4.19.2017

Nyobain Aplikasi Blogging di Smartphone

Pagi ini scrolling di facebook. Saya tak sengaja melihat link yang membahas tentang aplikasi smartphone untuk blogging. Penasaran dong, jadi baca-baca, siapa tahu ada yang bisa dicoba. Eh, ketemu yang menarik. Katanya sih bisa disinkronkan dengan laptop. Nama aplikasinya, evernote.

Adakah teman-teman punya aplikasi ini juga di hp?


Sebenarnya sih saya sudah punya aplikasi blogging di smartphone saya. Namanya blogaway. Dulu saya pernah cerita di sini. Aplikasi ini cukup ringan, praktis, dan mudah digunakan, tapi saya tetap merasa agak susah mengeditnya --terutama karena tidak ada pilihan jump break-nya, hehe. Maka demi memuaskan jiwa perfeksionis, jika menggunakan blogaway, saya hampir selalu mengedit ulang postingan yang sudah tayang di laptop. Melelahkan. Ujungnya, saya kembali menggunakan laptop, mengetik di notepad dulu baru post di blog. Tidak kalah melelahkan karena lama duduk. :p  *ada aja

Nah sekarang, apakah aplikasi evernote sesuai harapan?

Berhubung sekarang saya baru coba dan hanya menggunakan aplikasi evernote gratisan tak berbayar (modal mengunduh dari Play Store) jadi untuk sementara, masih bingung, masih coba-coba. Masih perlu eksplorasi. Ini saja saya bolak-balik lho, nyobain fasilitas gratisan yang ada. Belum ketemu opsi posting di blog, atau memang tidak terhubung ke blog ya? Hmm..

Bukannya kenapa-kenapa. Smartphone saya itu selalu hang kalau membuka dashboard blog dengan chrome.

Setelah dicoba, menurut saya, aplikasi ini enak dan ringan buat mengetik. Tampilannya simpel dan mudah digunakan. Opsi jump break-nya juga ada, hhihi. Yang jelas, aplikasi ini memudahkan menulis ide langsung di hp dalam posisi apapun. Berbaring, misalnya. Kalau pakai notepad kan harus menyalakan laptop dulu, duduk tegak supaya tidak sakit punggung, dsb.

Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga bisa disinkronkan dengan laptop. Jadi walaupun tidak bisa langsung saya post di blog (seperti aplikasi blogaway), saya tidak perlu repot mengetik ulang. Tinggal buka di laptop, bisa langsung copas. Sayangnya, setelah dicoba copas dan preview di blog, ternyata tampilan formatnya berubah jadi mirip kalau pakai word. Jadi supaya formatnya mengikuti format tulisan blog, saya copas dulu di notepad supaya formatnya terhapus. Ini sih sama saja saya ngeblog via laptop, kalau begini ceritanya.. :D

Satu lagi, catatan rawan hilang kalau sinyal hilang. Maklum, gratisan harus online. Tadi kejadian, soalnya. Jadi mikir, walaupun enak dipakai tapi susah juga kalau tidak punya sambungan internet atau ada sinyal tapi putus sambung, bisa-bisa jadi tidak bisa menulis deh. Bisa sih menulis offline, tapi harus upgrade, sementara harga premium per bulan nya lumayan --menurut saya.

Okelah. Nanti kalau ada perkembangan baru dalam per-blogging-an via smartphone, insyaallah saya cerita lagi. Untuk sekarang, ini dulu. Semoga bermanfaat. Sampai nanti! ;)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

  1. Evernote gu bawaan hp lenovo bisa offline itu mb. Jadi tanpa kuota tetep bisa buka file lama.

    Tapi evernote yang aku install di notebook, harus posisi online..baru bisa. Aku juga nggak ngerti, apa mungkin beda versi.

    Tampilan juga enak yang di hp. *ato mmng karena sudah biasa pke hp.

    Nggak bisa langsung publish sih..mesti co pas ke aplikasi ngeblognya.

    ReplyDelete
  2. pakai aplikasi blogway kayanya agak ribet yah ka. Soalnya jadi kerjanya dua kali. Itu sih pendapat saya yah ka.. hhe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!