7.08.2015

Cara Mudah dan Efektif Menghilangkan Ketombe

Ketika pulang ke rumah, sudah beberapa kali saya mendengar Mama' mencetuskan keinginan kuatnya untuk memangkas habis rambutnya. Alasannya, ketombe.

Dulu waktu Mama' dan Bapak ke Bogor, beliau juga pernah sih berkata seperti itu, tapi tidak terlalu saya tanggapi karena tidak menyangka, ternyata masalah ketombe yang beliau alami ternyata sangat parah. Setelah saya cek sendiri, kulit kepala Mama' ternyata memang sudah parah sekali ketombenya. Selama ini ternyata beliau menangani ketombenya dengan shampoo anti ketombe namun tidak mempan, malah tambah parah. Saya jadi ingat, dulu juga seperti beliau, ketombean dan setelah ber-shampoo khusus malah tambah parah. Apalagi kan saya pakai jilbab yang menutup kepala, lebih parah lagi. Untunglah beberapa waktu lalu saya mendapatkan metode merawat rambut sendiri yang cocok untuk saya, termasuk untuk urusan ketombe. 

Beberapa hari lalu saya meminta Mama' mencoba metode oil scalping. Kalau biasanya saya menggunakan minyak urang-aring, untuk Mama', untuk kali ini saya coba menggunakan minyak zaitun atau olive oil. Sebenarnya bisa dengan jenis minyak lain seperti minyak kelapa, kemiri, jarak, atau cem-ceman, sih. Cuma karena di rumah pas persediaan minyak zaitun saja yang ada di lemari saya, maka percobaan pun dilakukan dengan minyak zaitun.

Caranya cukup sederhana. Saya hanya melumuri kulit kepala Mama' dengan minyak zaitun lalu dipijat ringan dan digosok pelan dengan ujung jari (bukan kuku). Setelah dibiarkan beberapa saat, beliau saya minta keramas dengan shampoo bayi yang lembut atau shampoo yang diencerkan. Sehari setelah percobaan itu, Mama' berkata kalau ketombenya sudah sangat jauh berkurang walaupun masih tersisa sedikit di beberapa tempat yang kurang saya perhatikan kemarinnya. Alhamdullillah.

Begitulah pengalaman dan cara saya mengatasi ketombe. Maaf tidak ada foto dokumentasi ya. Semoga bermanfaat. ;)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment:

  1. Minyak di kepala itu nanti abis kah kalo kena shampoo bayi Mbak? Saya udah geli aja membayangkan kepala saya berminyak *Cemen banget emang..huhu...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!