6.11.2015

Mabok HTML

Tak lama berselang dari kegiatan ganti wajah blog awal tahun ini, saya sudah merasa ingin segera ganti template lagi. Bosan, jenuh. Bukan karena tidak suka dengan template-nya, tapi karena ada sesuatu yang mengganjal hati. Caelah.

Mabok html
Mabok html juga cing?
(credit: Momo/flickr)

Mungkin terkesan cerewet atau berlebihan, tapi jujur saja, semua itu karena faktor warna. :p

Template yang dipasang terakhir berwarna biru langit (kalau teman-teman masih ingat). Cantik sih, tapi tetap saja rasanya "kurang saya" banget. Selama hampir setengah tahun ini saya bingung antara ganti template lagi atau tidak. Sayang sih, karena navigasinya enak. Apalagi mengingat waktu dan tenaga cukup terkuras waktu mengedit kode-kode nya. Terbayang kan, kita yang tidak paham kode-kode komputer pastinya perlu waktu yang lebih lama dibanding para ahli yang memang berkutat pada kode-kode itu.

Berhubung keinginan punya template yang berwarna sesuai hati berkecamuk begitu kuat di batin (caile), maka hampir di setiap waktu senggang, saya selalu sempatkan browsing untuk mencari template yang pas di hati.

Banyak ketemu template cantik dengan warna yang sesuai di hati, tapi selalu saja ada kurangnya. Entah itu di navigasi yang berantakan, susah diedit di layout, tidak responsif, lama loading, tidak sesuai dengan demo, banyak bug, tertaut dengan situs berbahaya, dan paling parah: hasil curian! ckckck... *saya sudah bilang saya cerewet kan ya?*

Perlu dicatat, kekurangan-kekurangan itu mungkin karena gratisan ya. Yang berbayar lebih baik, walaupun tidak menutup kemungkinan kekurangan itu juga bisa ditemukan di template blog berbayar. Hasil baca-baca artikel luar sih, katanya sekarang ini template yang kurang bermutu banyak beredar dan sulit diedit (kecuali oleh ahlinya) karena si pembuat template tidak cukup mumpuni. Jadi kalau mau beli sebaiknya dengan yang bisa dipercaya dan memang ahli di bidangnya. Supaya tidak tipu-tipu. Oh ya, ada juga tuh situs terkenal yang ternyata niat banget mencuri hasil karya orang lain untuk dijual! Jadi cek dulu kalau mau beli ya..

Balik lagi ke template blog saya. Semalam saya bulatkan tekat untuk berhenti browsing karena menghabiskan waktu dan tenaga. Saya tidak akan mengganti template dalam waktu dekat. Kanda yang sedari awal sudah mewanti-wanti tentang repotnya ganti template, senyum saja melihat saya. Mungkin ia lega, karena itu berarti saya tidak akan berisik lagi tentang template. hihi.

Tapi bukan berarti saya menyerah! Sebagai jalan tengah, saya pun mencoba mengganti sendiri dengan mengedit kode warna pada html template. Sekadar info, kode warna pada template ditandai dengan tanda pagar plus 6 digit angka atau huruf (atau kombinasi keduanya), misalnya #ffffff untuk warna putih, #000000 untuk warna hitam, #b1b1b1 untuk warna abu-abu, dan seterusnya. Ada jutaan warna dari kombinasi tersebut. Sebenarnya bisa mudah kalau pakai template dari blogger, tapi bawaan template yang dipasang, jadi harus edit kode.. (-_-")

Untuk tahu kode warna ini, saya tanya mbah google dong. Alhamdulillah ketemu situs www.colorhexa.com yang sangat membantu dalam menentukan pilihan kombinasi warna yang baik beserta contoh penggunaannya, dan situs www.favicon.cc untuk membuat favicon baru agar matching dengan warna baru.

Sebelum diutak-atik, saya terlebih dahulu mengunduh kode template supaya aman. Maklum, amatir. Kalau gagal atau salah hapus bisa-bisa hancur seluruh tampilan blog. Dulu pernah soalnya, hehe. Setelah, diperiksa  kode warna yang diinginkan diganti satu-satu. Ini ternyata bukan kerjaan mudah lho! Salut deh dengan para pengkode. *standing applause*

Berhubung yang mengerjakan sangat amatir, tenaga dan waktu yang diperlukan untuk ini cukup banyak, tapi karena penasaran dan keinginan punya warna baru yang begitu besar, akhirnya dikerjakan sampai lupa tidur. Hasilnya? lumayan lah walau awalnya jadi aneh karena setengah biru setengah pink. :p  Sekarang sudah lebih banyak pink nya dari biru nya tapi ada beberapa kode tidak berhasil saya temukan. hiks. Pusing nyarinyaa.. *_*

warna baru
biru dan pink :D

Untuk sekarang saya rasa cukup deh utak-atik template nya, mabok liat kode! *_* Kapan-kapan saja kalau ngebet lagi baru edit lagi. Hehehe. Sepertinya saya akan betah dengan template-lama-berwarna-baru ini. Jadi bersemangat ngeblog nih. Alhamdulillah! ^^