6.29.2015

Blogging via Android

Setelah beberapa hari ini mencoba nge-blog via android, ternyata ada plus minusnya ya. Hmm...

Sebelumnya, ada 2 aplikasi yang sudah pernah saya coba. Aplikasi yang pertama kali saya unduh adalah blogger dari google inc. Coba pertama, cukup praktis. Eh tapi terlalu praktis, ding. Saya yang sudah sangat-sangat terbiasa mengatur ini itu sebelum posting, merasa kurang nyaman dengan kekuranglengkapan fitur blogger dari google tersebut. Plus yang paling membuat saya frustasi adalah sangat sulit diedit. Karena tidak puas, saya coba cara lain ngeblog via android.

Percobaan kedua adalah dengan chrome! Tampilannya sama dengan tampilan blogger via laptop. Hanya, sayang disayang, tampilannya mini. Jari saya yang sering typo tambah parah typo-nya. Heuheu. Bisa sih dibesarkan, tapi susah navigasinya.

Oke, selanjutnya saya cari deh aplikasi blogging, di playstore. Ada cukup banyak, tapi karena platform blog saya blogger, jadi pilih-pilih lagi. Setelah ngintip reputasi dan contoh tampilan di playstore tersebut, pilihan saya jatuh kepada blogaway.

Menurut saya, blogaway cukup nyaman digunakan. Ada fitur atur jadwal, tambah foto, menautkan link, mengedit, memberi label juga cukup mudah. Masalah typo sih tetap ya, mungkin karena masih belum terbiasa, tapi secara keseluruhan, cukup memuaskan. Minusnya, foto yang ditambahkan jadi tampil di bagian paling atas postingan dan tidak bisa diatur letaknya. Dan buat saya, itu cukup mengganggu. Ujung-ujungnya, tetap edit di Zube yang sekarang sering lelet deh. Tapi lumayan sih, supaya tetap semangat ngeblog. Sip.

Rencananya saya akan tetap menggunakan blogaway untuk ngeblog via android saya ini, sambil mengeksplorasi fiturnya lebih lanjut. Di akhir pekan baru diedit supaya lebih rapi, plus untuk menjawab komentar blog dan blogwalking. Mohon maaf buat komentar teman-teman yang lama dijawab dan dikunjungi balik, ya... Salaam!