7.28.2018

Checklist Persiapan Pernikahan

Ow ow.. Bulan Juli sudah hampir habis, saya masih belum posting apapun di sini. Harusnya banyak yg bisa dibagikan, karena banyak kejadian yang berharga untuk diambil hikmahnya. Mungkin ini bawaan saya lebih aktif nulis curcol di jurnal manual (maksudnya pakai buku gitu) jadi berasa kurang perlu berbagi di blog. Tapi sayang juga sih kalau buah pikir tidak dibagikan. Apalagi saya ngakunya blogger. Hmmm..


Oke, kali ini saya mau berbagi tentang daftar cek atau checklist tentang apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang pernikahan berdasarkan pengalaman saya dulu. Menjelang pernikahan, calon pengantin biasanya mengalami tekanan pikiran dan mudah stres. Ini wajar karena akan terjadi perubahan status dan tanggung jawab dalam waktu dekat, banyak pikiran yang muncul. Ditambah harus mempersiapkan acara besar keluarga, tentu akan menambah tekanan. Memang sih tidak ada kewajiban membesarkan acara, tapi kalau akan melaksanakan acara, ada baiknya membuat daftar apa-apa saja yang penting yang perlu dipersiapkan supaya pikiran lebjih ringan. Di sini saya membantu membuatkan daftar ini untuk memudahkan teman-teman yang mungkin memerlukannya.



Daftar ini aslinya dibuat khusus untuk keponakan perempuan saya yang insyaAllah akan menikah dalam waktu dekat (rencananya akhir tahun ini). Saking sibuknya saya nulis daftar ini di hape (pakai aplikasi evernote), Danda sampai nanya berkali-kali, "Serius benar nulisnya. Lagi ngeblog kah? Artikel buat blog ya?". Nah, kan saya jadi merasa bersalah. :p  Blog lama tidak diperbaharui, eh malah asik nulis buat konsumsi pribadi. Dahla, supaya perasaan bersalah berkurang dan supaya tulisan saya lebih bermanfaat, jadi dibagikan di sini juga.. yey

Disclaimer

Daftar ini adalah rangkuman berdasarkan pengalaman saya di masa lalu. Acara akad dan resepsi pernikahan saya dulu dibantu kepanitiaan keluarga besar (bukan event organizer profesional), jadi ini dibuat atas dasar kondisi tersebut. Untuk calon pengantin yang menggunakan jasa EO ataupun calon pengantin non-muslim, silakan poin-poin di daftar ini disesuaikan dengan kebutuhan. 😘

Berikut ini daftar persiapan acara pernikahan saya cantunkan dalam bentuk link. Awalnya saya mau tulis ulang di sini, tapi karena repot, jadi saya kasih link nya saja tidak apa-apa yaa. Cara ini juga memudahkan saya meng-update poin-poin yang teringat belakangan. Semoga tidak keberatan. 🙏

Silakan klik di sini: Checklist Persiapan Pernikahan 

Btw, di checklist tersebut saya menggunakan bullet atau tanda untuk poin tertentu, yaitu:
- Tanda □ terkait tugas penting yang perlu dilakukan. Kolom ini bisa diceklis atau dihitamkan ■ jika sudah dilakukan.
- Tanda ○ menunjukkan hubungan tugas dengan orang lain (misal PJ tugas tertentu). Sebagai pengingat, nama orang yang bersangkutan bisa dituliskan di sampingnya. Kolom ini bisa diceklis atau dihitamkan ● jika orang ybs sudah menyatakan kesediaannya berkerjasama dalam acara.
- Tanda ◇ terkait catatan, pertanyaan, dsb. Hanya sebagai referensi. Tidak perlu diceklis ataupun diperhatikan jika dianggap tidak penting.
- Tanda ☆ adalah catatan penting untuk pengantin dan keluarga. Tidak perlu diceklis.

Jadi begitulah. Semoga ini bisa membantu teman-teman pembaca yang mungkin sedang mempersiapkan acara pernikahan dalam waktu dekat. Semoga acaranya lancar, dan yang terpenting, jadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Aamiin..

Baiklah. Sampai nanti, daaah!


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!

Follow by Email