1.26.2022

Seharusnya...

Ketika ada seseorang yang bercerita kepadamu tentang betapa ia menyesali sesuatu, cobalah untuk menahan dirimu dari berkata "seharusnya waktu itu kamu begini dan begitu".

Kenapa? 

Karena berbicara tentang masa lalu adalah percuma. Itu hanya akan menambah beban hati dan pikirannya. Dan mungkin akan muncul penyesalan lainnya: penyesalan telah terlalu banyak bercerita.

Bicara tentang penyesalan kepada orang lain secara terbuka adalah sesuatu yang sulit. Mungkin seseorang memilih bercerita denganmu karena ia percaya kepadamu. Mungkin ia hanya ingin didengarkan. Mungkin ia terlalu lelah overthinking. Mungkin ia ingin meringankan beban hatinya. Mungkin ia hanya ingin berhenti menyalahkan diri sendiri dan berharap kamu menenangkan hatinya. Atau mungkin hormon sedang menyerangnya dengan brutal. 

Pikirkanlah berbagai kemungkinan sebelum berkata hal yang membuat sesorang semakin menyesali diri. Kedepankan hati dari otak barang sebentar. Nanti, saat ia tidak lagi menangis saat bercerita kepadamu, barulah kamu sampaikan isi otakmu yang brilian dan realistis itu.


Khatulistiwa, Januari 2022