12.03.2016

Hikmah Peringatan Hari Penyandang Cacat Internasional

Gara-gara buka facebook di tanggal 3 Desember, saya ditakdirkan untuk tahu bahwa tanggal tersebut adalah peringatan Hari Penyandang Cacat Internasional.



Jadi ceritanya, ada sebuah video dari halaman Rumah Ramah Rubella. Video tersebut sangat menggungah hati saya. Isinya tentang kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya infeksi virus TORCH.

Yang mau lihat video yang saya maksud, silakan klik di sini, ya.

Sebenarnya sudah lama saya tahu tentang virus TORCH, tapi hanya sekadar tahu. Dulu pernah sih kepikiran untuk tes screening TORCH, tapi karena biayanya pakai satuan jutaan (berkisar antara 1,7 juta - 2,4 juta), saya urung. Sekarang saya sedang promil lagi. Sedikit banyak video tersebut membuat saya berpikir untuk mengajukan proposal tes screening TORCH kepada suami. Maklum, biaya yang besar tersebut tidak ditanggung oleh BPJS, maka harus dikomunikasikan lagi.

Video tersebut juga mengingatkan saya untuk mendukung anak berkebutuhan khusus dan keluarganya. Jika tidak dapat berikan semangat positif kepada keluarga, jangan mengolok-olok keterbatasan mereka. Juga jangan kebiasaan menggunakan kata "cacat" hanya sebagai bahan becandaan dalam suasana apapun, karena itu tidak sopan.

Disabilitas memang tidak melulu disebabkan oleh infeksi virus TORCH melainkan bisa juga disebabkan oleh infeksi dan radang selain-torch, kelainan genetik, kecelakaan, kurang gizi, gula darah, kelainan genetika, usia renta, dan lain-lain. Maka dari itu, kita sepatutnya sadar bahwa kita pun mungkin saja mengalami disabilitas, jika Tuhan berkehendak. Dengan pemikiran ini, semoga kita tidak mudah menyakiti saudara kita yang tengah berjuang dan justru mendukungnya.

Dan terakhir yang tak kalah penting, bagi keluarga yang dititipi anak berkebutuhan khusus oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, tetaplah berjuang dan jangan berputus asa. Tuhan menyayangi kalian dengan cara yang berbeda. Ah, saya tidak mampu berkata apa-apa lagi. Peluk hangat dari saya, Bunda (alm) Weissar yang saat ini sedang promil.

**Catatan:
Info lebih lanjut tentang TORCH, silakan baca di sini.
Info tentang kecacatan pada janin, silakan baca di sini.

Maaf tulisan tanggal 3 Desember 2016 ini baru dipublish tanggal 5 Desember 2016 karena hari Sabtu dan Minggu saya libur ngeblog ;)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!