Rabu, 26 Desember 2012

Tips Membuat Telur Setengah Matang

Teman-teman ada yang suka telur ayam kampung rebus setengah matang??
Pagi ini, menu sarapan kami adalah telur ayam kampung setengah matang. Yummy!

Yup! Telur setengah matang adalah salah satu makanan yang saya suka. Selain sehat dan suka rasanya, cara makan telur ini mengingatkan akan masa kecil.

Dulu Mama dan Bapak rutin setidaknya dua kali dalam sebulan memberi saya dan Kakak telur ayam kampung setengah matang untuk sarapan. Tidak terlalu sering, soalnya harga telur ayam kampung lumayan mahal (sampai sekarang! Hehe).

Nah, beberapa bulan belakangan setelah pindah kontrakan ke kontrakan sekarang (yang ada dapurnya), saya dan Kanda lebih sering makan di rumah. Meskipun hanya berlauk telur. Lumayan jauh lebih hemat daripada beli di luar sehingga uang lebihnya bisa digunakan untuk hal lain, seperti membeli telur ayam kampung! ;D

Awalnya ketika saya mencoba membuat telur setengah matang sendiri, selalu saja gagal. Kadang terlalu mentah, kadang terlalu matang. Tidak pernah pas. Mungkin karena sudah lama tidak membuat telur setengah matang sendiri. Jadi ilmunya luntur. #ngeles

Sebenarnya jika teman-teman googling mengenai cara membuat telur setengah matang maka akan banyak sekali saran yang akan muncul. Ada yang menggunakan cuka, tusuk gigi, heater listrik, air dingin, dan sebagainya. Waktu perebusan juga beragam, ada yang satu setengah menit, ada yang tiga menit. Ada yang membuat dengan merebus telur dalam air mendidih, ada juga yang dengan merendam telur ke dalam air yang baru saja mendidih ke dalam wadah (tidak direbus). Jadi, mana yang benar?

Sebenarnya tidak ada yang benar, tidak ada yang salah. Pada prinsipnya adalah bagaimana membuat putih telurnya matang (berwarna putih, bukan bening) sedangkan kuning telur tetap mentah. Mungkin ada yang bisa berhasil untuk teman-teman, jadi silakan coba sendiri.

Cumaaa, di sini saya akan berbagi tips merebus telur setengah matang dengan cara saya sendiri. Cukup mudah, tanpa menggunakan cuka, menghabiskan tusuk gigi, atau menyediakan air dingin (kami belum punya kulkas soalnya!) :D

#Ini kenapa lebih panjang prolognya ya? Hehe

Oke, langsung saja..

Bahan:
Telur ayam kampung
Air secukupnya (setidaknya menenggelamkan sepertiga bagian telur saat di panci)

Alat:
Kompor, panci, spatula/sendok pengaduk.

Cara Membuat:
- Didihkan air di dalam panci. Agar lebih cepat mendidih, gunakan api besar.
- Setelah mendidih, kecilkan api dan masukkan telur ke dalam panci.
- Setelah telur masuk, besarkan api kembali.
- Aduk air dengan gerakan memutar menggunakan spatula agar semua bagian permukaan telur terkena bagian panas dari bawah panci. Lakukan selama kurang lebih satu menit.
- Matikan api, angkat dan siap disajikan.
- Penyajian: pecahkan telur setengah matang ke dalam wadah kecil, tambahkan garam dan merica bubuk sesuai selera. :d yummy!

PENTING untuk dibaca!
* Langkah mengecilkan api hanya opsional saja, mengingat udara di sekitar panci sangat panas jika terkena tangan. Jadiiii hal ini hanya untuk menghindari gerak reflek kita melempar telur ke dalam panci dan membuatnya retak dan putih telur merembes ke air.
* Saat mengaduk, pastikan seluruh permukaan telur terkena air dan bergerak (tidak diam) agar putih telur matang secara merata.
* Tips ringan: saat mengaduk, kita tidak perlu repot melihat-lihat jam. Perkirakan saja dengan menghitung di dalam hati sampai hitungan 60. Ini trik terutama jika di dapur tidak ada jam. :D

Kira-kira hasilnya seperti ini.. :)
(dok pribadi)

Begitu lah cara saya membuat telur setengah matang.. Semoga berhasil, dan semoga bermanfaat bagi teman-teman.

Selamat mencoba!
;)

16 komentar:

  1. keren blognya gan. thx infonya yaa

    BalasHapus
  2. @Mingcehen So
    Terima kasih sudah berkunjung... ^_^

    BalasHapus
  3. Thanks ya.. aku udah nyoba dan berhasil..

    BalasHapus
  4. @Kiki Sidharta Taha:
    Waah, sy senang banget klo tips sederhana ala anak kost ini bisa bantu... ^^
    Semoga sehat selalu yaa... Terima kasih juga udah berkunjung...

    BalasHapus
  5. ini telur setengah matang sempurna kaya di ramen itu. ato asal setengah matang aja ya?

    BalasHapus
  6. @logosmiles
    telur setengah matang biasa... silakan dicoba...

    BalasHapus
  7. tips yang sangat bermanfaat, istri saya dirumah juga mempraktekkan tips ini, dan telur setengah matangnya joss tenan...

    BalasHapus
  8. wah harus saya coba nih dirumah, enak kasi merica dan garem wiiih maknyooos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mbak. In sya Allah berhasil dengan cara anak kosan ala saya itu... hihihi

      Hapus
  9. Alhamdulillah udah di coba,, hasilnya bner2 almost perfect. Makasihh yaa tips nya. Skrg 2 hari sekali mkn telor setengah matang, bikin badan gak cepet cape.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kan, mama rayyan... Tips ini asli saya tulis dan coba sendiri lo. Dan tiap diulangi hasilnya alhamdulillah selalu memuaskan. Makanya dari pengalaman pribadi jadi pengen dibagikan ke orang-orang..

      Senang sekali bisa membantu ^_^ Iya mom, in sya Allah telor setengah matang bermanfaat bagi tubuh. Yang penting pilih yang ayam kampung atau telur organik supaya bebas bahan kimia dari peternakan ayam :)

      Hapus
  10. Kayanya saya belum pernah nih makan telur ayam kampung setengah matang :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo menurut saya sih enak, mak. :) selamat mencoba

      Hapus
  11. Beberapa waktu lalu saya sempat tergila-gila memasak dan memakan telur setengah matang. Hampir tiap malam saya makan 2 atau 3 buah. Eh, tak lama kemudian saya jadi eneg sendiri..hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha, kalau sekali makan sampai 2 atau 3 buah (dan tiap hari pula), saya juga pasti eneg, mas! :D

      Hapus

Silakan meng-copy seluruh atau sebagian tulisan di blog ini, dengan tidak lupa menuliskan sumber. Karena, sungguh, tiada seorangpun yang suka tulisannya diplagiat... :'(

Terima kasih sudah berkunjung :)

Google+ Followers

My Wedding