6.11.2014

Mendaftar E-Banking (+ Tips)

Dua hari yang lalu saya mendaftar e-banking. Ternyata tidak seribet yang dibayangkan. Ini yang saya lakukan..

Saat masuk bank langganan, pak satpam dengan ramah bertanya keperluan saya. Saat bilang ingin mendaftar e-banking, maka saya diarahkan ke mesin ATM yang berada di depan bank terlebih dahulu untuk mendaftar dan aktivasi layanan. Tinggal pilih menu "pendaftaran e-banking" dan buat ACCESS CODE sendiri. Kalau tidak salah 6 angka. Pastikan pasword ATM dan kode akses kita tidak diketahui siapapun yaa (termasuk pak satpam yang membantu)
** Sebenarnya untuk mendaftar ada cara alternatif lain, yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran layanan yang ada di cabang, tapi ini cukup makan waktu karena harus menunggu kiriman ACCESS ID ke email dan ACCESS CODE dalam amplop tertutup..**

Selanjutnya saya kembali masuk ke bank. Oleh pak satpam, saya disodori "formulir permintaan/keluhan nasabah" untuk diisi. Selain itu buku tabungan, kartu identitas dan kartu ATM dipinjam sebentar untuk difotokopi. Selanjutnya tinggal menunggu nomor antrian dipanggil. Untuk langkah ini, pastikan buku tabungan, kartu identitas dan kartu ATM kembali lengkap dan tidak tertukar dengan milik siapapun.
*Terima kasih pak satpam*

token e-banking
Ini yang namanya token :)
Di meja CS saya dilayani oleh petugas wanita yang tak kalah ramah dengan pak satpam. Setelah menyelesaikan syarat pendaftaran, saya dipersilakan membuat user ID dan PIN internet langsung dari komputer petugas tersebut. Setelah itu saya diajarkan menggunakan token. Token adalah sarana pengamanan transaksi finansial yang dapat menghasilkan PIN dinamis setiap melakukan transaksi finansial. Saya cukup banyak menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti tentang hal ini. Lebih lanjut bisa baca buku petunjuk yang disertakan di dalam kotak token nya..:)

Untuk token hanya perlu bayar 20 ribu rupiah, bisa langsung bayar atau ngantri di kasir. Tapi kalau ngantri bisa lama (tergantung antrian juga sih), jadi mendingan bayar langsung. Kalau lupa bawa uang tunai, sebaiknya ambil sekalian pas mendaftar di ATM. :)

Gitu deh. Alhamdulillah semua lancar. Semoga dengan ini niatan saya memulai bisnis online juga semakin lancar. Aamiin ya rabbal alaamiin...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!