1.01.2016

Resolusi Blog 2016

Awal tahun 2016 ini, saya mau menetapkan resolusi blog yang ingin dicapai tahun ini. Kalau tidak ditulis, nanti lupa. *ditulis saja bisa lupa, hhihi~



Pertama-tama harus evaluasi resolusi blog tahun lalu dulu, dong... Di awal tahun 2015, saya menetapkan 7 resolusi blog yang saya tulis di sini. Masalahnya, berapa banyak dari resolusi tersebut yang tercapai?

Tentang tema blog

Di pertengahan tahun, saya sudah menetapkan hati menjadi personal blogger yang lebih fokus berbagi pengalaman pribadi. Tentang pengalaman apa, masih acak sih, masih sesuka saya. Tapi karena ditulis tulus dari hati, rasanya menyenangkan. Mudah-mudahan juga dengan memilih tema personal blog, pengetahuan yang saya punya jadi lebih bermanfaat.

Tentang jadwal ngeblog

Ini nih yang agak susah. Sempat sih punya jadwal ngeblog yang rapi, tapi setelah satu dan lain hal, jadi berantakan dan kacau. Belakangan saya menggiatkan diri menulis di malam hari, dan berhasil. Resikonya, tidur jadi kemalaman, huhu. Hal lain adalah jadwal blogwalking masih belum rutin. Saya belum punya jadwal tetap untuk ini, hanya sesuka dan sesempatnya saja . Yang sering membantu kemudahan dan kecepatan menemukan blog yang akan dikunjungi adalah tampilan update-an teman-teman di sosmed dan grup blogger yang saya ikuti, juga dari tampilan postingan terbaru yang muncul di dashboard blogger (kalau sedang online dengan laptop). Yang masih menjadi hutang adalah mengunjungi blog teman yang meninggalkan komentar. Sering saya tidak langsung dikunjungi setelah moderasi karena waktu kurang memadai. Ujungnya lupa. Sungguh ter-la-lu. Duh, maaf ya teman-teman. Ini akan lebih saya perhatikan di masa yang akan datang.

Tentang menulis dari hati

Sebenarnya apapun tema blog yang dipilih, harus ditulis dari hati. Tapi untuk saya sendiri, ini sangat penting untuk terapi jiwa, jadi, yup, ini sudah cukup baik di tahun lalu dan akan saya lanjutkan.

Tentang aktivitas di komunitas blogger

Poin yang ini masih perlu dioptimalkan karena kadang saya merasa tidak enak membagikan sesuatu di komunitas blogger. Ada hal-hal yang bikin saya lebih memilih diam, terutama kalau sedang ribut-ribut topik panas. Saya capek baca perang opini, soalnya kadang saya jadi kepikiran. Pengen menanggapi sesuatu dari berbagai sudut pandang supaya tidak picik dan dapat pemahaman mendalam, tapi tetap saja bikin pusing. Ujungnya saya diam beberapa saat dan baru bikin tulisan setelah perasaan agak reda. Makanya malas dibagikan di komunitas. Mungkin itu yang dimaksud belajar filosofi bisa bikin gila, ya.. haha. Tapi dari komunitas juga memudahkan saya blogwalking dan mencari inspirasi tulisan baru.

Tentang memilih gambar

Alhamdulillah di tahun 2015 saya mulai bisa belajar tentang hak intelektual dengan tidak menggunakan gambar karya orang lain secara sembarangan. Supaya lebih aman, belakangan saya memilih menggunakan foto atau gambar karya sendiri sebagai bentuk kebanggan pribadi agar mencapai kepuasan hati. Hitung-hitung sekalian latihan fotografi..

Tentang perpanjangan domain

Alhamdulillah domain sudah diperpanjang dengan sukses. Mengeluarkan anggaran untuk domain mengingatkan saya untuk lebih serius mengisinya dengan hal-hal bermanfaat.

Tentang giveaway

Selama setahun kemarin saya hanya ikut 1 giveaway yang kebetulan ada bahan tulisannya. Sesuai prediksi sih, tidak akan menang karena selera saya sering beda dengan selera kebanyakan orang. Makanya tidak terlalu saya pikirkan waktu tidak menang. Yang penting hati senang, hehe. Kalau tentang niatan jadi penyelenggara giveaway, sepertinya saya tidak akan menjadikannya target. Jadi peserta giveaway saja malas, apalagi jadi penyelenggaranya.. *tiba-tiba sadar, hhihi*

Begitulah evaluasi resolusi tahun 2015. Bisa dibilang, 4 dari 7 sesuai keinginan, 2 dari 7 akan diperpanjang masa percobaannya di tahun 2016, dan 1 gagal. Hehe. Untuk tahun 2016 ini, berikut resolusi ngeblog saya yang saya tulis secara singkat:

- Memperpanjang domain blog

Sudah jelas.

- Tetap konsisten di tema personal blog, tapi dengan konten yang lebih bermanfaat

Sudah jelas.

- Tetap hati-hati memilih infografis yang digunakan dalam postingan

Sudah jelas.

- Mengganti template blog

Pengennya sih, ganti wajah supaya lebih seru. Tapi ingat dulu pernah mabok html jadi agak trauma sih, masih mikir-mikir. Yang pasti harus memperbaharui page supaya lebih update.

- Menghasilkan uang dari blog dengan cara yang halal dan baik

Sepertinya dapat sesuatu dari ngeblog itu menyenangkan, ya.. Jadi pengen. Semoga tercapai, aamiin!

- Belajar seo 

Lakukan pelan-pelan saja, niatkan agar tulisan lebih banyak yang baca sehingga lebih bermanfaat.

- Promosi blog secara offline

Ada beberapa ide yang terlintas. Semoga nanti bisa dieksekusi dengan baik.


Begitulah. Semoga target-target sederhana di dunia blog ini bisa terpenuhi. aamiin. Teman-teman sendiri, punya target blogging seperti apa? Semoga resolusinya tercapai yaa..  Dadaah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!