5.22.2013

Paket Panduan Kehamilan :) [Buku]

Selama masa kehamilan ini, saya seringkali mengalami kebingungan dalam menghadapi keluhan kehamilan. Kebingungan yang terjawab; terutama lewat tanya-tanya kepada orang tua atau orang yang lebih berpengalaman hamil sebelumnya; dapat mengurangi kecemasan. Namun tak jarang juga pertanyaan yang saya ajukan tidak dapat dijawab dengan memuaskan oleh orang-orang di sekitar saya, apalagi jika yang ditanyai tidak mengalami keluhan yang saya alami. Terus terang saya malah jadi agak takut, apakah kehamilan saya normal atau tidak, tubuh saya normal atau tidak, keluhan yang saya alami normal atau tidak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ilmu seputar kehamilan sangat perlu dimiliki oleh ibu hamil.

Salah satu solusi yang sangat membantu saya selama kehamilan ini adalah dengan membaca berbagai sumber kesehatan. Bisa browsing internet atau baca berbagai buku pintar seputar kehamilan. Nah, masalahnya, saking banyaknya info di internet biasanya yang didapatkan kurang jelas sumbernya, jadi kurang bisa dipertanggungjawabkan. Ujung-ujungnya justru membuat rasa bimbang. Misalnya saja nih ya, isu tentang vaksinasi dan imunisasi. Sebagai orang awam yang tidak mendalami hal tersebut, isu imunisasi sangat meresahkan. Tentang kehalalannya, keamanan, efek, dan lain sebagainya. Beruntung jika kita memiliki teman yang mau berbagi informasi tentang ini, tapi sayangnya masih banyak yang hanya menjadi silent reader. Jadi pengetahuan hanya untuk diri sendiri tanpa ingin tidak berbagi ilmu dengan orang lain. Sayang...

Ini loh penampakan buku-bukunya.
Satu paket = 3 buku plus kotak cantik ^^
Nah, karena itu beberapa bulan lalu saya dan Kanda memutuskan untuk hunting buku bagus mengenai kehamilan. Untungnyaaa, saat jalan ke toko buku favorit kami, kami menemukan paket buku panduan lengkap mengenai kehamilan, persalinan, merawat bayi dan mengasuh batita yang ditulis oleh dr.Suririnah. Jadi satu paket ada tiga buku, yaitu buku pintar kehamilan dan persalinan, buku pintar merawat bayi 0-12 bulan, dan buku pintar mengasuh batita. Dikemas dalam satu kotak.

Isinya cukup lengkap setelah membandingkan buku tersebut dengan buku-buku sejenis. Kelebihannya, karena bentuk paket sesuai topik, jadi pembelajaran kita lebih fokus. Gaya bahasanya populer dan mudah dicerna namun cukup terpercaya dan dibahas secara medis, mengingat yang menulis adalah seorang dokter dengan 3 anak. Tampilannya juga manis loh, saya senang melihat warna sampulnya yang lembut dan kertasnya yang tebal. Jadi menurut saya buku tersebut memuaskan, harganya juga masuk akal.

Jadi, buat ibu hamil dan calon ibu yang ingin menambah pengetahuan tentang kehamilan, saya rekomendasikan buku ini... Suami juga sebaiknya baca, supaya bisa bekerja sama demi kesehatan bunda dan si kecil. Teman-teman yang baru program hamil atau pengantin baru juga nggak salah kok baca buku ini. Jadi persiapan untuk menyambut di kecil bisa lebih matang. Untuk single juga baik, itung-itung nanti jadi calon orang tua, baik sebagai ayah maupun ibu. Insya Allah ilmunya pasti kepake kok...

Gitu deeh...
Buat yang sudah punya, selamat membaca! ;)