tuntunan pekerjaan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyknya skrg udah jd tuntutan buat yg punya smartphone, mbak.. apalagi klo kerjaannya berhubungan dg internet, yaa.. hehe

      Delete
  17. hahah kecanggihan tekhnologi membuat isi dompet menguattt ya mba,
    menguatirkan maksudnya :)|
    memang sih saking cepetnya slancaran terkadang namanya kuota lebih tidak terkontrol,heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk.. menguatirkan..

      Iya mas, bangeet. Sampe2 harus menguatkan tekad supaya tetap hemat, hahaha. Makanya bisnis usaha kuliner ringan dg lokasi yg mnyediakan wifi skrg naik daun ya..

      Delete
  18. Wah tipsnya mantap mbak :D
    iya nih kadang sering suka streamingan jadi boros.. Apalagi kalau pas mau tidur gitu ane lupa matiin data paketnya. Huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhihihi... samaa! Kayaknya tipsnya harus ditambah nih: jangan maen hp sblm tdr, apalagi yg pake makan kuota.. :'D

      Delete
  19. Susah banget hemat kuota, apalagi kalau lagi asik-asik ngeblog, 5 GB cuma tahan sebulan :) thanks tipsnya dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak enak rasanya klo pas asyik ngeblog atau bw tiba2 kuota abis.. salam kenal juga mas fadli.. :)

      Delete
    2. Iya, nggak enak rasanya klo pas asyik ngeblog atau bw tiba2 kuota abis.. salam kenal juga mas fadli.. :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!