4.21.2015

DIY Scrub Masker Pelembab Alami

Hari ini kulit wajah saya terasa keriiing sekali. Bahkan kulit di pinggir hidung terkelupas sampai perih. Ah! mungkin karena lupa memakai krim pelembab sejak persiapan dan pasca pindah kontrakan. Tepatnya, lupa dimana menyimpan krim tersebut. -_-

scrub masker pelembab dari bahan alami



Hal lain yang menambah parah, tentu saja pilek. Sudah dari kamis pekan lalu saya pilek, hidung meleleh. Lendir hidung aka ingus sudah seperti BBM negeri ini, naik turun tak menentu. Cukup menyiksa. Mampet jadi susah bernafas. Nah, keperluan mendesak membuang lendir lah yang membuat kulit hidung yang kering jadi iritasi. Periih..

Saya jadi ingat pernah ingin mencoba membuat sendiri scrub pelembab alami yang pernah saya lihat caranya di salah satu channel favorit di youtube, MichellePhan. Di video tersebut, Michelle menggunakan minyak zaitun, madu organik, dan gula organik. Tapi hasilnya terlalu banyak, menurut saya. Apalagi campurannya tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas karena bisa beku. Di Indonesia ini kan susah kalau barang-barang seperti itu tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Kondisinya lembab, bisa cepat rusak atau dirundung semut-semut cantik. Beda dengan tempat tinggalnya Michelle yang subtropis. Lagipula video dia membuat scrub pelembab itu saat musim dingin, jadi pasti lebih awet.

Karena itulah saya putuskan membuat scrub pelembab alami untuk sekali pakai sesuai persediaan yang ada. Yey!

Bahan-bahan yang saya gunakan kurang lebih dengan yang digunakan MichellePhan di videonya: minyak, madu, dan gula. Minyak yang disarankan adalah minyak nabati sesuai kekayaan alam lokal. Di Indonesia bisa menggunakan minyak kelapa. Virgin coconut oil (VCO) lebih baik lagi. Untuk madu dan gula, tidak harus yang organik seperti yang digunakan Michelle, tapi organik pastinya lebih baik. Saya sendiri menggunakan madu rambutan dan gula tebu yang ada di dapur. Untuk gula, pilih yang bertekstur halus ya. Kebetulan gula yang saya gunakan tadi agak kasar, kulit wajah saya yang sensitif jadi merah-merah. Malam sudah mereda sih, tapi nanti kalau mau coba lagi, saya akan gunakan gula bertekstur lebih halus supaya lebih aman. :)

scrub masker pelembab dari bahan alami
3 bahan yang digunakan.
note: yang di dalam mangkuk adalah minyak dan madu (terlanjur dituang baru ingat foto, hehe)

Takaran untuk satu kali pakai kira-kira seperti ini:
Minyak     1 sdm
Madu        1 sdm
Gula          1/2 sdm
**kurang dari takaran di atas juga bisa. Yang saya bikin tadi ternyata agak kelebihan sedikit. Sayang kan kalau mubazir..

Ketiganya dicampur di wadah, lalu diaplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan dengan susu pembersih. Urut sebentar secara perlahan agar kulit mati terangkat, lalu biarkan sebentar selama 5-10 menit. Saya sendiri tidak sampai 10 menit karena rasanya gatal waktu gulanya turun pelan-pelan karena gravitasi bumi. Jadi dibilas deh!

Minyak yang digunakan menyebabkan lengket yang kurang nyaman, jadi saya ulangi membersihkan wajah dengan susu pembersih, baru dibilas lagi. Hasilnya, terasa lebih bersih, dan tentu saja lembab! Tak lupa saya gunakan penyegar wajah untuk mengangkat sisa-sisa susu pembersih, lalu krim pelembab yang akhirnya ditemukan.

Waktu menggunakan krim pelembab dengan tangan yang bersih, kulit wajah jadi terasa lebih halus dan lembab. Mungkin karena scrub gula mengangkat sel kulit mati sedangkan madu dan minyak memberikan kelembaban. Aah, lega rasanya. Buat teman-teman yang sedang berkulit kering, silakan mencoba ya. Salaam!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!