3.28.2015

Waspada Begal ATM

Kalau beberapa waktu belakangan kita sering mendengar kata begal motor, kemarin malam saya kembali dibuat ternganga karena aksi begal modus terbaru, begal di ATM!

Waspada Begal ATM



FYI. Begal adalah kejahatan perampasan yang melibatkan fisik. Misalnya begal motor, biasanya begal motor menjatuhkan pengendara lalu mengambil motornya. Padahal mencuri motor di parkiran saja sudah jahat luar biasa, ini ditambah melukai pula. Kejam ya!

pengertian begal menurut KBBI
Pengertian begal menurut KBBI. Biar lebih jelas, silakan di klik.

Nah, setelah modus begal motor populer karena kekejamannya, ternyata sekarang sudah ada varian modus pembegalan terbaru yang menurut saya lebih seram lagi: Begal ATM. Jadi si begal terku*uk pura-pura ikut mengantri di belakang korbannya. Begitu sang korban mengambil uang, begal langsung beraksi. Korban dipukul lalu uangnya diambil. Astagfirullah, kok tega sekali ya... *kehabisan kata-kata

waspada begal!

korban begal ATM
sumber: Suci Natalia

Di foto tersebut menunjukkan kejadian terjadi di saat masih terang (siang) dan korbannya adalah seorang pria. Jadi kejadian ini tidak terkait waktu kejadian maupun genre korban. Kejadian tersebut pasti sangat cepat dan tiba-tiba sehingga korban tidak sempat melawan dan berdarah-darah seperti itu. :'(  Tega sekali..

Heran, sekarang penjahat berani sekali beraksi di siang bolong. Bahkan melakukan kejahatan pun tidak lagi dengan sembunyi-sembunyi, sudah tidak tahu malu dan tak berperikemanusiaan! Jahat! Astagfirullah, jadi ngomel deh... -_-

Dari info yang saya baca, kurang jelas apakah di lokasi kejadian sepi, dan bagaimana begal kabur dari TKP. Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri sendiri? *mikir

- Usahakan tidak sendirian saat mengambil uang.
Walau repot dan mungkin kurang efektif (di ATM yang ada CCTV saja bisa kejadian), tapi semoga kalau tidak sendirian si begal jadi mikir 2 kali sebelum beraksi. Setidaknya kalau ada apa-apa (naudzubillah), teman kita bisa mencatat kendaraan pelaku, atau syukur-syukur bisa menyerang balik si begal.

- Pilih ATM tertutup yang lebih private.
ATM tertutup biasanya ada di dekat bank. Dengan adanya pembatas dinding kaca, probabilitas keselamatan lebih tinggi dibandingkan di Galeri ATM yang tak berpembatas. Ini memang hanya langkah pencegahan karena yang namanya orang jahat bisa saja menerobos masuk begitu saja. Kerugian mengambil uang di ATM tertutup adalah lebih sulit ditemukan dibandingkan Galeri ATM besar, dan biasanya harus ngantri karena jumlah mesin ATM-nya sedikit.

- Pilih Galeri ATM yang tidak sepi.
Sama seperti poin-poin sebelumnya, poin yang ini juga agak repot, bersifat preventif, dan mungkin kurang efektif. Masa' kalau pas galeri ATM nya kebetulan sepi, harus urung mengambil uang yang diperlukan, ya kan? Tapi sebaiknya kita ingat, ramai saja tidak menjamin keamanan, apalagi sepi.

- Tetap waspada ketika mengambil uang.
Sekedar info. Ada cermin kecil di mesin ATM yang berfungsi untuk membantu melihat situasi di belakang kita tanpa perlu menoleh. Jadi kalau ada yang aneh atau janggal, jangan ragu pasang ancang-ancang atau mengelak.

Oh ya, kalau di galeri ATM yang kita singgahi sepi tapi ada orang yang berdiri di belakang kita, ini sangat harus diwaspadai. Ada mesin ATM lain yang tidak dipakai kenapa memilih ngantri di belakang kita, kan?

- Berdoa sebelum berangkat dari rumah.
Sebagai orang yang beragama, saya percaya pada kekuatan doa. Tidak ada salahnya selalu berdoa meminta perlindungan kepada Tuhan YME. Doa malah sangat dianjurkan, kan? Insya Allah tidak ada doa yang sia-sia. Eh, tapi bukan berarti korban begal adalah orang yang lupa berdoa ya, karena bisa jadi Tuhan memang sedang menguji mereka dengan musibah. Ini harus dipahami.

Apa lagi ya? Hmm.. Saya tidak tahu lagi. Maaf kalau tipsnya terlalu umum. Kalau teman-teman punya info atau tips lain tentang hal ini, silakan tinggalkan di kolom pesan yaa. Saya bingung soalnya.

Akhir kata, semoga saya dan teman-teman pembaca  beserta keluarga selalu dalam lindungan-Nya, semoga tren kejahatan biadab ini segera padam dan semoga para begal mendapat ganjaran setimpal oleh Tuhan yang Maha Adil dalam membalas. Aamiin ya Rabbal alamin..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 comments:

  1. hmmm ngeri ya Mbak.....
    tuh emang gak ada satpamnya yaa?
    harusnya di setiap atm itu ada satpamnya, biar aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ngeri Mbak.. Makanya saya bagikan, supaya kita bisa lebih waspada.

      Saya kurang tahu satpamnya ada atau nggak. Dapat infonya cuma dikit, nggak ada kronologis kejadian. Mudah2n korban di atas bisa segera pulih. Kasihan, banyak darahnya. :((

      Harusnya sih gitu, ya, Mbak..

      Delete
  2. Aduh.. Serem banget, Mbak.. :(

    Zaman sekarang mesti hati-hati banget yah. Uda ngga bisa lagi sendirian ke mana-mana. Harus ada temennya :'

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!