8.18.2015

Putu Piring

Kue putu adalah salah satu camilan khas dan tradisional dari Indonesia. Di Pontianak, ada beberapa jenis kue putu. Ada putu bulloh/ putu buluh atau putu bambu (seperti yang saya ceritakan), ada putu piring, ada juga putu mayang. Tapi untuk kali ini saya mau cerita sedikit tentang putu piring..


Di Kalimantan Barat, putu piring punya beberapa nama lain. Ada yang menyebutnya putu piring, ada yang menyebutnya putu mangkok, ada juga yang menyebutnya putu cangkir. Semua itu terinspirasi dari wadah cetakannya. Jaman dulu, kue yang berwarna putih ini dibuat dengan cetakan mangkok kecil, piring kecil, ataupun cangkir kecil. Jadi deh namanya lucu-lucu.

Berhubung dari kecil saya memang suka kue putu piring, jangan ditanya rasanya karena saya pasti akan jawab: enak! Hehe..

Rasa putu piring kurang lebih saudaranya, putu buluh. Keduanya terbuat dari tepung beras, diisi gula merah dan dibalut kelapa yang gurih. Meskipun serupa, tapi warna dan rasanya agak berbeda. Kalau putu piring berwarna putih, putu buluh berwarna hijau. Ukuran dan bentuknya juga mudah dibedakan.

Penjual putu piring biasanya menjual dagangannya dengan gerobak dorong tapi mangkal (menetap) di satu tempat. Di Pontianak, sejauh ini, ada satu tempat penjual putu piring yang paling saya dan keluarga sukai, yaitu di Sungai Jawi dekat simpang Pancasila. Adonan putunya pas, isi gula merahnya banyak sampai meluber-luber, kelapanya gurih. Hmmm, yummy.. ^^


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

  1. Di sini juga ada kue putu, beda bentuk aja. hehe. :D

    ReplyDelete
  2. beberapa hari yang lalu lagi pingin banet makan kue putu,tapi di Siak jarang yang jual hehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!