9.23.2014

Pontianak Punya (Banyak) Cerita

Arrrgggh... Sebeeeeel sekali. Setiap kali googling tentang kota Pontianak tercinta, selaluuu saja muncul gambar wanita kucel-berambut hitam pekat panjang sepinggang-berbaju putih-dengan senyum menyeringai itu. heuheu..

No need to mention. -_-
Memang sih, kisah asal usul kota Pontianak sering dikait-kaitkan dengan cerita si embak-embak tersebut, tapi cerita tentang Pontianak kan tidak melulu soal si dia. :(  Pengen rasanya googling tentang Pontianak (terutama gambar) tanpa harus terkaget-kaget melihat seringainya si doi. Coba bayangkan, jika ada wisatawan yang ingin mencari info atau peta kota Pontianak. Bisa-bisa visit Pontianak jadi nggak laku karena banyak yang sawan hati. Urung karena kesal dikagetin si embak...

Banyak cerita yang bisa diangkat tentang Pontianak, selain cerita si embak tentunya. Misalnya saja tentang Tugu Khatulistiwa, Sungai Kapuas, kuliner-kuliner khas yang yummy, spot-spot yang menarik untuk dikunjungi, aktivitas dan kegiatan yang khas Pontianak, komunitas-komunitas yang banyak manfaat, tokoh atau pahlawan dari Pontianak, dan sebagainya. Bagi yang senang dengan sejarah dan asal-usul, cerita asal nama jalan atau gang yang khas pun bisa ditelusuri (kalau mau).

Lagipula kisah si embak sudah banyak yang nulis. Orang seantero nusantara sudah berpartisipasi mengetrenkan doi. Cerita, foto, bahkan film nya ada banyak. Kalau dikumpulkan dan dijadikan album, mungkin album foto selfie kita kalah dengan koleksinya si embak.

Jadi, yuk, kawan, kita sama-sama upload foto-foto yang bermanfaat, bukan yang menyebar horor. Kita trenkan kota Pontianak tentang hal-hal positifnya. Mari kita berharap tulisan dan foto yang kita bagikan bisa berguna. Siapa tahu dokumentasi kita bisa berkontribusi bagi ilmu pengetahuan suatu saat nanti, bahkan ketika kita telah tiada di bumi. Semoga tulisan kita juga bisa menumbuhkan kecintaan akan kota Pontianak, minimal bagi kita sendiri. Syukur-syukur jika bisa menarik rasa penasaran orang lain untuk mengenal kota Pontianak lebih dekat, lalu membuatnya cinta.

Saya tahu sudah ada blogger-blogger Pontianak yang rajin menuliskan keindahan kota kita, tapi sepertinya itu belum cukup. Kita harus berpartisipasi, bergerak bersama mencapai impian indah ini:
mengetikkan kata kunci "Pontianak" tanpa rasa khawatir melihat terlalu banyak penampakan horor, melainkan memunculkan rasa bangga melihat tampilan keindahan kota Pontianak sebagai ibukota Kalimantan Barat tercinta.
Berpose di Alun-alun Sungai Kapuas, Pontianak Kota Khatulistiwa
Upload foto-foto menyenangkan, seperti ini.
Ini waktu saya dan teman saya, Alexandra, jalan-jalan ke Alun-alun Sungai Kapuas.. :)
(Dok. J.P. Pawa)
Oke deh. Karena sudah larut malam, mari kita beristirahat, kawan. Good night, sleep tight, sweet dreams. :) Jangan mimpiin si embak, yah. hehehe..