12.15.2015

Permen di Pesawat

Pada maskapai penerbangan tertentu, penumpang akan diberikan permen secara cuma-cuma. Sebenarnya ini bukan sekadar untuk menyenangkan hati yang menerimanya, lho, melainkan ada sesuatu yang lebih penting dari itu.


Saat pesawat lepas landas dan terbang naik, tekanan udara di sekitar kita akan ikut berubah naik. Karena perubahan tekanan udara di sekitar meningkat sedangkan tekanan di dalam gendang telinga belum menyesuaikan, kita akan merasa pendengaran yang tiba-tiba menurun, terasa agak bengal dan seperti ditekan. Tidak enak. Ya kan, ya kan?!

Nah, sebenarnya itulah alasan maskapai penerbangan yang baik membagikan permen sesaat sebelum pesawat lepas landas. Mengemut permen dapat membantu kita menyeimbangkan tekanan di telinga.

Sebenarnya tidak hanya permen sih, karena intinya ada pada gerakan "menelan sesuatu". Sederhananya, pendengaran akan membaik cukup dengan menelan air liur tanpa mengemut atau memakan apapun. Hanya saja, dengan permen, air liur dapat diproduksi lebih banyak sehingga gerakan menelan menjadi lebih alami. Makan gula-gula juga lebih menyenangkan daripada hanya menelan biasa, karena ada rasanya. Apalagi permen kan kecil, jadi tidak repot dibandingkan roti atau makanan kecil lainnya. Itulah kenapa beberapa maskapai penerbangan membagikan permen kepada penumpangnya.

Oh ya, tips ringan:
- Saat ditawarkan permen, ambil secukupnya. Bagi jumlah permen yang diambil menjadi 2 bagian untuk dimakan saat lepas landas dan cadangan saat mendarat nanti.

- Tidak perlu buru-buru memakan permen setelah mendapatkannya. Ada baiknya permen baru dimakan setelah pesawat bergerak untuk lepas landas dan sebelum mendarat. Ini untuk mencegah konsumsi gula terlalu banyak.

- Sebaiknya mempersiapkan permen sendiri sebagai antisipasi kalau-kalau maskapai yang kita pilih tidak menyediakan permen. Letakkan permen di saku tas paling luar atau di saku pakaian agar mudah diambil.

- Terakhir tapi bukan berarti tidak penting, buanglah bungkus permen pada tempatnya. Kebiasaan baik akan membuahkan hasil yang baik, insyaallah.

Begitulah. Sekian dulu yaa. Semoga tulisan pendek ini bermanfaat. Salaam!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment:

  1. Sama kayak bayi, ibunya diminta utk meminumkan susu sewaktu take off. Aku ambil sih tp sering nggak aku makan, buat jaga2 aja.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!