12.16.2014

Malware Malware Everywhere

(sumber gambar: goodmenproject.com)
Entah kapan berm‬ula, Jum‬at siang tam‬pilan blog saya tiba-tiba jadi horor. Sewaktu saya dan Kanda sedang menyetel header blog saya, ada penam‬pakan gam‬bar tak biasa yang m‬enggantikan banner KEB, yaitu gam‬bar perem‬puan dengan pakaian m‬inim‬. Sebal sekali. Saat itu Kanda m‬enyarankan saya m‬e-refresh halam‬an blog saya. Setelah refresh berkali-kali, gam‬bar tersebut akhirnya lenyap dan tam‬pilan blog saya baru kem‬bali norm‬al.

Malamnya,
masih hari Jumat, saya kem‬bali kutak-katik blog, ingin m‬elihat tam‬pilan header yang baru dipasang sehari sebelum‬nya. Maklum,‬ baru kesam‬paian pasang header. Saya senang sekali. Nah, karena hanya kutak-katik m‬engecek kesesuaian header (di atas), saya tidak terlalu m‬em‬perhatikan bagian tengah ke bawah. Saat lewat tengah m‬alam‬ (sudah masuk hari Sabtu) saya baru sadar, tam‬pilan banner KEB di blog saya kembali berubah jadi gam‬bar horor lagi! Kali ini lebih parah: gambar lelaki tanpa pakaian! Astagfirullah... :'((((

Berkali-kali saya refresh dan bahkan buka tab baru, gam‬bar horor m‬enjijikkan itu tetap tak m‬au lenyap. Karena sebelum‬nya banner tersebut juga berm‬asalah, saya langsung putuskan untuk m‬enghapus htm‬l nya dari blog saya. Tapi ternyata setelah dihilangkan, tampilan blog saya tidak juga normal. Kali ini pada salah satu thumbnail postingan populer yang berubah menjadi gambar perempuan berpakaian minim (lagi!) Huuaaa. Panik sendirian (suam‬i sudah tidur), saya pun curcol ke grup KEB karena saya pikir web KEB yang bermasalah (seperti di-heck, gitu). Sampai colak-colek admin pula, tapi karena sudah larut, tidak ada satupun admin yang merespon *mungkin sudah tidur. sudah malam euy*

Untunglah tak lama ada m‬ak Riana Garniati Rahayu yang kebetulan belum tidur, mau membantu saya mengecek blog saya. Katanya, tampilan blog saya di laptopnya normal-normal saja. Jadi kemungkinannya justru si Zube (laptop saya) yang kena malware. Oooh, tidaaak!

Bisa jadi karena saya heboh sendiri, Kanda terbangun dan bertanya. Saya pun langsung lapor kalau blog saya dijahati oleh gambar menjijikkan. Olehnya, blog saya dicek via laptopnya, dan positif, ulah malware.

Internet pun langsung saya putuskan. Waktu menunjukkan pukul setengah 2 dini hari, saya scan Zube dengan antivirus yang sudah terinstal. Bingung juga sih, antivirus sudah aktif, tapi masih juga kena malware. Haish, saya jadi khawatir dengan file-file penting saya. Untungnya ada Kanda yang menenangkan, setelah mencari tahu tentang malware dan download malicious software removal tool (MSRT) dari Microsoft di laptop Kanda, saya pun pergi tidur.

Paginya, laptop saya masih dalam proses scan. Setelah selesai, ada laporan 1 malware ditemukan. Langsung dihapus. Setelah itu pindai dilanjutkan di safe mode, selesai sekitar pukul 12 siang. Tak buang waktu, saya segera minta file MSRT dari Kanda. Kanda pilihkan mode full scan, saya oke saja. Tak disangka untuk mode ini ternyata lamaaa sekali. Dimulai sekitar pukul 12 siang hari Sabtu, baru selesai hari Senin sekitar pukul 9 malam. Jadi, kira-kira 57 jam. Weleh-weleh-weleh..

Dari penantian 57 jam, hasilnya bikin greget. Senang sih, karena tidak ada satupun malware yang terdeteksi. Artinya Zube sudah normal. Tapi lucu juga rasanya, nunggu lama-lama seperti itu. Hehe. Mudah-mudah memang demikian, aamiin.

Belum puas dengan hasil tersebut, saya minta Kanda menghapuskan ekstensi yang mencurigakan pada browser saya, baik mozila maupun chrome. Setelah itu Kanda mengecekkan apakah gambar-gambar tak layak dilihat masih muncul di browser saya. Alhamdulillah, normal. Tapi saya jadi khawatir blog saya menyebarkan malware (karena si Zube sempat terinfeksi saat terakhir posting) maka saya cari tahu cara scan blog. Ternyata ada lho caranya! Saya scan blog saya dengan bantuan perangkat gratis dari Sucuri, Comodo Web Inspector, dan Virus Total. Alhamdulillah lagi, hasilnya nihil malware. Alhamdulillah. Legaaa sekali.

Hasil scan blog via Comodo Web Inspector
(http://siteinspector.comodo.com/check)

Hasil scan blog via Sucuri
(http://sucuri.net/)

Hasil scan blog via Virus Total
(http://www.virustotal.com/)

Terdengar berlebihan? Mungkin, tapi ada sebabnya..

Terus terang saya agak paranoid dengan malware dkk. Soalnya pernah punya pengalaman buruk tentang virus-virusan. Pernah suatu ketika (waktu masih kuliah dulu) komputer di rumah tiba-tiba mengeluarkan lagu friday the thirteen setiap hari pukul 11 malam, gara-gara virus yang tak sengaja tertular lewat disket (eksternal memory zaman itu) milik seorang teman yang numpang ngetik. Waktu itu saya dan Kakak sampai trauma main komputer lewat jam 11, padahal tugas kuliah perlu diketik. Buat yang seumuran saya pasti tahu lagu ini, dan pasti tahu aura lagunya. Apalagi kalau terdengar di tengah malam tanpa kita setel (dan kita tahu kita tak pernah punya lagu tersebut di perangkat kita). Rasanya seperti dihantui.. Itu belum ditambah kerusakan data di komputer, ya. Akhirnya, tiada pilihan selain instal ulang..

Pernah juga sekitar dua tahun lalu, laptop Kanda yang jadi korban virus, lagi-lagi tertular dari flash disk. Singkat kata, laptop barunya tersebut harus diinstal ulang dan data-data harus diselamatkan, padahal kami belum punya uang untuk beli eksternal memory berkapasitas luas. Repot sekali.

Sejak itu kalau ada teman yang ingin mencolokkan flash disk nya di Zube, atau kalau saya baru dari tempat ngeprint, flash disk selalu saya usahakan dipindai sebelum dibuka. Kalau perlu format ulang (untuk flash disk saya). Bukan tidak percaya pada anti virus, tapi mengingat "tiada anti virus yang sempurna", kita lah yang perlu hati-hati.

Sebenarnya si Zube sudah pernah terserang malware tapi tidak parah. Setelah saya hapus file-file yang baru saya unduh secara permanen dan pindai menyeluruh dengan anti virus, Zube sudah kembali seperti sedia kala. Tidak seperti kali ini, tidak ketahuan kapan terserangnya sehingga sulit untuk menentukan file mana yang harus dihapus. Apalagi tampilannya horor dan munculnya di blog pribadi saya. Saya merasa dilecehkan! Syukurlah sekarang sudah bersih.

Saya sadar, kalau perangkat elektronik sudah berhubungan dengan dunia luar (pernah disambung ke internet maupun eksternal memory), perangkat itu jadi punya kemungkinan terserang berbagai jenis malware. Oleh karena itulah kita harus lebih hati-hati.

Sekian cerita saya tentang malware. Mudah-mudahan tidak perlu berurusan lagi dengan malware dan kawan-kawan. Tapi, mungkinkah? (-_-)  Saya tidak tahu.

Referensi yang saya baca:
http://ujangyoyo.blogspot.com/2013/05/scan-blog-anda-dari-malware-script-xx.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 comments:

  1. dulu waktu kecil friday the 13 tuh serial yg ditunggu2 mak, nontonnya bareng2 biar ga takut. kalo yg ga paham komputer mungkin dikiranya lagu yg tiba2 ada di kompi mak lagu hantu kali ya hihi alhamdulillah skrg udah ga ada kan malwarenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mak. Takut tapi penasaran juga.. :D hihihi

      Insya Allah udah beres mak. Setelah posting ini, kemarin saya genapkan dengan un-install browser yg kena malware, plus update antivirus terbaru. :D Legaa

      Delete
  2. wah mbak, harus di bookmark ini, takut sama malware2an gitu...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!