12.20.2015

Catatan Akhir Pekan

Akhir pekan adalah waktunya berkumpul bersama keluarga. Karena itu, hari ini saya mau cerita momen keluarga saja.



Pagi ini, Mama' demam lagi. Beberapa hari sebelumnya, hari Jumat, beliau mengeluhkan sakit perut. Setelah diperiksakan di klinik dekat rumah, dokter mendiagnosa beliau gangguan pencernaan karena "salah makan". Oleh dokter diberi beberapa obat, salah satunya obat antibiotik. Karena merasa tidak salah makan, Mama' menolak minum obat yang diberikan dokter. Mengingat konsumsi antibiotik tidak boleh sembarangan, saya dan Kakak mendukung keputusan Mama' tersebut. Mama' hanya meminum vitamin B kompleks saja.

Keesokan harinya (kemarin), Mama' kembali sakit perut, kali ini disertai peningkatan suhu tubuh. Mama' demam. Sekitar pukul 5 sore Bapak mengantar Mama' ke klinik. Kali ini klinik yang berbeda, untuk mendapat second opinion dokter. Dari diagnosa dokter, ternyata Mama' kena tipes atau thypus. :'  Beliau diresepkan obat untuk maag, penurun demam, untuk lambung, dan antibiotik. Ini lebih masuk akal daripada diagnosa salah makan. Setelah makan bubur kuaker dan minum obat yang diberikan dokter, beliau tidur lebih awal. Hampir tengah malam beliau bangun dan saya memeriksa suhu tubuhnya, alhamdulillah sudah normal.

Pagi tadi, Mama' kembali demam. Sarapan pukul 6 pagi dilanjutkan minum obat. Setelah beberapa saat panas tubuhnya kembali normal, namun keluhan sakit perut masih ada. Kaki dan pinggangnya juga masih agak sakit (baru diketahui setelah ditanya karena Mama' suka diam-diam kalau sakit). Pinggang dan kakinya yang pegal dipijit-pijit sambil kami nonton runningman bersama. Lumayan, jadi lebih rileks.

Seharian ini Mama' makan bubur lembut plus kecap. Menurut kenalan perawat, penderita tipes sebaiknya menghindari makanan yang bertekstur keras dan berserat. Sebaiknya tanpa berbumbu macam-macam agar tidak merangsang kerja pencernaan lebih berat. Paling-paling hanya garam dan itupun tidak boleh banyak karena beliau punya riwayat darah tinggi dan sedang berhenti minum air rebusan rosella. Beliau tidak makan abon dan telur karena ada masalah kolesterol. Kami masih bingung sebaiknya menambah apa di menu harian Mama' kalau sedang sakit seperti ini. Untungnya beliau tidak mengeluh dan mau saja makan berkali-kali dalam jumlah sedikit.

Siang pukul 2, Mama' kembali minum obat. Kali ini setelah minum obat justru demam dan keringat dingin, tapi syukurnya hanya sebentar. Jadwal minum obat selanjutnya adalah pukul 10 malam, semoga nanti-nanti tidak demam atau sakit perut. Mohon doa untuk kesembuhan Mama' saya ya, teman-teman.

Eh, ini jadi ngomongin tentang tipes nya Mama', ya. Padahal tadinya agak bingung mau cerita apa. Hehe.

Oh ya, malam ini Kanda dalam perjalanan ke Pontianak. Yey! Senangnyaa. Mudah-mudahan perjalanannya aman dan lancar jaya. Aamiin.. ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!