10.31.2017

Kilas Balik Bulan Oktober 2017

Saya sadar, di bulan Oktober tahun 2017 ini saya malas sekali ngeblog. Tidak sekalipun saya ngeblog di sini. Ada sih di blog saya yang lain tapi tidak di blog ini. Apa yang terjadi? Apakah saya sudah berubah? #Eaaak

Kilas Balik Bulan Oktober 2017

Seperti tahun-tahun yang sudah lewat, bulan Oktober adalah bulan yang paling spesial sepanjang tahun bagi saya. Bulan ini adalah milestone kehidupan saya dimulai, juga bulan kelahiran 2 orang kesayangan yang tanpa keduanya saya yang sekarang tidak pernah ada. Semoga keberkahan selalu untuk keduanya. Selain kedua orang tua, beberapa teman dekat juga lahir di bulan Oktober, dan beberapa acara seru berlangsung di bulan ini. Jadi normalnya, akan ada banyak cerita. Tapi kenapa tahun ini tidak?

Hmmm...

Pertama, mungkin terkait sifat perfeksionis dan kondisi lingkungan.

Sudah pernah saya ceritakan sebelumnya, saya perfeksionis agak parah. Keluar dari sifat ini adalah pertarungan batin. Insyaallah saya bisa, tapi ditambah dengan kondisi lingkungan yang saat ini kurang mendukung: sinyal wifi internet susah, listrik sering padam, berat. Beneran deh. Kalau cerita begini mungkin ada yang bilang "banyak alasan, pengeluh banget, kurang bersyukur, dsb". Whatever. Saya cuma mau cerita.

Kedua, saya punya hobi baru.

Wahaha, lagak kan yee.. Punya hobi baru lalu lupa hobi lama. xD

Ndak, saya ndak lupa dengan hobi ngeblog. Bagaimanapun ngeblog punya nilai sendiri di hati saya. Blog ini menjadi bagian hidup penting saya, yang merekam banyak sekali kenangan manis yang mengingatkan saya untuk terus kuat apapun kondisinya. Blog juga membuka pintu rejeki halal, yang walaupun belum dapat diandalkan tapi ada lah tawaran yang datang. Rejeki lain adalah pertemanan dengan beberapa blogger yang punya frekuensi sama, walau baru sebatas pertemanan online. Hanya saja untuk kondisi saat ini (seperti yang sudah disebutkan di atas), hobi baru saya terasa lebih relevan dalam menampung aspirasi dan ide saya sehari-hari dibandingkan ngeblog. Tidak perlu internet ataupun aliran listrik untuk melakukannya. Cukup dengan buku tulis dan alat tulis, sudah. Yah kadang-kadang saya pakai stabilo, penggaris, dan correction tape, tapi kalau tidak ada pun tidak masalah. Yang penting nulis. Beberapa bulan belakangan, hobi baru ini tak pernah saya lewatkan barang seharipun, dan saya merasa efeknya sangat baik untuk saya yang introvert dan sering overthinking ini. Mungkin lain kali saya cerita lebih detil, tapi tidak bisa janji karena keterbatasan sinyal, listrik, dan waktu. Kita lihat nanti..

Ketiga, perubahan rutinitas dan prioritas.

Sebenarnya ini bukan alasan. Walau begitu, perubahan rutinitas tetap mempengaruhi alokasi waktu, pikiran, dan tenaga yang dialokasikan untuk ngeblog. Untuk saat ini saya masih fokus pada perbaikan ke dalam, banyak yang harus dibenahi. Urusan blog juga akan dibenahi tapi bukan prioritas utama saat ini. Nanti setelah jadwal saya lebih oke dan bisa beralih ke prioritas selanjutnya, saya akan mengelola blog ini lebih serius. Ah, mungkin tidak seserius blogger lain. Yang pasti tidak sampai kosong terlalu lama seperti bulan ini.

Keempat, apa ya? Haha. Sepertinya cukup 3 itu saja. Saya tahu ini seperti excuses, alasan untuk pembenaran. Mungkin ada benarnya tapi tidak sepenuhnya benar. Saya membuat ini untuk refleksi bulanan dan pengingat supaya saya tidak terlalu merasa bersalah pada diri sendiri di kemudian hari.

Jadi, saya berubah? Hmm, sepertinya memang begitu. Saya yakin teman-teman juga berubah seiring waktu. Hanya saja kadang kita tak sadar kalau kita berubah, tapi itulah yang terjadi: kita berubah. Bukan masalah besar, itu alami. Yang penting kita harus sadar kalau perubahan itu mengarah kepada hidup yang lebih baik. Kita takkan memanen apa yang tidak kita tuai kan? ;)

Baiklah, cukup sekian dulu kilas balik bulan Oktober 2017 ini. Buat teman-teman yang mungkin sekarang sedang berjuang menjadi pribadi lebih baik, semangat! xoxo.


ditulis tanggal 5/11/17, diterbitkan tgl 31/10/17


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!