8.17.2015

Sape'

Siang hari ini, saya dan keluarga mengunjungi rumah salah seorang saudara yang terletak di kawasan Pontianak Timur. Karena kami berdomisili di Pontianak Tenggara, maka kami melewati jalan raya A Yani. Pas di lampu merah simpang 4 Jalan A Yani itulah, di bawah teriknya matahari khatulistiwa, saya dan suami melihat sebuah alat musik tradisional yang dibawa oleh salah seorang pengendara di depan kami.


FYI teman-teman, alat musik ini bernama sape'. Sape' adalah alat musik tradisional Dayak. Bentuknya mirip kecapi dan gitar. Cara memainkannya dengan dipetik. Bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ini sangat unik.

Menurut saya pribadi, bunyi alat musik sape' hampir selalu membuat saya merasa bahwa saya berada di kedalaman hutan tropis yang sejuk, dengan dedaunan hijau yang basah dan air sungai yang mengalir di riam kecil, menabrak bebatuan kali. Seperti dibelai angin hutan dan diperciki air sungai yang segar. Membuat kita merasa dekat dengan alam, menenangkan..

Mungkin pendapat saya di atas terkesan berlebihan, tapi saya yakin saya tidak sendiri. ^^  Kalau kamu, teman, apakah sudah pernah mendengar bunyi alat musik tradisional ini?


Indonesia memang tak hanya kaya kekayaan alam, yaa, tapi juga kaya budaya. Sekalian deh, dirgahayu 70 tahun Republik Indonesia!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!