5.02.2013

Cemilan Hari Ini (+random tips)

Sepulang dari pemeriksaan di dokter kandungan, Kanda membawa saya jalan-jalan sekalian belanja beberapa keperluan bulanan keluarga yang stoknya sudah menipis. Kami pergi ke pasar swalayan favorit kami yang kebetulan tidak terlalu jauh dengan klinik dokter.

Hari ini lupa bawa catatan belanjaan! :(
#Nah, ya, tips buat ibu-ibu muda yang sedang melakukan program penghematan keuangan keluarga, biasakan buat catatan belanjaan dan jangan lupa dibawa! :p



Berbekal daya ingat, kami berdua menjelajahi swalayan tersebut. Alhamdulillah, segala keperluan yang memang sedang diperlukan bisa diingat, meskipun jalannya jadi bolak-balik. Tapi saya menikmati saja, toh pengunjungnya tidak terlalu ramai. Mungkin karena masih pagi menjelang siang... :)

Karena berkeliling ria, alhasil mata pasti menangkap sinyal-sinyal yang menggoda dari barang-barang yang dipajang di sana. Yang pasti saya inginkan (wants) di luar keperluan (needs) saat ini adalah cemilan! Hehe... Sebenarnya saya enggan juga minta belikan ini-itu. Tapi bersyukuuuur sekali punya suami yang pengertian, Kanda malah mendukung saya. Yaah, maklum orang hamil lah, sepertinya. Kanda malah bilang, saya memang perlu cemilan, tapi tentu saja cemilan sehat. Masalahnya, cemilan sehat di pasaran susah sekali ditemukan. Jadi kita harus ekstra pilih-pilih. Makanya jatoh-jatohnya biasanya ngemil buah. Tapi buah enak kok! :)

Sekedar berbagi saja, selama kehamilan ini saya memang dipantangi oleh Kanda makan sembarangan. Pernah saat di trimester pertama, kami kecolongan karena kurang ilmu dan kurang teliti: es krim!

Yip! Ibu hamil sebaiknya mengurangi konsumsi es krim. Demikian juga susu yang tinggi vitamin A (pokoknya, lihat tabel kandungan gizi dalam kemasan dulu sebelum beli). Boleh saja sih dikonsumsi, tapi jangan terlalu banyak... Batasi lah, walau kita semua tau es krim itu... #glek! :p
Alhasil sampai hari ini detik ini, saya diet es krim. Walau awalnya beraaat sekali membuang hasrat makan es krim #slurp! Tapi alhamdulillah setelah terbiasa dan mengingat ini bukan hanya untuk saya tapi utamanya untuk si kecil, saya rela dah... So, bye bye es krim! See you next time! Ntar kalau sudah lahiran dan lepas sesi menyusui, baru deh... Klo rejeki juga nggak kemana, kan?
#MonologMenghiburDiri :p

Lalu, kurangi konsumsi MSG. Nah, yang ini terus terang, agak berat bagi saya, terutama karena kebiasaan yang kurang sehat dan memang untuk menemukan makanan non-MSG di Indonesia ini memang agak sulit. Apa-apa pakai micin alias vetcin bin MSG. Saya yang selama (sebenarnya sebelumnya juga sih) lebih doyan makan mie daripada makan nasi, jadi agak tersiksa gimanaaa gitu. Apalagi saat masih mengalami morning sickness beberapa waktu lalu... Tapi, lagi-lagi untuk kesehatan si kecil, cemilan dengan MSG, bye-bye... See you sometimes (nah loh?)

Iya, ngaku sih, saya kadang-kadang masih minta izin makan mie instan. Untungnya punya suami yang paham kesehatan, jadi jarang permintaan memelas saya dikabulkan. Boleh makan, tapi sangat dibatasi. Dalam sebulan mungkin hanya sekali atau dua kali saja. Itupun dijeda cukup lama.

Hmmm, apa lagi ya? oh ya! Tentang minuman, ibu hamil sebaiknya mengurangi minum kopi, teh, coklat, dan soda. Kafein dalam jenis minuman tersebut dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan dan menyebabkan kehilangan kasium dari tubuh. Oleh karena itu kebiasaan mengkonsumsi kombinasi minuman tersebut lebih dari dua gelas per hari sebaiknya diperbaiki. Yang perlu diperbanyak adalah minum air putih. Kalau lidah terasa pahit, boleh divariasikan dengan jus buah. Susu juga penting untuk bayi, terutama yang tinggi kalsium, asam folat dan zat besi. Tapi sekali lagi ingat, kalau vitamin A nya tinggi, sebaiknya tetap dibatasi, ya.

Hal penting lainnya:
Sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan tanpa konsultasi dokter, baik obat oral maupun obat luar. Soalnya ada loh, obat luar yang sebaiknya tidak digunakan saat hamil, misalnya krim pemutih wajah atau hand body lotion dengan pemutih. Lebih baik yang alami-alami aja deh... Tapi kalau masih dirasa perlu, konsultasikan ke dokter supaya lebih plong. ;)

Nah, gitu deh, sedikit tips ringan buat ibu hamil dari saya.
Hasil buruan hari ini, snek ikan buatan luar (non-msg), nata de coco, dan kwaci. Dan alhamdulillah sudah dinikmati beramai-ramai dengan keluarga tadi siang. :)
#Bahagia

Oke, segitu dulu. Semoga bermanfaat ya! :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!