4.10.2015

Sedikit Tentang Anencephaly

Seorang sahabat lama saya berulang tahun. Kangen sekali rasanya, jadi sekalian saya hubungi via pesan singkat mengucapkan selamat ulang tahun dan menanyakan kabarnya. Alhamdulillah, kabarnya baik dan akan segera selesai penelitian dalam bulan ini. Jadi tinggal menulis, seminar, dan sidang. Alhamdulillah. Dia juga mengabarkan bahwa saat ini sedang hamil anak kedua. ~Aah, tidak terasa, dulu kami sama-sama hamil, hanya beda beberapa bulan. Saya senang sekali mendengar kabar kehamilannya itu. Tapi teks selanjutnya begitu mengejutkan saya. Dia berkata, janin dalam kandungannya didiagnosa anencephaly. Saya tidak tahu apa itu anenchepaly, tapi saya tahu itu sepertinya bukan kabar baik. Tanpa bertanya lebih lanjut tentang itu, untuk menjaga perasaannya, Saya langsung browsing internet..

Sedikit tentang anencephaly


Berdasarkan referensi yang saya baca, ternyata anencephaly adalah ketiadaan sebagian besar porsi otak, tulang tengkorak, dan kulit kepala yang terjadi selama perkembangan embrio. Gangguan perkembangan pada embrio ini terjadi antara hari ke-23 sampai 26 setelah pembuahan. Akibatnya struktur yang terbentuk hanya dilapisi oleh lapisan tipis membran (kulit, tulang, meninges, dll) yang semuanya kurang memadai.

:'(

Saya membaca lebih lanjut...

Penyebab anencephaly masih diperdebatkan, namun kekurangan asam folat diperkirakan menjadi faktor penyebab utama karena asam folat sudah terbukti penting untuk pembentukan sistem syaraf. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi asam folat sebanyak 0,4 mg per hari pada wanita usia subur dapat mengurangi 0,03% kelainan saraf pada janin. Inilah sebabnya mengapa wanita usia subur yang berusaha hamil atau kemungkinan hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat dalam menu harian. Tentu saja boleh dari makanan alami maupun suplemen tambahan. Tidak dianjurkan menunggu sampai kehamilan diketahui, karena masa kritis pembentukan syaraf sudah berlalu.

Saya jadi ingat, dulu dokter kandungan saya pernah menganjurkan kepada saya untuk merutinkan konsumsi asam folat ketika saya ingin program hamil lagi pasca Weissar tiada. Beliau berkata akan lebih baik jika rutinitas tersebut dipersiapkan 3-4 bulan sebelum kehamilan.

asam folat dan kalk
suplemen tambahan asam folat (dan kalk)

Penyebab lain yang diperkirakan berpengaruh adalah dari faktor genetik. Studi tentang hubungan genetik menunjukkan bahwa seorang wanita yang telah memiliki satu anak dengan kelainan perkembangan sistem syaraf (seperti anencephaly) memiliki probabilitas sekitar 3% memiliki anak lain dengan kasus serupa. Oleh karena itu konseling genetik pada wanita dengan resiko lebih tinggi tersebut, ditawarkan untuk membahas tes lain yang mungkin perlu dilakukan.

Selain dua penyebab tersebut, anencephaly mungkin juga dapat disebabkan faktor kimiawi. Penggunaan obat-obatan tertentu yang tidak cocok dipakai saat hamil (seperti pengobatan epilepsi dan diabetes yang tergantung insulin); serta terkena paparan toksin tingkat tinggi (seperti timbal, kromium, merkuri, dan nikel) juga diduga menjadi faktor pemicu kelainan sistem syaraf pada janin.

Untuk info lebih banyak mengenai anencephaly, silakan baca di sini.

Akhirnya, sebagai seorang muslim tentunya saya percaya: di atas semua alasan itu, apapun yang terjadi di dunia ini pasti atas kehendak Illahi. Manusia hanya bisa berusaha sebaik mungkin, selebihnya, Tuhan lah yang menentukan.

Saya sangat yakin sahabat saya sudah berupaya semampunya. Apalagi mengingat ia pernah hamil sebelumnya, jadi pengetahuan akan kehamilan sedikit banyak pasti sudah ia miliki. Menyikapi ini, sahabat saya itu tidak menyerah. Kabarnya ia akan memeriksakan kandungannya di dokter lain, untuk mendapatkan secondary opinion. Saya sangat berharap diagnosa anencephaly itu keliru dan dedek bayi di rahimnya tumbuh normal. Aamiin. Mohon doa dari teman-teman pembaca semua yaa, karena Insya Allah doa dapat mengubah takdir (dengan seizin-Nya)...

Baiklah, sekian dulu untuk hari ini. Semoga postingan singkat ini bermanfaat untuk teman-teman semua ya, terutama bagi yang sedang program hamil seperti saya. Salaam!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

7 comments:

  1. Betul betul betul. Banyak yang nyaranin setelah nikah rajin minum Folavit :D

    ReplyDelete
  2. Tarik nafas, baca detail, dan berdoa yg terbaik utk temannya Mba Yanet.
    Btw semoga kita bisa lekas hamil ya. Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sampai mau nangis pas tau, Mbak. Mudah2n apapun diagnosa akhirnya, semoga dia dan suami tetap berhuznudzon kpd Allah, aamiin. Makasih doanya yaa..

      Aamiin. Insya Allah waktunya akan tiba di saat yg tepat, ya, Mbak Pit. :)

      Delete
  3. Semoga temen Mbak diberikan jalan yang terbaik yah.. Aamiiin..

    Sedih banget baca penjelasannya :' Kebayang perasaan sang ibu :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih, Beby..

      Iya, apalagi pas liat foto kasusnya.. :'

      Delete
  4. Smg teman adx diberi kesabaran dan diberi jalan kemudahan dlm mengatasi cobaan ini...Kita sama2 berdo'a untuknya...Allah Yg Maha Pengasih dan Penyayang...Allah Yg Maha Mengetahui..memberikan yang terbaik.. Allah memberi cobaan bkn tanpa tujuan..Insya Allah...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!