1.14.2015

7 Hal Yang Saya Suka dari KEB

Saya bergabung di KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger) sekitar 9 bulan yang lalu, tepatnya tanggal 7 April 2014. Terhitung baru memang. Kalau tidak salah waktu itu sedang ramai cerita tentang Blogger Srikandi. Saya yang baru bergabung hanya bisa terbengong-bengong, tak menyangka dunia blogger wanita begitu berwarna. Ada award-nya segala.
HUT 3 Tahun KEB Sauyunan
(sumber gambar: ida-nurlaila.blogspot.com)
Buat saya pribadi, KEB adalah salah satu grup favorit yang tak absen saya cek jika sedang online di facebook. Grup ini memang berbeda dengan grup lain yang sama-sama beranggotakan emak-emak. Ada beberapa hal yang saya suka dari grup ini, diantaranya:

1. Alay tidak terdeteksi
Buat saya, salah satu syarat grup yang baik adalah grup yang bebas dari para alay. Grup dengan banyak postingan atau komentar bertuliskan atau bernada alay itu, buat saya, sangaaat mengganggu. Memang kelakuan para alay saat ini memprihatinkan sekaligus mengesalkan. Walaupun ada emak blogger yang mencap diri sebagai mama alay, untungnya itu hanya kedok alias bukan alay sebenarnya. Saya bahkan yakin, tidak ada alay yang punya blog karena tingkat kesulitan bahasa mereka yang tinggi (tidak dapat dimengerti selain oleh alay sendiri) yang membuat mereka kesulitan sendiri menulis panjang. Makanya mereka selalu menulis "muv kpajgan" (terjemahan: maaf kepanjangan) untuk postingan atau komentar yang hanya satu paragraf saja panjangnya. Nah, karena itulah saya kurang setuju kalau ada emak blogger yang disamakan dengan alay. Saya lebih setuju kalau emak blogger genre gaul disebut sebagai emak blogger gaul. :)

2. Selalu ramai
Di grup KEB, berbagi terjadi setiap waktu. Para anggota silih ganti memberikan tautan tulisan dengan genre masing-masing, yang beragam dan penuh warna. Jika bosan, blogwalking saja di link yang bertebaran. Ada banyak pengetahuan atau inspirasi yang bisa kita dapat. Jika sudah dapat ide tulisan, kita tak perlu canggung membagikan di grup.

3. Etika blogging yang tinggi
Saat awal bergabung di KEB, anggota akan diberikan peraturan grup seperti berkenalan saat bergabung (anggota baru), tidak plagiat tulisan atau foto (menulis sumber jika punya orang), menjaga sopan santun dalam berinteraksi, dan sebagainya.

3. Tidak pelit info kontes blog dan giveaway
Info seputar kontes dan giveaway terangkum rapi dalam file khusus yang ter-update. Jadi buat para pemburu hadiah, bergabung di KEB benar-benar menyenangkan. Secara tak langsung, KEB telah membangun atmosfer kompetisi yang sehat dan memberi kesempatan bagi anggotanya untuk berkembang. Soalnya ada kan ya, grup yang adminnya tidak mau anggotanya tahu kalau ada lomba dan baru posting tentang lomba yang diikutinya setelah masa lomba berakhir, dan bahkan untuk berbagi tulisan pun dimoderasi dulu oleh sang admin.. -_- duh..

4. Tidak ada iklan spam
Peraturan yang jelas dan tegas membuat para anggota segan untuk menyebar postingan komersil yang tidak jelas dan tak berhubungan dengan dunia blogging. Memang ada postingan tentang review produk, tapi tentu saja beda dengan iklan spamming di kebanyakan grup. Lebih berkelas.

5. Kekeluargaan dan kompak
Walaupun tak saling kenal di dunia nyata, interaksi antara emak blogger yang hangat dan hubungan yang kompak membuat betah bolak-balik ke grup. Walaupun kadang saya merasa ada beberapa orang emak yang lebih diistimewakan dibanding yang lain, tapi saya pikir masih dalam kewajaran mengingat emak-emak spesial tersebut memang inspiratif.

6. Banyak event yang seru
Selain update tentang lomba dan giveaway, KEB juga sering mengadakan event yang seru untuk diikuti secara online maupun offline. Postingan serempak seperti ini salah satunya. ^^

7. Banyak blog inspiratif
Dengan latar belakang yang berbeda-beda (wanita karir, ibu rumah tangga, pelajar putri, petualang, dsb), kita tinggal pilih blog inspiratif mana yang ingin kita ikuti. Saya sendiri cukup banyak mengikuti blog anggota KEB. Selain mempercepat blogwalking (karena pembaruan akan selalu muncul di daftar bacaan), mengikuti blog teman-teman yang rajin update dan inspiratif juga membakar semangat untuk ikut berbagi cerita sehari-hari.

Begitulah kesan saya selama 9 bulan bergabung dengan KEB. Tanggal 18 Januari ini, KEB akan memasuki usia 3 tahun. Semoga nama KEB semakin jaya dan semakin dikenal masyarakat. Demikian juga para anggotanya, tetaplah berkarya! Selamat ulang tahun, KEB!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

28 comments:

  1. Waduh, saya kok nggak nyatet tanggal gabung dg KEB ya? Memang enaknya di KEB itu semua info di share jd bisa sama2 berkembang :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya awalnya juga nggak ingat, Mbak. Tapi lihat di inbox dengan Mak Sary terlihat tanggalnya, jadi ingat deh.. Iya, KEB nggak pelit ilmu. Malah ada arisannya pula... Emak-emak banget dah pokoknya... :D

      Delete
  2. setuju mak dengan 7 hal di atas. happy birthday KEB :)

    ReplyDelete
  3. waah saya juga setuju dg 7 hal di atas.
    Hepi besdey buat KEB ^_^

    ReplyDelete
  4. betul banget,semua info ada..
    salam kenal mak^^

    ReplyDelete
  5. Keistimewaannya yang luar biasa bukan join KEB, setuju 1000% :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. KEB memang grup istimewa dan semoga semakin baik ke depannya, ya mak :)

      Delete
  6. sepakat mak... Selamat Ulang Tahun KEB yang ke-3
    Salam kenal ya mak ^^,

    ReplyDelete
  7. Hai Mak. Mesem2 saya baca poin 1. Tapi emang bener adanya. KEB zona bebas alay :D ha..ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha.. Iya kan mak.. Nggak terbayang kan kalau ada blogger yang posting dengan tulisan 4L4y? Ampun deh, pasti nggak ada yang bakal balik ke blog tersebut.

      Jadi logikanya emang nggak ada emak-emak alay di KEB. :D Alhamdulillah

      Delete
  8. Halo salam kenal ya mak, memang asyik ya punya rumah bernama KEB.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mak Uniek.. Alhamdulillah ya kita bisa kumpul di KEB ^^

      Delete
  9. yup setuju...moga tetap memberi kebaikan dan manfaat. salam kenal dari saya di Jogja mak...peluuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga dari saya, orang Pontianak yang lagi di Bogor... Peluuk ^^

      Delete
  10. Setuju dengan yang point 5,mak... Ada seorang teman yang curhat hal sama ke saya. Tapi saya sarankan untuk beberapa kali hadir saat kopdar, alhamdulillah ...dia tak merasa di kucillkan lagi.

    ReplyDelete
  11. Sek asek... Josh... mudah2an kumpulan emak-emak bloger bisa semakin menginspirasi Indonesia untuk menulis, karena sejarah dimulai sejak manusia mengenal tulisan...

    ReplyDelete
  12. Haey mak Del… waaah, sama sekali kami enggak ada maksud untuk mengistimewakan member satu dengan yang lain. Kami berusaha semaksimal mungkin agar terjadi interaksi yang sama. Kalu ada missed, maaf-maaf ya, hehehe. makmin juga manusia biasa. Anyway, terima aksih sudha menjadi bagian dari KEB. Semoga makin betah dan terus berbagi inspirasi. Big hug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, saya nggak nyangka bakal dikomentarin Makpon KEB... :D

      Nggak papa mak Mira. Saya paham kok. Seperti di sebuah kelas yang banyak muridnya, guru pasti hanya perhatian kepada murid yang mencolok prestasinya. Apalagi di KEB jumlah anggotanya banyak dan kebetulan saya belum berprestasi apa-apa, jadi saya ngerti. Saya sedang membangun personal brand dan mudah-mudahan semakin pede supaya ikut mencolok juga di dunia perblogan. Doain ya Makpon cantik.

      Terima kasih juga sudah menjadikan saya bagian dari KEB. Big hug

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!