3.26.2014

Diskusi Kemajuan Studi

Hari ini saya dan beberapa teman lain diundang ke acara diskusi kemajuan studi mahasiswa pasca ARL angkatan 2011 yang belum lulus. Haduh, mendengarnya saja bikin jantung dag-dig-dug, apalagi hadir. Tapi demi kebaikan saya sendiri, harus diberani-beranikan untuk ketemu dosen yang hadir. Berdoa di depan pintu sebelum masuk ruangan kelas yang dijadikan lokasi pertemuan.

Bismillah..

Ternyata dosen yang hadir tadi adalah ketua prodi ARL Pasca, Pak Nizar. *tutup muka*  Sebenarnya angkatan saya yang masih dalam masa perjuangan ada 9 orang, tapi yang hadir tadi hanya 6 orang. Dan diantara semua yang hadir sepertinya saya lah yang kemajuan studinya paling lambat. :'(

Terus terang tiap kali melihat draft tesis, hati saya langsung down, langsung minder, hilang percaya diri. Kalau kata orang Pontianak, langsong cun. Kalau ditanya apa sebabnya, entahlah, mungkin karena merasa belum kompeten di lanskap, newbie landscaper padahal sudah S2.

Saya sangat bangga bisa masuk S2 lanskap karena ilmu lanskap bersifat holistik dan aplikatif. Selain itu saya berharap dapat mengaplikasikannya untuk lingkungan dan kepentingan manusia dalam lanskap tersebut (baik ekonomi maupun sosial budaya) kalau sudah lulus nanti. Aamiin.. Makanya saya memilih lanskap budaya sebagai topik tugas akhir saya.

Masalahnya, mengubah mindset dari bidang ilmu biologi ke bidang aplikasi lanskap tidak semudah yang saya bayangkan. Nyambung sih, tapi sudut pandang saya kurang tajam. Apalagi lanskap budaya masuk ke ranah sosial, sedang selama S1 dulu lebih konsen di ekologi. Ini benar-benar kesulitan tantangan yang berarti sekali buat saya pribadi.

Tak pantas untuk mengeluh, karena lanskap adalah pilihan saya. Kebanyakan alasan. Saya yang salah, gagal menempatkan prioritas dan kalah dengan rasa malas dan takut dan rindu... :'/

Teman, mohon doakan yaa...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!