6.04.2019

5 Kebiasaan Yang Mengubah Hidupku

Sadar atau tidak, semua orang pasti punya kebiasaan. Baik itu kebiasaan baik ataupun buruk. Sekecil apapun kebiasaan yang dimiliki, ternyata dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Saya sendiri menyadari, masih memiliki banyak kebiasaan yang harus diubah. Meskipun kadang merasa capek, saya senang bisa menumbuhkan kebiasaan baru yang menurut saya bermanfaat untuk masa depan.


Sejak tinggal di Putussibau pertengahan tahun 2017 lalu, saya bertekad untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik dengan mencoba banyak rutinitas baru. Alhamdulillah, beberapa masih melekat sampai sekarang sementara yang lainnya masih terus diperjuangkan. Untuk menghargai proses dan menambah keyakinan diri bahwa saya bisa, saya ingin menuliskannya di blog ini sebagai milestone.

Berikut ini 5 kebiasaan yang mengubah hidup saya sedikit demi sedikit:

1. Minum air putih sesaat setelah bangun tidur

Minum air putih saat bangun tidur membantu membangunkan sel-sel tubuh yang masih istirahat dan sangat membantu melancarkan pencernaan. Buang air lancar, insyaAllah badan lebih sehat. 

Ide naik level:
Untuk kesehatan pencernaan sekaligus detoksifikasi, beberapa artikel menyarankan untuk minum air jeruk nipis peras (gaulnya disingkat jeniper) sebelum minum apapun di pagi hari. Jeniper ini katanya juga bagus untuk program hamil (promil). Dulu waktu di Bogor saya pernah coba sekitar 2 pekan. Enak sih, efeknya lebih nendang. Cuma agak repot karena harus persiapan nyetok buah jeni nya dan harus persiapan badan. Kalau minum ini sangat tidak boleh telat sarapan dan sebaiknya tidak melewatkan makan malam di malam sebelumnya, jadi kalau masih belum disiplin menjaga jadwal makan sebaiknya fokus perbaiki jadwal makan dulu baru rutin minum jeniper.

Untuk menurunkan berat badan, saya pernah baca kalau air dengan campuran bubuk kayu manis dan sedikit madu bisa efektif jika rutin diminum di pagi hari setelah bangun tidur. Campuran kayu manis dan madu juga bisa untuk promil bagi penderita PCOS (PolyCystic Ovary Syndrome). Saya sendiri masih belum pernah coba.

Untuk promil, ada yang menyarankan minum air rebusan buah zuriat/buah doum. Kalau tidak ada buah zuriat segar, bisa pakai bubuk buah zuriat. InsyaAllah ada di toko online. Saya sudah coba pakai yang bubuk, tapi belum rutin. Saya sering kelupaan, hehe.

Untuk daya tahan tubuh, minum air putih hangat-hangat kuku yang dicampur madu insyaAllah bagus. Lebih bagus lagi kalau dicampur sedikit air perasan jeruk. Bebas jeruk apa saja. Segar. Cuma harus siap anggaran ekstra karena harga madu asli lumayan ahai..

2. Tilawah dan saritilawah setelah sholat subuh

Sebelumnya, dulu saya tuh termasuk orang yang tidak rutin membaca Al Qur'an. Kadang baca, kadang lupa. Sebih sering lupa atau malas. Padahal isinya sangat penting. Kan tidak lucu kalau baca Qur'an hanya di saat sedih dan butuh dukungan Allah. Saya sadar, harusnya lebih rajin melakukannya tapi masih bingung bagaimana caranya agar konsisten.

Untuk mempermudah, dulu saya memulai dengan target sangat rendah, yaitu tilawah dan saritilawah minimal 1 ayat dalam sehari. Prinsipnya, lebih baik 1 ayat daripada tidak sama sekali (kalau mau lebih dipersilakan tapi bukan tuntutan). Tidak apa kalau misalnya wudhu batal saat akan atau sedang tilawah. Pokoknya dibiasakan dulu.

Ide naik level:
- Meningkatkan target minimal harian secara bertahap sesuai kemampuan.
- Sambil menghafal surah pendek atau menyegarkan hafalan.

3. Mendengar suara putih (white noise

Suara putih adalah suara bising yang menenangkan. Saya senang mendengarkan suara putih saat sebelum tidur malam, pagi hari, atau saat belajar/bekerja. Khusus sebelum tidur, saya menggunakan aplikasi relaxio. Saat ini saya paling suka suara jangkrik, dulu suka suara hujan; sementara suami suka suara air yang mengalir. Untuk pagi hari setelah mandi, saya biasa menyetel morning music. Biar serasa di hotel gitu, hhihi. Untuk belajar atau bekerja, saya suka meningkatkan mood dengan mendengarkan musik instrumen. Soalnya kalau buka musik dengan lirik, bisa-bisa hilang fokus belajar, malah nyanyi 🤭 Saat ini sedang suka mendengarkan instrumen akordion. Bunyinya unik.

4. Mendengar motivasi sambil mengerjakan sesuatu

Untuk urusan online, saya senang belajar dari youtube atau podcast. Kanal youtube yang bagus menurut saya, ya tergantung mau cari tahu tentang apa. Untuk pengetahuan agama, saya suka dengar ceramah ust. Adi Hidayat (Akhyar TV) dan ust. Abdul Somad (Tafaqquh Video). Untuk self-growth dan motivasi, saya suka Lavendaire dan TEDx. Untuk produktivitas, saya suka Thomas Frank. Untuk pengelolaan finansial keluarga, saya suka FunCheapOrFree. Untuk belajar tentang perawatan kulit, saya suka BeautyWithin. Untuk bullet journal, saya suka BohoBerry dan PlanningWithKay. Untuk hand lettering, saya suka HowToHandletter dan KellyCreates. Untuk motivasi bebersih dan organisasi, saya suka BrittanyVasseur. Untuk kreatifitas, saya suka AmandaRachLee, SeaLemon, dan Makochino. Untuk hiburan, saya suka ScreenJunkies, Simplynailogical, CrazyRussianHacker, MakBeti. Kadang-kadang juga buka video musik dari Harris J, Nisa Sabyan, atau relaxing music. Haha, banyak yes.. 😃

Kalau podcast, saya hanya mengikuti sedikit: Lavendaire Lifestyle, TED Talks Daily, Holly Qur'an Daily, dan Dzikir Pagi-Petang. Enaknya pakai podcast, kita tidak terdistraksi dengan gambar pada video. Tinggal nyalakan dan dengarkan. Aplikasinya pun bisa sambil membuka aplikasi lain atau dengan layar istirahat, tidak terlalu memakan energi baterai.

Supaya lebih produktif, biasanya saya mendengarkan audio (dari youtube maupun podcast) sambil melakukan hal lain yang tidak memerlukan fokus tinggi, seperti nyapu-ngepel, masak, dan membereskan pakaian. 

Ide naik level:
- Harus mengelola waktu nonton dan bikin jadwal online. Masih sering kebablasan 🤦🏻‍♀️ Bahaya
- Supaya lebih mudah diingat, biasakan bikin catatan resumenya.
- Download video/audio baru secara berkala, bikin target yang mau dipelajari.

5. Menulis jurnal / bullet-journaling

Menulis jurnal dan bullet journaling adalah kebiasaan kecil yang menurut saya paling memberikan dampak berarti dalam hidup saya. Termasuk di dalamnya: menulis refleksi, self-affirmation, kenangan dan diary, bikin agenda, braindump, dsb. Menulis jurnal membuat saya sadar akan banyak hal. Aktivitas ini juga membantu saya mengurangi stres akibat overthinking dan terlalu fokus pada hal yang tidak perlu dan tidak penting.

Ide naik level:
- Belajar mengatur prioritas.
- Lebih sering nulis morning pages.
- Kreatif dalam menulis.


Begitulah 5 kebiasaan baru yang bisa cukup konsisten saya pertahankan kurang lebih setahun belakangan. Jadi tambah semangat untuk menambah daftarnya. 💃🏻 Semangat menjadi lebih baik!

0 comments:

Post a Comment

Pesan dimoderasi

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Follow by Email